Moms tentu selalu ingin anak anak memiliki nafsu makan yang tinggi, hal ini karena mereka akan mendapatkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Namun, ternyata tidak mudah loh Moms membuat anak anak mudah makan, terutama ketika masih bayi. Oleh karena itu, Moms bisa mengatasinya dengan membuat resep makanan mpasi  6 bulan yang nikmat dan bergizi.

Seiring bertambahnya usia si kecil, kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan juga akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, saat memasuki usia 6 bulan, Moms sudah bisa memberi makanan mpasi pertama yang baik untuk bayi 6 bulan. Bayi tetap butuh ASI, namun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan alangkah baiknya diberikan asupan gizi lainnya.

BACA JUGA: 7 Variasi Resep Makanan MPASI 6 Bulan Agar si Kecil Tidak Bosan

Resep Makanan MPASI 6 Bulan yang Bisa Dibuat Di Rumah

Sebagai seorang ibu, Moms harus rajin membuat mpasi untuk dikonsumsi si kecil. Makanan yang dibutuhkan bayi tentu berbeda dengan orang dewasa, bayi membutuhkan makanan yang lebih lembut dan halus. Moms bisa loh membuat mpasi aman dan sehat dengan berbagai bahan yang ada di rumah. Berikut ini adalah resep mpasi yang bisa Moms buat untuk si kecil.

1. Bubur kacang hijau

Resep Makanan MPASI 6 Bulan

Kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Menu mpasi bayi 6 bulan yang Moms bisa olah dari kacang hijau ialah bubur kacang hijau. Kandungan serat dan zat besi baik untuk perkembangan tubuh dan otak bayi loh Moms. Moms bisa menambahkan jagung untuk memperkaya rasa bubur ini.

2. Pisang

Salah satu buah yang sering dijadikan pilihan oleh para ibu sebagai mpasi ialah pisang. Hal ini dikarenakan pisang mudah ditemukan dan memiliki tekstur yang lembut. Bayi bisa mencerna makanan ini dengan baik dan membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Pada awal perkenalan mpasi, Moms  bisa memberikan bayi satu buah pisang yang sudah dihancurkan sekali sehari.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

3. Bubur Sayuran

Jika Moms ingin memberikan gizi yang lengkap bagi bayi, Moms bisa membuat bubur dari berbagai sayuran. Moms bisa mencampurkan wortel, labu serta kentang lalu rebus hingga melembut. Untuk mempermudah bayi mengonsumsi bubur ini, Moms bisa menghaluskannya dengan blender. Moms juga bisa menambahkan ASI agar kandungan gizi lebih terpenuhi.

4. Tahu 

Jika dalam rumah Moms tidak terdapat banyak bahan makanan, Moms tetap bisa membuat menu mpasi yang aman untuk bayi. Kali ini, Moms bisa menggunakan tahu putih sebagai mpasi yang kaya akan protein. Moms bisa merebus tahu putih sampai empuk lalu hancurkan dengan menggunakan sendok. Resep ini sangat mudah dan bisa Moms buat dalam waktu singkat.

5. Pure Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang segar dan kaya akan kandungan air dan vitamin lainnya. Moms bisa loh memberikan si kecil semangka yang tentunya sudah dibuang bijinya. Jika si kecil tidak bisa mengunyah semangka dengan baik, Moms bisa memblender semangka ini sampai halus. Lalu, Moms bisa membuat pure semangka yang telah disaring menjadi mpasi yang sehat.

6. Bubur Susu Jagung Manis

Pilihan makanan bayi 6 bulan selanjutnya ialah bubur susu jagung manis yang mampu melancarkan pencernaan si kecil. Cara membuat bubur  ini sangat mudah dan juga disukai oleh para bayi, Moms bisa mencampurkan jagung manis dengan asi. Selanjutnya kedua bahan ini dihancurkan dengan menggunakan blender dan jadilah bubur susu jagung manis yang lezat.

Itulah beberapa resep makanan mpasi  6 bulan mudah yang bisa Moms lakukan di rumah. Tidak perlu banyak bahan, Moms bisa membuat mpasi yang lezat dan tentunya mengandung banyak gizi dan nutrisi.

Leave a Comment