Merasakan gejala asam urat yang menyiksa? Moms bisa mengatasinya dengan menggunakan ramuan obat tradisional yang terbukti ampuh. 

Salah satu gejala asam urat adalah munculnya rasa nyeri dibagian persendian. Bila sudah parah maka rasa sakitnya akan terasa menyiksa dan tentu akan mengganggu aktivitas si penderita. Gejala bisa terjadi tanpa mengenal waktu dan usia. Biasanya orang yang terkena asam urat adalah pria dengan kondisi badan gemuk atau obesitas, tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa terserang gangguan radang sendi ini terutama di usia 30 tahun keatas. 

Bila gejala sudah parah maka penderitanya tidak bisa menggerakkan persendiannya loh Moms! Namun, Moms tidak perlu khawatir karena gejala ini bisa diatasi dengan menggunakan obat asam urat tradisional dan pantangannya. 

Berikut ada beberapa referensi obat asam urat tradisional dan pantangannya yang bisa Moms coba untuk mengurangi gejala asam urat!

BACA JUGA: Kenalilah Penyebab Asam Urat yang Sering Kambuh

Cuka Apel

Gejala Asam Urat
Gejala Asam Urat

Salah satu referensi obat asam urat yang bisa Moms coba adalah cuka apel. Obat tradisional yang satu ini dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat peradangan asam urat. Ada sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2010 yang menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan kadar pH yang bersifat basa dalam tubuh. nantinya kadar pH basa ini juga akan mempengaruhi kadar pH cairan urin.

Apabila kadar pH urin bisa berubah menjadi lebih basa maka cukup mampu untuk membuang kelebihan kadar asam urat dalam urin. Namun sebaiknya, konsumsi dengan takaran yang tepat karena minuman ini cukup asam. 

Daun Salam

Moms mungkin lebih mengenal daun salam sebagai bumbu dapur. Tetapi tahukah Moms bahwa daun salam juga bisa sebagai obat untuk mengatasi gejala asam urat. Di dalam daun salam terdapat kandungan senyawa tanin, flavonoid, atsiri alkaloid. Semua senyawa tersebut mempunyai fungsi yang bagus untuk kesehatan ginjal, memperlancar aliran urin serta dapat mengurangi rasa nyeri akibat dari peradangan sendi. 

Cara membuat obat tradisional yang satu ini cukup mudah, Moms hanya perlu menyiapkan 5 hingga 10 lembar daun salam yang warna hijau tua. Cuci bersih daun tersebut lalu potong kasar dan rebus dengan takaran air 3 gelas air putih. Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga air mulai asat menjadi 1/3 bagian. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Moms bisa meminum air rebusan daun salam ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Moms harus bisa mengimbangi obat asam urat tradisional dan pantangannya.

Nanas dan Madu

Obat untuk gejala asam urat lainnya ada nanas dan madu. Obat tradisional ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Moms yang senang dengan minuman dari buah-buah. Cara membuatnya adalah dengan memblender buah nanas segar hingga halus lalu campurkan madu secukupnya. Disarankan untuk meminum jus nanas madu ini secara rutin yaitu 1 hingga 3 kali dalam seminggu, sesuai dengan kondisi dari asam urat yang Moms rasakan. 

BACA JUGA: 8 Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat

Teh Hijau

Bagi Moms yang senang minum teh, cobalah untuk beralih ke teh hijau sebagai obat gejala asam urat. Teh Hijau sudah cukup terkenal sejak jaman dahulu dan dipercaya mampu untuk menurunkan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Teh hijau juga mengandung banyak vitamin seperti Vitamin C dan Vitamin E yang bagus untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan yang ada di dalam teh hijau ternyata mampu untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat dan peradangan pada sendi. Caranya sangat mudah, Moms hanya perlu meminumnya 1 gelas setiap harinya. Itulah beberapa obat gejala asam urat yang bisa Moms terapkan di rumah. Obat asam urat tradisional dan pantangannya harus Moms ingat selalu. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: