Bolehkah Ibu hamil makan mie instan? Kayanya pertanyaan ini agak susah dijawab ya Moms. Rasanya sulit menolak lezatnya mie instan. Padahal, katanya, di dalamnya ada zat lilin loh. Tapi bener nggak sih? Nah, di dalam tulisan ini kita akan membongkar isi dari mie instan dan bagaimana makanan ini tetep bisa Moms konsumsi, meski sedang hamil.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

Kandungan Mie Instan

Apa yang moms pikirkan saat ingin makan mie instan? Tentu saja rasanya yang lezat ya. Mungkin ini saatnya meluangkan waktu meneliti apa saja kandungan mie instan. Sebab ini penting dilakukan terutama saat hamil. Cek kandungan bahan makanan untuk memastikan nutrisi moms terpenuhi saat hamil! Nah ini dia berbagai kandungan bahan mie instan kegemaran moms!

Pertama: Bahan Mie 

Di dalam Mie instan terdapat tepung terigu, minyak nabati, tepung tapioka, garam, pengatur keasaman, penstabil (nabati dan fosfat), mineral zat besi, antioksidan TBHQ dan pewarna tartrazin Cl 19140. 

Kedua: Bumbu

Di sini kami mengambil sampel untuk mie dengan rasa ayam bawang. Di dalamnya mengandung garam, gula, penguat rasa mononatrium glutamat, perisa sintetik ayam, bawang putih bubuk, perisa sintetik bawang bombay, lada bubuk, daun bawang, vitamin A, B1, B6, B12, Niasin, Asam Folat, dan Pantotenat, dan cabe bubuk.

BACA JUGA: Menu Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama Siasati Mual dan Muntah

Ketiga: Minyak

Tak ada yang spesial di sini. Minyak di dalam mie instan terdiri dari bawang merah dan minyak nabati.

Keempat: Bahan Alergen

Ini adalah bahan-bahan yang bisa membuat seseorang alergi. Zat alergen dalam mie instan adalah kacang tanah, telur, kedelai, wijen, gluten, udang, ikan, susu, seledri, dan mustard.

Terlihat di sini ada banyak sekali bahan-bahan kimia, terutama di dalam bumbunya. Bahan-bahan ini, bila dikonsumsi secara berlebihan saat Moms sedang hamil, tentu saja hasilnya tidak baik. Misalnya terigu yang mengandung zat pengembang bisa menimbulkan gas. Gas ini bisa membuat perut Moms kembung dan begah. Moms juga bisa kena iritasi lambung bila makan bumbu mie instan pedas.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal nutrisi korea selatan menemukan fakta 68% wanita yang mengkonsumsi mie instan dua kali atau lebih dalam satu minggu mengalami gangguan sindrom metabolik. Kondisi dimana seseorang mengalami kadar gula darah tinggi, kelebihan lemak di daerah pinggang, kenaikan kadar kolesterol, juga peningkatan tekanan darah. 

Cara Sehat Makan Mie Instan Saat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan

Meski tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, Moms bisa tetap mengkonsumsi mie instan saat hamil. Caranya bagaimana? Sebenarnya ada banyak. Namun, yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengganti mie instan yang biasa menjadi mie yang baru. Yang terbuat dari bahan alami atau mie instan sehat dan sedikit mengandung MSG. Memangnya ada ya? Ada Moms. Mudah kok, di cari di supermarket.

Kedua, bagi Moms bisa makan mie ditambah sayur, daging, atau ikan. Resep mie instan sehat ini bisa menjadi kombinasi menu untuk menghindari malnutrisi saat moms hamil. Ketiga, lebih baik mengganti bumbu dan air rebusan mie dengan kaldu racikan moms sendiri untuk mengontrol asupan garam dan mengurangi kadar lemak jenuh mie instan. 

BACA JUGA: Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Perlu Dipatuhi agar Janin Selalu Sehat

Hamil Tetap Makan Mie Instan dan Tetap Sehat? Bisa!

Jadi, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Nah, sekarang Moms kini mengerti bahwa boleh kok, ibu hamil makan mie instan. Tentu saja dengan aturan dan kombinasi menu yang tepat, dan jangan kebanyakan. Jadi bagaimana, sudahkah hari ini Moms makan mie instan? Share tulisan ini ke teman yang suka makan mie ya!

Leave a Comment

%d bloggers like this: