Siapa sih yang tidak tahu dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI)? Biasanya, saat bayi telah berusia 6 bulan, bayi akan mulai diberi MPASI sebagai sumber nutrisi selain ASI. Nah, sebelum memberikan MPASI pada si kecil, Moms tentu harus tau cara membuat makanan MPASI yang sehat dan pastinya aman untuk si kecil.

Kenapa sih bayi yang berusia 6 tahun ini membutuhkan MPASI? Sebab, pada usia ini, nutrisi yang ada pada ASI sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Maka dari itu, si kecil membutuhkan nutrisi tambahan yang diperoleh dari MPASI. Pemberian MPASI ini juga tidak bisa sembarangan. Moms harus menyiapkannya dengan baik dan benar.

BACA JUGA: Dari Sarapan Sampai Makan Malam, Ini Jadwal Menu MPASI 6 Bulan yang Ideal untuk Si Kecil

Cara Membuat Makanan MPASI yang Sehat dan Aman

Dalam pembuatan menu MPASI dini, Moms harus memperhatikan kadar nutrisi yang diberikan. Selain itu, ada beberapa hal juga yang tidak boleh Moms abaikan. Hal-hal tersebut di antaranya adalah:

1. Sebisa mungkin jangan berikan si kecil makanan-makanan yang sulit dikunyah. Seperti misalnya, sayuran mentah, buah-buahan yang belum dipotong, atau kacang-kacangan.

2. Hindarkan bayi yang berusia kurang dari 1 tahun dari makanan yang memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Makanan dengan kandungan nitrat yang tinggi ini, seperti lobak hijau, bayam, atau bit. Kandungan nitrat yang terlalu tinggi pada makanan dapat menyebabkan kekurangan sel darah merah.

3. Hindari pemberian madu untuk anak di bawah usia 1 tahun ya, Moms. Sebab, madu hanya akan menyebabkan botulisme.

4. Hindari pemberian makanan dalam bentuk kemasan karena memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi.

5. Berikan makanan tanpa tambahan gula, garam, atau penyedap rasa

6. Hindarkan pemberian seafood atau putih telur untuk anak yang masih berusia di bawah 1 tahun. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko terjadinya alergi.

7. Untuk bayi di bawah usia 1 tahun, hindari pemberian buah yang memiliki rasa terlalu asam. Sebab, pada usia-usia ini sistem pencernaan si kecil belum terlalu matang.

Kira-kira apa saja sih menu MPASI 7 bulan yang aman dan pastinya menyehatkan untuk si kecil? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut!

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan MPASI Saat Diare untuk Si Kecil

Menu Makanan MPASI yang Aman dan Sehat

Dalam pemberian menu MPASI pada anak, sebaiknya Moms cukup kreatif dan bervariatif, ya. Hal ini bertujuan agar si kecil tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Nah, berikut adalah kumpulan resep makanan bayi 7 bulan yang aman dan pastinya menyehatkan.

Puree Pisang dan Alpukat

Proses pembuatan puree pisang dan alpukat ini terbilang cukup mudah. Moms hanya perlu menyiapkan buah pisang, alpukat, dan susu formula. Buah alpukat dan pisang tersebut dicuci bersih, lalu dikupas dan diambil daging buahnya. Setelah itu, blender daging buah pisang dan alpukat hingga halus. Tambahkan susu formula dan aduk hingga tercampur secara merata.

Puree Kacang Hijau

Tekstur MPASI 7 bulan yang satu ini terbilang cukup padat, tetapi tetap dapat diterima oleh sistem pencernaan si kecil. Kandungan nutrisinya pun cukup tinggi. Untuk membuat puree kacang hijau, rebus kacang hijau selama 20 menit. Selanjutnya, haluskan dengan blender dan kemudian saring agar serat-serta yang kasar tidak ikut tersajikan.

Bubur Beras Wortel

Salah satu menu MPASI yang dapat Moms coba adalah bubur beras wortel. Campuran nasi, wortel, dan kaldu ayam ini memberikan rasa gurih tersendiri. Cara membuat MPASI wortel ini juga terbilang cukup mudah. Moms hanya perlu memasukkan wortel yang sudah diparut dan juga beras ke dalam panci.

Jika sudah, tuangkan air matang secukupnya dan masaklah hingga air menyusut. Tuangkan kembali air dengan takaran setengah kali dari takaran semula dan masak kembali hingga menjadi bubur.

Saat bayi telah berusia 6 bulan biasanya bayi akan mulai diberi MPASI. MPASI ini bertujuan untuk memberikan nutrisi tambahan selain ASI. Namun, sebelum memberikan MPASI pada si kecil, Moms tentu harus tau cara membuat makanan MPASI yang sehat dan pastinya aman. Selamat mencoba ya, Moms!

Leave a Comment