Selain makan buah, alternatif makanan bayi 7 bulan lainnya yang patut dicoba adalah ikan dan sayur. Dua bahan utama tersebut dapat diolah menjadi beragam menu buat si kecil. Yang terpenting adalah makanan olahan tersebut harus lembut agar mudah dikunyah dan dicerna oleh bayi.

Membuat Sendiri Makanan Bayi 7 Bulan

Bagi Moms yang ingin membuatkan anaknya MPASI dari bahan ikan dan sayur, simak kumpulan resep makanan bayi 7 bulan berikut ini.

1. Nasi tim sayuran

Untuk membuat MP ASI 7 bulan ini, bahan utama yang Moms butuhkan yaitu berbagai jenis sayuran. Mulai dari wortel sebanyak (1 buah), tomat (1 buah), jagung manis (1 buah), labu butternut (1/4 buah), brokoli (5 kuntum), dan daun seledri (1 batang).

Kemudian mulai masak bahan-bahan tersebut menjadi menu makanan bayi 7 bulan yang sehat. Pertama-tama, rebus beras dengan volume air sesuai takaran beras selama 20 menit. 

Parut semua bahan sayuran yang disiapkan tadi, kemudian blender semuanya. Setelah air mendidih, langsung campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam panci. Terakhir, saring nasi timnya dan tambahkan sedikit garam supaya lebih gurih.

2. Bubur Ikan Salmon

Resep makanan bayi 7 bulan yang kedua membutuhkan bahan utama ikan salmon segar. Sediakan bahan lain seperti beras (2 sdm), tomat cincang (1/2 buah), biji jagung matang (2 sdm), daun salam, seledri, wortel, dan ekstra virgin olive oil.

Setelah bahan-bahan baku telah disiapkan, kita mulai proses pembuatannya. Cuci dulu berasnya sampai bersih dan tambahkan air ke dalam slow cooker. Masukkan daun salam agar buburnya harum. 

Campurkan bahan-bahan lainnya ke dalam wadah dan aduk hingga merata. Tutup lagi slow cooker dan tunggu sampai bubur benar-benar. Baru setelah itu Moms bisa menambahkannya dengan ekstra virgin olive oil.

BACA JUGA: Resep Menu MP ASI 4 Bintang yang Paling Mudah

3. Bubur Beras Wortel

Sayuran berikutnya yang dapat Anda olah menjadi makanan bayi 7 bulan adalah wortel. Sediakan sebanyak 25 gram wortel yang sudah dipotong kecil-kecil. Siapkan pula 1 sdm beras putih (sudah direndam selama 3 jam), 250 ml air, dan 100 ml ASI/PASI.Langkah yang pertama adalah membuat buburnya. Aduk-aduk selama 10 menit sampai bubur benar-benar matang. Sebelumnya, Moms juga perlu merebus wortel terlebih dahulu selama 5 menit. Haluskan atau blender sebelum dicampurkan ke dalam bubur. Sebagai tambahan, campurkan ASI/PASI dan aduk hingga merata.

4. Nasi Ikan Kembung

Untuk menu kali ini Moms membutuhkan 2 sdm tepung beras merah dan ½ ekor ikan kembung sebagai bahan utamanya. Sebagai tambahan siapkan juga ½ bungkus tahu sutra, bawang putih yang dicincang kasar, daun salam, dan UB (Elle Vire).

Rebus dan kukus dulu semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Masak tepung beras merah sampai matang, kukus tahu sutra, wortel dan ikan. Khusus ikan kembung (harus sudah di-fillet), kukus di panci yang terpisah. Sebelumnya, pastikan ikan sudah dibumbui dengan daun salam dan bawang.

Haluskan wortel dan tahu sutera. Kemudian segera buang duri-duri ikannya, potong kecil-kecil dan taburkan ke atas bubur beras merahnya. Jika porsinya terlalu banyak, Moms bisa membaginya menjadi dua mangkuk untuk makan di kesempatan lain.

Membuat makanan bayi 7 bulan dari bahan ikan dan sayuran mungkin terasa mudah. Namun, sebelum mulai mengolah, Moms harus tahu dulu jenis-jenis ikan apa yang aman bagi Si Kecil. Ketahui juga bagaimana cara mengolah resep ikan dan sayuran agar menjadi MPASI yang sehat dan bergizi.

Leave a Comment