Penyebab asam urat kadang sulit kita ketahui ya Moms. Maka harus selalu mengatur pola makanan yang baik dan benar agar kesehatan tetap terjaga.

Faktor Penyebab Timbulnya Asam Urat

Berbagai penyakit sering datang tanpa diundang ketika usia kita akan mendekati angka 30-an. Salah satunya yaitu penyakit asam urat yang sering menyerang. Baik laki-laki maupun perempuan. Maka, tidak ada salahnya mengetahui penyebab asam urat berikut ini.  

Sering Konsumsi Makanan dengan Kandungan Purin Tinggi

Kurangilah beberapa jenis makanan yang mempunyai zat purin tinggi seperti jeroan pada hewan, makanan laut (seafood), dan juga daging merah yang berupa sapi, kambing, babi, maupun domba agar asam urat tidak kembali kambuh.

Sering Konsumsi Minuman Manis

Jangan terlalu banyak menambahkan gula pada minuman ya Moms! Sebab, minuman manis sangat banyak mengandung zat fruktosa. Di mana kandungan yang ada dalam fruktosa ini terdapat pada minuman yang bersoda dan juga gula yang berasal daro sirup jagung. Sehingga dapat memicu terjadinya asam urat.

Banyak Minum Alkohol

Bukan hal yang baru lagi jika alkohol merupakan minuman yang mengundang berbagai penyakit, salah satunya yaitu asam urat. Beberapa alkohol dan minuman keras lain seperti anggur maupun bir sangat buruk untuk kesehatan.

Memakai Obat Pemicu Asam Urat

Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, aspirin, sislospirin, maupun obat penghambat enzim dapat memberikan efek samping berupa tumbuhnya penyakit asam urat.

Punya Riwayat Penyakit Khusus

Jika anggota keluarga mempunyai riwayat penyakit asam urat. Maka, tidak perlu diragukan lagi jika kita juga terkena penyakit tersebut.

Terlalu Banyak Minum Kopi

Minum kopi memang menyenangkan. Bahkan, kandungan kafein yang ada dalam kopi juga bagus untuk kesehatan. Tetapi jika dikonsumsi terlalu sering akan berdampak negatif bagi tubuh kita lho Moms! 

Kurang Konsumsi Makanan Bergizi

Sumber tubuh yang sehat adalah makanan yang memiliki gizi tinggi. Jika kita sudah terlanjur memiliki penyakit asam urat, maka hal yang harus diperhatikan adalah sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. 

Jarang Olahraga

Ketika tubuh jarang bergerak maka peredaran darah akan terhambat dan tidak lancar. Apalagi jika kita sering makan terlalu banyak dan kurang olahraga, jangan salah tidak hanya asam urat saja yang akan datang. Obesitas pun juga dapat datang kapan saja.

Menu Makanan untuk Penderita Asam Urat

Setelah mengetahui penyebab asam urat, maka kita harus memperhatikan makanan untuk penderita asam urat tapi harus dalam porsi yang sesuai dan terbatas, di antaranya yaitu:

Seafood Rendah Purin Makanan

Sebenarnya, penderita asam urat bukannya tidak boleh mengkonsumsi seafood. Melainkan, pilih makanan laut yang rendah purin seperti belut, ikan salmon, ikan bandeng, dan juga ikan bawal.

Olahan Kacang Kedelai 

Beberapa makanan yang diolah dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, kecap manis, susu kedelai, dan tauco memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan. 

Daging Unggas

Beberapa jenis unggas juga baik untuk perkembangan tubuh, di antaranya yaitu daging ayam dan daging bebes.

Lemak Jenuh

Jenis lemak jenuh seperti mentega, susu, kue, susu, dan juga keju sangat disarankan agar kebutuhan gizi tercukupi dan seimbang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: