Si Kecil sudah memasuki usia 7 bulan? Tentunya Moms sudah memberikan MPASI bukan? Menu MPASI 7 bulan tidak berbeda jauh dengan MPASI pada saat bayi usia 6 bulan. Pada usia ini bayi masih mengenal rasa dan harus diberi menu yang bervariasi agar tidak mudah bosan.

Tekstur MPASI 7 bulan harus tetap lembut sehingga mudah untuk ditelan. Menu yang sangat disarankan untuk MPASI 7 bulan adalah sayuran dan makanan yang banyak mengandung protein. Jika Moms butuh inspirasi bisa memilih salah satu rekomendasi menu berikut ini:

1. Puree Kacang Hijau

Menu MPASI 7 bulan rumahan yang paling mudah dibuat adalah puree kacang hijau. Seperti yang Moms ketahui bahwa kacang hijau banyak mengandung mineral yang baik untuk perkembangan otak anak. Kacang hijau ini juga bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Tidak salah jika kacang hijau sangat disarankan untuk MPASI bayi 7 bulan.

Puree kacang hijau juga sangat mudah untuk dibuat. Moms hanya perlu merebus kacang hijau sampai benar-benar empuk. Kemudian kacang hijau ini dihaluskan dengan menggunakan blender sampai halus. Agar lebih halus dan agak cair, Moms bisa menambahkan sedikit ASI yang sudah diperah ataupun yoghurt.

BACA JUGA: Resep Menu MP ASI 4 Bintang yang Paling Mudah

2. Ayam dan Kentang Giling

Jika Moms ingin menu yang kaya akan protein, Moms bisa mencoba menu ayam dan kentang giling. Perpaduan ayam dan kentang ini sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak dan menambah berat badan anak. Untuk membuat menu ini juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Untuk bayi 7 bulan, Moms bisa memilih fillet ayam bagian dada atau paha. Ayam dan kentang ini harus dicuci sampai bersih lalu direbus sampai benar-benar matang. Untuk menambahkan rasa, Moms bisa menambahkan sedikit garam pada saat merebusnya.

Setelah direbus, ayam dan kentang kemudian diblender sampai benar-benar halus. Moms bisa memblender ayam terlebih dahulu kemudian campurkan dengan kentang yang sudah direbus. Menu ini cocok untuk makan siang bayi 7 bulan.

3. Pure Mangga dan Pisang

MPASI 7 bulan buah yang sangat recommended adalah mangga dan pisang. Dua buah ini banyak mengandung vitamin C dan mineral yang baik untuk perkembangan otak anak. Untuk mencampurkan kedua bahan ini Moms bisa menggunakan blender.

Perlu Moms ingat untuk MPASI bayi 7 bulan dengan menu buah tidak perlu menambahkan gula tambahan. Hal ini dikarenakan buah sudah banyak mengandung gula alami yang jauh lebih bagus untuk bayi.

BACA JUGA: Yuk, Bikin Variasi Menu MPASI Alpukat yang Mudah untuk Si Kecil

4. Bubur Ikan Tuna dan Kacang Almond

Menu MPASI 7 bulan soft cooker yang mudah adalah ikan tuna dan kacang almond. Perpaduan dua bahan ini sangat bagus untuk mempercepat perkembangan otak anak. Ikan tuna mengandung DHA yang tinggi sedangkan kacang almond mengandung mineral yang baik untuk pertumbuhan otak anak.

Moms bisa memadukan ikan tuna dan kacang almond ini dengan bubur beras merah. Ketiga bahan ini sangat kaya gizi yang baik untuk kesehatan dan perkembangan otak anak.

5. Puree Labu Kuning dan Ubi Jalar

Jadwal makan bayi 7 bulan untuk pagi dan siang hari, menu yang paling cocok untuk pagi hari adalah puree labu kuning dan ubi jalar. Dua bahan ini banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan bayi.

Untuk membuat puree ini sangat mudah, Moms cukup menghancurkan kedua bahan ini dengan blender sampai halus. Agar lebih mudah dimakan bayi 7 bulan, Moms bisa menambahkan ASI perah ataupun sedikit susu sapi.

Moms harus mengganti menu setiap hari agar si kecil tidak mudah bosan. Penggantian menu ini juga akan membuat si kecil lebih nafsu makan karena setiap hari menu dan rasanya berubah. Selamat mencoba menu MPASI 7 bulan ini ya Moms.

Leave a Comment