Pernahkah Moms mengalami radang tenggorokan yang berbarengan dengan sariawan? Terkadang sariawan yang Moms alami tidak hanya berada di rongga mulut, tetapi ada pula sariawan yang berada di tenggorokan. Kondisi ini tentunya akan membuat Moms merasakan sakit saat makan hingga menelan. Agar Moms cepat sembuh dari radang tenggorokan dan sariawan, tentunya Moms harus mengobatinya dengan pengobatan yang aman.

Untuk mengobati gejala radang tenggorokan dan sariawan, terlebih dahulu Moms harus mengetahui penyebabnya. Biasanya radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus, sedangkan sariawan disebabkan oleh jamur candida.

BACA JUGA: Yang Perlu Moms Ketahui Tentang Gejala Radang Tenggorokan

Inilah Obat Terbaik untuk Radang Tenggorokan dan Sariawan

Agar Moms terbebas dari rasa sakit akibat dari sariawan dan radang tenggorokan, Moms harus melakukan pengobatan dengan tepat. Moms bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang ada di rumah untuk meredakannya. Selain itu, gaya hidup juga harus diubah untuk mempercepat penyembuhannya.

Kumur dengan Air Garam

Air garam berfungsi untuk mengencerkan dahak. Selain itu, air garam juga memiliki zat antimikroba. Inilah yang mampu menyembuhkan radang tenggorokan yang Moms alami. Air garam juga mampu meringankan iritasi, sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang Moms rasakan.

Moms bisa membuat larutan air garam dengan cara melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air putih. Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur dan hindari menelan air garam setelah berkumur. Untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan dan sariawan, ada baiknya Moms berkumur secara rutin tiga kali sehari.

Konsumsi Air Putih Sebanyak-Banyaknya

Radang Tenggorokan dan Sariawan
Radang Tenggorokan dan Sariawan

Mengonsumsi air putih dapat menghindarkan dari risiko dehidrasi. Selain itu, konsumsi air putih yang banyak akan meringankan sakit di tenggorokan yang Moms alami. Moms juga bisa mengganti asupan cairan dengan memperbanyak asupan cairan dari jus buah ataupun sup. Konsumsi jus buah dan sup tak hanya untuk memperbanyak cairan dalam tubuh, tetapi juga untuk menambah nutrisi pada tubuh.

Hindari Makan dan Minum dalam Kondisi Panas

Sariawan akan membuat Moms tidak nyaman saat makan ataupun minum. Nah, agar tidak semakin parah dan membuat Moms merasa kurang nyaman, ada baiknya Moms menghindari makanan dan minuman dalam keadaan panas. Selain dapat menimbulkan rasa sakit pada luka sariawan dan tenggorokan, ternyata makanan dan minuman yang panas dapat membuat tenggorokan semakin kering dan semakin parah.

BACA JUGA: Mudah dan Aman, Inilah Cara Mengobati Radang Tenggorokan Saat Hamil Moms

Konsumsi Makanan Bergizi

Agar kekebalan tubuh semakin meningkat, Moms perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, konsumsi makanan bergizi seimbang juga akan membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan dan sariawan.

Moms bisa memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin C. Selain dapat membantu penyembuhan sariawan, kandungan vitamin C juga baik untuk mengurangi pembengkakan di tenggorokan. 

Selain mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang biasa Moms konsumsi, Moms juga bisa membuat minuman herbal untuk membantu penyembuhan. Moms bisa membuat minuman dari kayu manis, madu, ataupun lemon.

Istirahat Secukupnya

Saat Moms dalam kondisi kurang sehat pastinya Moms akan merasa cepat lelah. Ketika Moms sudah merasa lelah, Moms bisa langsung beristirahat. Setidaknya, Moms memerlukan waktu 8 jam untuk istirahat agar kondisi lebih cepat pulih. Istirahat yang cukup juga dapat membantu mempercepat penyembuhan sekaligus dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, itulah cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan dan sariawan. Cukup mudah kan Moms? Tetapi jika gejala yang Moms rasakan semakin berat dan berlangsung lebih dari 7 hari, ada baiknya Moms segera berkonsultasi dengan dokter ya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: