Masa kehamilan merupakan masa yang paling membahagiakan untuk setiap wanita dan memberikan nikmat tersendiri. Namun, kehamilan bukanlah suatu hal yang mudah dijalani karena terdapat berbagai masalah fisik yang dialami oleh Moms. Diantaranya ialah wanita sering mengalami sakit pinggang saat hamil sehingga mengganggu aktivitas dan membuat tidur tidak nyaman. 

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil membuat Moms sering mengalami sakit dan nyeri di bagian pinggang. Selain itu, kondisi berat badan yang bertambah membuat tumpuan berat pada tubuh mengalami perubahan. Sebelum kondisi ini semakin memburuk, alangkah baiknya Moms melakukan berbagai cara untuk menghindari terjadinya pinggang sakit. 

Cara Mudah Menghindari  Sakit Pinggang Saat Hamil

sakit pinggang saat hamil

Jika kondisi sakit pinggang ini terjadi terus menerus, maka kondisi kesehatan Moms secara keseluruhan juga bisa terganggu. Posisi tidur yang tidak nyaman membuat tubuh menjadi kurang istirahat sementara aktivitas masih banyak. Berikut ini adalah cara mengobati sakit pinggang secara alami yang mudah dan efektif menghilangkan rasa sakit. 

1. Atur Posisi Tubuh

Langkah pertama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah posisi tubuh baik saat beraktivitas maupun beristirahat. Saat sedang hamil, maka pusat gravitasi akan semakin bergeser ke depan sehingga Moms harus sering sering bersandar. Sementara untuk posisi tidur sebaiknya Moms tidur dengan posisi miring ke samping untuk menghindari terjadinya sesak nafas. 

2. Jangan Berdiri Terlalu Lama 

Ibu hamil seringkali merasa cepat lelah karena memang harus membawa beban yang lebih besar dibandingkan biasanya. Jika Moms sering berdiri dengan durasi yang terlalu lama, hal ini akan memicu terjadinya sakit pinggang dan nyeri. Oleh karena itu pastikan Moms menyempatkan duduk saat sudah berdiri terlalu lama, hal ini harus dilakukan untuk kesehatan si bayi dan ibu. 

3. Pilih Sepatu yang Tepat 

Kondisi sakit pinggang saat hamil muda bisa disebabkan karena pemilihan alas kaki yang tidak tepat. Jika sebelumnya Moms gemar menggunakan sepatu dengan hak tinggi, maka kebiasaan ini harus ditahan dulu. Pilihlah alas kaki yang memiliki tumit rendah yang nyaman digunakan dan tidak berbahaya. Penggunaan sepatu berhak tinggi bisa menyebabkan sakit pinggang semakin parah. 

4. Senam Hamil

Saat Moms mengalami sakit pinggang saat hamil 9 bulan, lakukan berbagai aktivitas ringan dan nyaman. Olahraga bisa dilakukan dengan durasi yang lebih sedikit dan beban yang lebih ringan. Salah satu pilihan olahraga yang sering dilakukan ialah senam hamil yang dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi. Senam hamil ini juga mampu meringankan masalah sakit pinggang mengganggu. 

5. Pijat Prenatal

Pijat prenatal bisa dilakukan jika Moms merasakan sakit dan nyeri pinggang yang parah dan mengganggu aktivitas. Dengan melakukan pijat ini, punggung menjadi lebih nyaman dan bebas dari nyeri. Akan lebih baik jika Moms melakukan pijat ini dengan para ahli sehingga mereka bisa mengetahui langkah tepat yang harus diambil dan membuat pinggang menjadi lebih nyaman. 

Memiliki masalah sakit pinggang saat hamil memang cukup menyebalkan ya Moms, namun kondisi ini wajar dialami oleh ibu hamil. Moms bisa melakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit pinggang yang mengganggu. 

Dengan berbagai cara tersebut, Moms bisa mengantisipasi sakit pinggang semakin meradang dan meluas. Namun, jika sakit pinggang saat hamil masih terus berlangsung dalam waktu yang lama maka Moms harus melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Leave a Comment