Saat sudah memasuki masa kehamilan, setiap ibu pasti menginginkan asupan yang terbaik untuk janin agar dapat tumbuh dengan baik. Meskipun sebelum hamil, Moms tidak menyukai makanan yang sehat, saat hamil Moms harus mengonsumsinya agar lebih sehat seperti buah delima. Hal ini karena manfaat buah delima untuk ibu hamil sangat banyak. 

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil 

Berasal dari Iran, buah delima ini sering dianggap sebagai buah penting dan banyak dikonsumsi sebagai obat. Bagi Moms yang sedang hamil, buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima untuk ibu hamil yang harus Moms tahu!

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Ibu dan Bayi

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah delima baik untuk membuat sistem imun ibu dan bayi semakin kuat. Dengan sistem imunitas yang kuat, Moms akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu vitamin C juga penting untuk membantu proses pembentukan darah bayi selama dalam kandungan ibu. Moms bisa lebih sehat dan lebih siap menyambut proses persalinan. 

BACA JUGA: 6 Sumber Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil yang Aman & Sehat

2. Baik untuk Perkembangan Otak Bayi

Ternyata jus buah delima untuk ibu hamil baik juga untuk perkembangan otak bayi. Dalam buah delima terdapat kandungan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Jika Moms rajin mengonsumsi jus buah delima, hal ini juga akan mengurangi risiko Moms melahirkan bayi yang cacat. Tentu Moms ingin anak Moms lahir dengan sehat dan normal.

3. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi Bayi

Dalam proses pembentukan tulang, nutrisi yang dibutuhkan diantaranya ialah mineral seperti fosfor dan kalsium. Kandungan buah delima diantaranya ialah mineral yang memang sangat dibutuhkan untuk membuat tulang dan gigi menjadi kuat. Manfaat buah delima untuk ibu hamil bisa mengurangi risiko bayi terlahir dengan kelainan tulang jika dikonsumsi rutin.

BACA JUGA: Makanan Pengganti Nasi Ibu Hamil Biar Nutrisi Tetap Terjaga

4. Mengurangi Pendarahan Saat Proses Melahirkan

Saat Moms sudah memasuki waktu menjelang melahirkan, Moms mungkin akan mengalami banyak pendarahan. Namun, dengan mengonsumsi buah delima ini mampu mengurangi pendarahan saat Moms melahirkan nanti. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang tinggi dalam buah ini  mampu mengurangi risiko pendarahan bagi ibu hamil yang akan menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan. 

5. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu kandungan yang cukup tinggi yang ada dalam buah delima ialah antioksidan dan flavonoid. Kedua kandungan ini mampu membuat tubuh Moms memiliki sistem kekebalan yang kuat serta mencegah adanya sel sel jahat yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, antioksidan ini juga mampu menjaga organ reproduksi. Tak heran, banyak orang percaya buah delima untuk program hamil dapat membantu pasangan memiliki anak.

Bagaimana, apakah Moms sudah menjaga makanan Moms selama masa kehamilan? Tentu Moms ingin agar proses kehamilan Moms berjalan baik dan janin yang ada dalam kandungan tumbuh dengan baik. Selain itu, saat proses persalinan Moms juga memiliki fisik yang kuat dan sehat serta dapat melahirkan anak yang sehat pula. 

Ternyata manfaat buah delima untuk ibu hamil dapat membantu Moms menjadi lebih sehat.  Buah ini memang tidak memiliki daging tetapi biji yang bisa dikonsumsi. Moms juga bisa membuat jus delima yang memiliki rasa yang nikmat serta kandungan gizi yang tinggi. Demi kesehatan Moms dan bayi, jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan buat ibu hamil ya.

Leave a Comment