Apa Moms sering merasa nyeri dan kram di area persendian? Jangan anggap remeh Moms, bisa jadi Moms menderita penyakit asam urat. Penyakit yang menyerang persendian ini disebabkan salah satunya oleh kesalahan pola makan. Jika Moms tidak ingin mengidap penyakit ini, Moms harus menghindari beberapa makanan pantangan asam urat.

Bahan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat yaitu yang mengandung senyawa kimia basa purin. Purin secara alami diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, namun asupan makanan  yang tinggi purin menyebabkan kadar purin menjadi berlebih. Senyawa purin banyak terkandung dalam makanan berikut.

Baca Juga : Hati-hati Moms! Ini 5 Bahaya Asam Urat Bagi Ibu Hamil

Sayuran

Sayuran seperti bayam, kacang polong, asparagus, jamur kaya akan basa purin. Namun terdapat hasil studi yang menyimpulkan bahwa konsumsi basa purin yang berasal dari sayuran tidak akan memunculkan masalah pada penderita asam urat. Meskipun demikian, Moms tetap harus hati-hati dan membatasi asupan makanan sayuran berkadar purin tinggi.

Daging

Bagi Moms penyuka makanan berbahan daging, ada baiknya mulai mengurangi porsi untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan daging mengandung basa purin yang menjadi pemicu timbulnya penyakit asam urat. 

Moms masih dapat mengkonsumsi daging paling banyak 170 gram setiap harinya. Alternatif lain, Moms bisa mengganti daging dengan bahan makanan lain yang bukan pantangan bagi penderita asam urat.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan banyak mengandung lemak, protein, vitamin, serta mineral. Hanya beberapa jenis kacang saja yang mengandung purin.

Namun hampir semua jenis kacang dapat menyebabkan penyakit asam urat akibat tingginya kadar lemak dan protein pemicu naiknya asam urat dalam tubuh. Olehnya itu, Moms perlu membatasi asupan bahan makanan yang satu ini.

Makanan Berbahan Utama Gula

Bahan makanan yang mengandung banyak gula khususnya fruktosa dapat menjadi penyebab penyakit asam urat. Makanan seperti es krim, permen, minuman bersoda yang berbahan utama fruktosa ketika di dalam tubuh akan terurai menghasilkan purin. Olehnya itu, jika Moms menderita penyakit asam urat hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula.

Masakan Bersantan

Moms penyuka makanan bersantan? Jika iya, Moms mesti menguranginya mulai sekarang. Masakan bersantan pastinya mengandung banyak lemak. Penimbunan lemak di dalam tubuh akan mengakibatkan proses pembuangan asam urat di dalam ginjal akan terhambat. Sehingga asam urat akan tertimbun dan menjadi penyakit.

Seafood

Makanan laut bisa menjadi penyebab penyakit asam urat. Oleh karena beberapa jenis hewan laut yang umum dikonsumsi seperti ikan makarel, sarden, teri, udang, serta kerang memiliki kandungan purin yang tinggi.

Jika Moms menyukai seafood, masih ada alternatif lain seperti salmon dan ikan cod yang rendah purin. Moms bisa kombinasikan dengan jus lemon yang mampu menetralkan basa purin pemicu asam urat.

Jeroan

Jeroan yang berasal dari hewan seperti sapi maupun kambing juga merupakan makanan penyebab asam urat sehingga pantangan bagi penderita asam urat. Jeroan seperti limpa, paru, babat, otak, hati, ginjal, serta usus kaya akan protein yang ketika masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi purin dalam jumlah yang tidak sedikit. Sehingga para penderita asam urat sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jeroan.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh khususnya bir. Olehnya itu para penderita asam urat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman ini.Nah, itulah beberapa jenis bahan makanan pantangan asam urat. Jika Moms belum divonis menderita penyakit asam urat atau Moms merasa mengalami gejala penyakit asam urat. Ada baiknya Moms mencegah sejak dini dengan tidak mengkonsumsi makanan pantangan secara berlebihan. Semoga informasi yang dipaparkan membawa manfaat ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: