Tidak semua ibu memiliki kemampuan untuk memproduksi ASI yang banyak. Produksi ASI yang kurang lancar ini kerap menjadi masalah yang sering dirasakan ibu menyusui. Moms yang pernah mengalami hal ini tentu saja merasa kecewa dan galau. Padahal ada loh cara memperbanyak ASI secara alami yang memang tidak banyak wanita tahu. Jika produksi ASI tak lancar, jangan buru-buru beri susu formula, Moms bisa coba menerapkan 7 cara memperbanyak ASI secara alami berikut ini!

BACA JUGA: Wajib Tahu! 4 Persiapan Menyusui yang Benar

1. Memberikan pijatan pada payudara

Hal pertama yang bisa Moms lakukan untuk memperlancar ASI adalah dengan memberikan pijatan pada payudara menggunakan baby oil. Fungsi pijatan ini adalah untuk memecah gumpalan ASI dan membuka penyumbatan. 

Pertama-tama kompreslah payudara dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit kemudian lakukan pijatan dengan baby oil dari arah pangkal payudara, tekan ke arah dinding dada menggunakan dua jari secara merata. 

Selanjutnya, Moms bisa memulai melakukan pijatan dengan arah melingkar searah jarum jam sampai menuju ke area puting. Tujuan pemijatan ini adalah untuk melancarkan aliran ASI.

2. Berusaha untuk terus menyusui

Meningkatkan produksi ASI juga bisa dilakukan dengan cara terus menyusui. Tujuannya adalah untuk membentuk stimulus dan respons. Saat bayi terus menyusu maka akan timbul stimulus atau rancangan yang akan terus menerus diberikan. Selanjutnya secara alami tubuh Moms akan memberikan respons berupa peningkatan produksi ASi sesuai dengan stimulus yang diterima. Dengan begitu semakin sering menyusui makan ASI yang akan dihasilkan juga makin banyak. 

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan Bagi Ibu Menyusui, Tubuh Langsing Ideal Bukan Cuma Mimpi

3. Memompa ASI

Memompa adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak ASI. Moms bisa menggunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Jangan pikirkan berapa banyaknya, karena tujuan memompa ini adalah untuk memberikan rangsangan dan stimulus pada payudara. Dengan memompa pula, Moms bisa mengosongkan produksi ASi yang tidak dihabiskan oleh bayi sehingga payudara dengan cepat akan memproduksi ASI kembali.

4. Skin To Nurse

Saat menyusui si kecil, ada baiknya Moms melakukan kontak fisik langsung dengan kulit si kecil tanpa adanya perantara. Hal ini disebut skin to skin nurse. Moms bisa menyusui di ruangan tertutup dengan melepas kaos atau bra sementara membiarkan si kecil hanya memakai popok. Jika kurang nyaman karena terlalu terbuka Moms bisa menutup tubuh Moms dan si kecil dengan selimut. Lakukan hal ini secara rutin karena metode skin to skin nurse dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI sekaligus membentuk bonding antara ibu dan bayi. 

BACA JUGA: Bukan Cuma Perlancar ASI, 5 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

5. Istirahat yang cukup

Sebagai ibu baru rasa-rasanya sangat mustahil bisa tidur dengan nyenyak dengan waktu yang cukup. Apalagi bayi seringnya bangun di malam hari dan siklus tidur belum teratur. Jiak kualitas tidur Moms berkurang maka produksi ASI juga semakin buruk. 

Meski hal ini terbilang sulit, Moms bisa mulai mencoba untuk tidur siang saat si kecil juga tidur. Tak ada salahnya meminta bantuan pada suami atau keluarga untuk mengurus kebutuhan harian. Kurangi kegiatan yang tidak perlu supaya Moms bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup disela-sela kesibukan. 

6. Konsumsi makanan yang merangsang produksi ASI

Beberapa makanan terbukti dapat memperbanyak ASI. Beberapa jenis buah atau sayur yang bisa Moms konsumsi untuk memperbanyak ASI diantaranya adalah pepaya, daun katuk, wortel, bayam, dan rolled oats. Moms juga bisa mencoba mengkonsumsi jus pare supaya produksi ASI melimpah. Hindari mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan dengan tujuan memperbanyak produksi ASI.

7. Hindari stres

Stress adalah segala sumber masalah dan penyakit pada wanita. Stress juga bisa menyebabkan produksi ASI berkurang Jika Moms memang sedang merasa stres atau butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah rumah, jangan sungkan untuk minta tolong. Moms juga bisa mencoba gerakan yoga sederhana untuk menghilangkan stress di rumah. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: