Moms pasti sudah pernah mendengar WHO yang merupakan bentukan PBB dan menangani dalam bidang kesehatan secara internasional. Organisasi kesehatan internasional tersebut tersebut juga menangani dalam bidang kesehatan bayi, termasuk menu MPASI menurut WHO.

Pastinya WHO tidak menjelaskan makanan apa secara spesifik, tetapi makanan MPASI yang baik adalah yang lembut dan tidak menyebabkan tersedak. Selain itu, menu MPASI tersebut harus memenuhi aspek gizi guna kelancaran tumbuh kembang anak dimulai usia 6 bulan. Moms yang penasaran dengan menu apa saja itu, bisa simak berikut ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu MPASI dr. Tiwi dan Cara Penyajiannya untuk Si Kecil

1. Kukusan Apel

Moms pasti sudah menyadari bahwa diversifikasi pangan untuk bayi Moms juga penting. Itulah mengapa Moms juga perlu untuk memperkenalkan buah-buahan kepada bayi sebagai menu MPASI mereka. Menu MPASI menurut ahli gizi yang ada di WHO ini juga sangat disarankan. Misalkan saja, kukusan apel yang dilembutkan.

Bahan:

  • 1 buah apel (sebaiknya buah lokal dan sudah dicuci sampai bersih)
  • Air secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara Membuat:

Hilangkan bagian kulit dari apel dan potong-potong dengan bentuk dadu. Masukkan potongan dadu dari apel yang sudah disiapkan ke dalam panci berisikan air mendidih. Angkat apel setelah mudah dilunakkan. Masukkan kukusan apel ke dalam mixer dan tambahkan dengan air.

Saring dengan ukuran lubang yang tidak terlalu kecil, sehingga tidak membuang seluruh serat yang ada. Campur dengan madu secukupnya. Kukusan apel siap untuk disajikan.

2. Smoothies Pisang dan Alpukat

menu mpasi menurut who

Buah-buahan yang juga bisa diperkenalkan kepada bayi Moms sebagai menu MPASI dalam 1 minggu adalah smoothies pisang dan alpukat. Kedua jenis buah ini sangat kaya akan mineral, serat, karbohidrat, dan vitamin yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Seluruh bahan dan cara membuatnya akan bisa disimak berikut ini.

Bahan:

  • 1 buah pisang (sebaiknya pisang lokal, agar tidak mengandung banyak pestisida, pengawet, dan juga rekayasa genetika)
  • Setengah buah alpukat
  • ASI maupun susu formula secukupnya

Cara Membuat:

Moms perlu untuk mencuci pisang dan juga alpukat. Kupas semua kulit pisang maupun alpukat. Serut daging alpukat dan letakkan ke dalam blender. Selanjutnya, masukkan buah pisang yang dipotong-potong kecil ke dalam blender. Tambahkan ASI maupun susu formula. Nyalakan blender dan tuangkan ke dalam mangkuk. Menu MPASI smoothies siap disajikan.

3. Bubur Jagung Manis dan Bayam

Moms perlu untuk menjadi kreatif dalam membuat menu MPASI guna menutrisi tubuh bayi Moms. Caranya adalah dengan menggunakan panduan makanan menu MPASI menurut WHO 2018. Salah satu menu yang bisa dipraktekkan adalah bubur jagung manis dan bayam. Menu ini juga lengkap akan karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat.

Untuk memberikan tambahan nutrisi berupa protein, Moms bisa menambahkan dengan taburan keju diatas bubur tersebut. Menu ini akan memenuhi kebutuhan bayi Moms akan zat besi juga lho. Moms disarankan untuk tidak menyaring di akhir proses, agar serat masih terkandung dalam menu MPASI tersebut dan melancarkan pencernaan bayi.

Bahan:

  • Satu buah jagung manis yang sudah dipisah dari kulitnya
  • 10 lembar daun bayam
  • Air secukupnya
  • 1 sdm keju parut

Cara Membuat:

Moms perlu untuk mencuci jagung manis dan bayam sampai benar-benar bersih. Rebus atau kukus keduanya sampai mengeluarkan bau yang khas dan empuk saat ditusuk menggunakan garpu. Serut jagung yang sudah lunak.

Masukkan serutan jagung ke dalam panci berisi air dan panaskan sampai mendidih. Masukkan bayam saat sudah mendidih. Blender sampai halus dan sajikan.

Sekarang Moms sudah mengerti kriteria menu MPASI menurut WHO yang baik bukan? Moms bisa menerapkannya sebagai salah satu menu selingan. 

Leave a Comment