Apakah Moms tengah hamil muda? Ini tentu merupakan kabar gembira bagi Moms dan suami. Hal yang harus Moms persiapkan adalah makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Apa yang Moms konsumsi adalah sumber gizi bagi janin di dalam perut. Mau tahu apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan hingga tiga bulan? Simak informasi lengkapnya di sini.

Daging Merah

Daging merah sudah terkenal sebagai sumber makanan dengan kekayaan protein. Itulah alasan mengapa ibu hamil disarankan buat mengonsumsi daging merah. Protein berfungsi untuk memperkuat janin, mengoptimalkan pertumbuhan janin, dan membuat ibu hamil jadi lebih kuat.

Ketika hamil ada perubahan hormon yang membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah, suasana hati gampang naik turun dan tentu saja membuat Moms jadi sering merasakan mual.

Konsumsi daging merah akan memberikan tenaga dan membuat Moms selalu siap buat beraktivitas setiap hari. Pastikan bahwa makanan sehat ini sudah dicuci bersih sebelum diolah ya.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

Ikan-ikanan

Ikan-ikanan dipercaya sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik bagi manusia. Bahkan ada yang bilang bahwa ikan-ikanan bisa membuat perkembangan otak janin menjadi optimal dan membuat anak menjadi cerdas.

Pendapat bahwa ikan adalah makanan ibu hamil muda agar anak cerdas bukan mitos belaka kok. Nyatanya, rajin mengonsumsi ikan dapat meningkatkan fokus kita serta membuat otak tidak mudah lelah.

Jadi, ketika sedang hamil muda, rajinlah untuk konsumsi ikan secara rutin. Namun harus diingat ya Moms, sebaiknya hindari ikan yang masih mentah. 

Pasalnya, ikan yang mentah mengandung bakteri berbahaya bagi janin. Masak matang-matang ikan yang akan Moms konsumsi supaya tidak berbahaya ya.

Kacang-kacangan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Kacang-kacangan merupakan makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang-kacangan mengandung protein tinggi dan sudah tentu juga memiliki kadar asam folat yang sesuai buat kebutuhan ibu hamil.

Apa yang istimewa dari asam folat? Mengapa zat yang satu ini selalu ada dalam suplemen ibu hamil atau susu untuk ibu hamil? Rupanya asam folat merupakan zat yang bisa benar-benar mengoptimalkan pertumbuhan janin dan juga membuat janin menjadi lebih kuat. Asam folat mencegah risiko keguguran dan juga preeklamsia pada ibu hamil.

BACA JUGA: Biar Janin Sehat, Berikut Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Susu

Susu juga merupakan menu makanan sehat untuk ibu hamil. Susu memperkuat dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin. Bukan hanya itu saja lho Moms. Susu juga bisa memperkuat tulang Moms dan akan membuat tulang menjadi tidak mudah rapuh.

Perlu diketahui bahwa saat hamil, Moms akan membawa beban yang berat di bagian perut dan hal tersebut membutuhkan kerja keras tulang. Jadi, jika tulang tidak diberi nutrisi yang cukup, maka tubuh akan mudah lelah dan tulang pun akan menjadi lekas rapuh di masa tua nanti

Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan makanan untuk ibu hamil muda agar tidak mual. Tidak hanya itu saja Moms. Buah-buahan juga bisa memberikan vitamin-vitamin yang meningkatkan kekebalan tubuh Moms dan janin.

Konsumsi buah-buahan yang segar dan hindari buah yang busuk, ya. Moms juga bisa membuat salad buah apabila menginginkan variasi makanan yang lebih lezat.

Itulah Moms makanan sehat yang dianjurkan buat Moms setiap hari. Konsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin ya Moms.

Masa kehamilan tidak bisa diulang. Optimalkan masa ini dengan makanan sehat untuk ibu hamil muda, karena manfaatnya akan terasa bahkan hingga buah hati sudah lahir.

Leave a Comment