Ketika sedang membeli produk kecantikan, Moms wajib memeriksa lebih dahulu apakah produk tersebut masuk dalam daftar kosmetik halal yang disertifikasi MUI. Sebab, label halal tidak hanya penting disematkan pada makanan dan minuman yang dikonsumsi, tetapi juga setiap produk yang bersentuhan dengan kulit, termasuk kosmetik. Mengapa demikian?

Kosmetik digunakan untuk pemakaian eksternal, tetapi hampir selalu dipakai setiap saat. Bila terkandung campuran zat yang tidak halal, bagaimana bila Moms menggunakannya ketika sedang beribadah? Selain itu, label halal juga secara eksplisit menentukan keamanan pemakaian produk kosmetik terkait pada tubuh. Penting sekali bukan kehalalannya, Moms?

BACA JUGA: 5 Manfaat Penting Garam Himalaya untuk Kecantikan. Moms Wajib Coba!

5 Merek Kosmetik Halal Bersertifikasi MUI

Lalu, merek kosmetik apa saja yang telah memiliki sertifikasi halal? Jangan salah, Moms. Banyak sekali kosmetik lokal hingga dunia yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUI. Khusus merek internasional, produsen di Indonesia yang mengurus perizinan label halal tersebut. Jadi, daftar merek tersertifikasi halal MUI berikut aman untuk Moms gunakan :

Wardah Cosmetics

Moms pasti sudah tidak asing dengan merek daftar kosmetik halal yang satu ini, bukan? Wardah sendiri merupakan pelopor dari kosmetik bersertifikasi halal di Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 1998 silam, Wardah konsisten untuk menghadirkan produk-produk kecantikan yang tidak hanya aman tetapi juga terbebas dari campuran zat yang dikategorikan haram.

Sariayu Martha Tilaar

Sponsor utama ajang beauty pageant Putri Indonesia ini juga menjadi salah satu daftar kosmetik halal selain Wardah yang asli produk dalam negeri. Produk-produk kecantikan dari Sariayu sendiri dikenal dengan harga yang terjangkau serta cocok untuk semua jenis kulit. Tidak heran bila eksistensinya tidak tergeser oleh merek-merek baru yang terus bermunculan.

L’Oreal

Merek kosmetik populer dari Perancis, L’Oreal, juga tidak mau kalah, Moms. Sebagai produsen kosmetik kelas dunia, L’Oreal juga termasuk dalam daftar kosmetik halal yang disertifikasi MUI. Bahkan, L’Oreal kini sudah memiliki pabrik khusus di sini untuk regional Asia Tenggara. Siapa di antara Moms yang merupakan penggemar merek ini?

Zoya Cosmetics

Moms pasti lebih familier dengan Zoya sebagai produsen hijab dan scraft. Namun, selama beberapa tahun terakhir, Zoya telah mengembangkan lini bisnisnya ke bidang kosmetik. Tentu saja, Zoya pun langsung mengurus perizinan ke MUI agar dapat menyematkan label halal pada setiap produk kosmetik yang dirilisnya. Penasaran mencoba produknya, Moms?

Make Over

Meskipun terdengar seperti merek luar negeri, faktanya Make Over merupakan adik dari Wardah Cosmetics. Jika Wardah telah lekat dengan label kosmetik halal, Make Over merupakan versi yang lebih general. Meski begitu, pihak perusahaan tetap mengurus sertifikasi kehalalannya pada MUI. Make Over juga memiliki kualitas yang tidak kalah dari Wardah Cosmetics.

BACA JUGA: Up To Date, Ini 9 Prediksi Tren Makeup 2020 yang Harus Moms Tahu!

Tips Memilih Kosmetik Bersertifikasi Halal dari MUI

Bagaimana, Moms? Merasa lebih nyaman bukan dalam menggunakan merek-merek di atas setelah mengetahui tentang status kehalalan produknya? Tapi, apakah setiap produk halal serta merta cocok untuk digunakan, Moms? Tentu saja tidak. Dalam memilih kosmetik, selain kehalalannya, Moms tetap memerlukan pertimbangan lainnya :

  • Fungsi serta kecocokannya untuk kulit karena setiap individu memiliki jenis serta sensitivitas kulit yang berbeda.
  • Komposisi bahan dalam kosmetik perlu dipertimbangkan juga. Utamakan memilih produk yang menggunakan bahan-bahan alami untuk meminimalisir efek samping.

Menggunakan produk-produk yang masuk daftar kosmetik halal yang disertifikasi MUI di atas dapat membuat Moms tampil lebih memukau tanpa rasa was-was. Baik terhadap kemungkinan adanya zat yang bersifat adiktif maupun adanya efek samping negatif lainnya. Tampil cantik tanpa takut, kenapa tidak!?

Leave a Comment

%d bloggers like this: