Memilih susu formula untuk bayi perlu mempertimbangkan kandungan nutrisi apa saja yang ada pada susu tersebut. Bukan hanya kelengkapan nutrisi, tetapi Moms juga perlu memastikan yang dikonsumsi si kecil adalah susu formula bayi tanpa gula tambahan. Mengapa demikian?

Gula atau garam memiliki sifat yang sama. Bukan hanya dilarang mengonsumsi susu dengan kandungan gula, bayi di usia 0 hingga 2 tahun juga tidak disarankan mengonsumsi garam. Secara ilmiah ada beberapa alasannya yang penting Moms ketahui.

BACA JUGA: 4 Susu Formula Untuk Bayi 6-12 Bulan Agar Cepat Gemuk

Kondisi Organ Pencernaan yang Belum Sempurna

Susu formula terbaik untuk dikonsumsi bayi selain nutrisinya yang lengkap juga harus dipastikan tidak menggunakan gula tambahan. Sistem pencernaan yang dimiliki bayi pada usia utamanya 0 hingga 2 tahun masih belum sempurna. Organ seperti ginjal belum kuat untuk mencerna aneka zat tambahan seperti gula atau garam.

Kerja ginjal bayi menjadi lebih berat. Efeknya akan menimbulkan masalah pada organ vital tersebut. Selain itu, gula buatan juga mengalami proses pembuatan yang sudah menggunakan tambahan zat kimia. Efeknya akan tidak baik untuk kondisi kesehatan bayi secara umum.

Merk susu formula tanpa gula tambahan yang beredar di pasaran umumnya menggunakan pemanis alami yang membuat rasa susu lebih natural dan tetap disukai bayi.

Risiko Obesitas pada Bayi

Gula tambahan yang terkandung dalam susu formula juga meningkatkan risiko obesitas pada bayi. Biasakan anak mengonsumsi gula alami sejak dini agar ketika besar juga tidak memilih masalah kesehatan akibat gula. Kebiasaan memakan gula sejak kecil akan meningkatkan risiko terkena penyakit gula setelah usia dewasa.

Alasan lain tidak direkomendasikannya konsumsi gula tambahan pada susu formula balita 1 sampai 2 tahun adalah soal kesehatan gigi. Anak balita atau bayi memiliki kebiasaan mengonsumsi susu di malam hari pada saat tidur. Penggunaan gula tambahan akan semakin meningkatkan risiko kerusakan gigi pada bayi.

BACA JUGA: Hati-Hati, Ini Cara Mencegah Anak Obesitas

Rekomendasi Susu Formula Bayi Tanpa Gula Tambahan

Susu formula bayi tanpa gula tambahan
Susu formula bayi tanpa gula tambahan

Di pasaran ada banyak sekali susu formula yang dirancang dengan komposisi nutrisi yang ideal tanpa menggunakan gula tambahan. Banyak orang tua yang salah paham soal pemanis ini. Ada yang menganggap bahwa bayi tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Hal yang sebenarnya adalah tidak boleh mengonsumsi gula buatan.

Susu formula yang ada di pasaran umumnya memiliki rasa manis alami yang berasal dari jagung, madu, dan sejenisnya. Cukup aman dikonsumsi balita. Sebaiknya Moms merasakan dulu susu yang akan dikonsumsi si kecil. Hindari susu yang memiliki rasa pemanis buatan.

Beberapa rekomendasi merk susu formula bayi tanpa gula tambahan yang bisa Moms berikan untuk si kecil di antaranya Bebelove 1, Bebelove 2, Morinaga BMT, Morinaga Chil Mil, Nutribaby Royal 1, Nutribaby Royal Pronutra 2, Nutribaby Soya 2, Lactogrow, Nestle Nan PH Pro 1, S-26 Promil Gold 1 dan 2, Enfamil A+1 dan A+2.

Merk-merk lain juga ada. Hal yang harus Moms pastikan sebelum mengonsumsi susu formula selain kandungan nutrisinya yang membantu tumbuh kembang otak anak dan daya tahan tubuh, juga kandungan gulanya apakah gula alami atau buatan. Hal ini penting sebab konsumsi susu formula akan dilakukan jangka panjang.

Apakah susu formula murah memiliki kandungan gizi seperti gula buatan yang tidak baik untuk bayi? Belum tentu, tetapi umumnya susu formula dengan harga mahal menawarkan komposisi nutrisi yang lebih terjaga dan lebih lengkap untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil.

Susu formula bayi tanpa gula tambahan menjadi hal yang perlu Moms perhatikan, utamanya untuk bayi di usia kurang dari 2 tahun. Temukan merk terbaik dan harga terbaik yang pas di saku Moms tentunya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: