Bagi setiap pasangan yang telah menikah, kehadiran buah hati menjadi momen yang paling dinantikan. Nah, saat masa kehamilan itu tiba, Moms tentu akan dianjurkan untuk makanan yang bernutrisi. Ada banyak makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil yang baik untuk kesehatan.

Tak hanya baik untuk kesehatan si ibu saja, makanan yang sehat juga akan mendukung tumbuh kembang janin dengan baik. Maka dari itu, jangan sampai nutrisi yang masuk dalam tubuh tidak terlalu diperhatikan ya, Moms. Kira-kira apa saja makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut informasinya!

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil umumnya akan mengandung berbagai nutrisi. Seperti misalnya, kalsium, karbohidrat, serat, asam folat, mineral, dan vitamin. Nutrisi-nutrisi ini dapat Moms temukan pada makanan berikut.

BACA JUGA: Menu Makanan Ibu Hamil Muda Paling Enak dan Sehat yang Bisa Moms Coba

Nasi merah atau gandum

Menu makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah nasi merah atau gandum. Makanan ini banyak mengandung vitamin E, serat, dan juga selenium. Kandungan ini sangat baik dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Moms dapat memilih untuk mengonsumsi gandum atau hanya nasi merah saja.

Ubi

Ubi juga menjadi salah satu makanan sehat yang baik untuk ibu hamil. Dalam ubi terdapat berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, potasium, betakaroten, dan juga zat besi.

Nutrisi-nutrisi ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang, kulit, dan mata si kecil. Di samping itu, ubi juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh.

Kacang-kacangan

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil
Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Salah satu jenis sayuran sehat untuk ibu hamil yang harus Moms konsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan dapat mencegah Moms dari masalah pencernaan, seperti susah BAB atau wasir.

Hal ini disebabkan lantaran kacang-kacangan memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Selain memiliki kandungan serat tinggi, kacang-kacangan juga kaya akan folat, kalsium, seng, dan juga zat besi.

Oatmeal

Moms juga dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal. Kandungan serat, vitamin B6, dan protein yang ada pada oatmeal ini juga baik untuk tumbuh kembang janin. Moms dapat mengkonsumsinya setiap hari pada waktu sarapan. Dengan mengonsumsi oatmeal, Moms akan memperoleh tenaga ekstra, terlebih saat sedang merasa mual dan lelah.

Daging tanpa lemak

Daftar menu makanan ibu hamil lainnya yang sebaiknya Moms konsumsi adalah daging tanpa lemak. Daging sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dan menjadi penyuplai vitamin B6 yang baik. Kadar protein dan juga vitamin B6 yang tinggi ini baik untuk membantu pertumbuhan otak dan juga jaringan organ si kecil.

Selain itu, daging juga memiliki kandungan vitamin B12 yang berguna untuk menjaga kesehatan sel darah merah dan juga syaraf. Namun ingat ya, Moms, usahakan untuk mengonsumsi daging yang memiliki kandungan rendah. Sebab, kandungan lemak yang tinggi kurang baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: 7 Makanan Baik untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi Demi Kesehatan Janin

Telur

Saat usia kehamilan mulai memasuki trimester kedua, Moms sangat dianjurkan untuk menambah kadar protein yang masuk dalam tubuh. Untuk itu, Moms disarankan untuk mengonsumsi telur. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga diperkaya dengan zat kolin yang dapat mengurangi cacat tabung saraf.

Momen kehamilan memang sangat ditunggu bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Maka dari itu, saat momen ini tiba asupan makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan baik. Moms dapat mengonsumsi beberapa makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil seperti yang sudah disebutkan di atas.

Leave a Comment

%d bloggers like this: