Hallo, Moms. Tahu tidak? Ternyata, kandungan nutrisi yang baik pada makanan sangat penting bagi penderita kanker, lo. Nutrisi yang terkandung dalam makanan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk orang sakit secara menyeluruh. Untuk itu, konsumsi makanan sehat penderita kanker ini sangat diperlukan.

Makanan sehat yang bernutrisi sangat berpengaruh bagi penderita kanker. Selain membuat tubuh merasa lebih baik, makanan yang kaya akan nutrisi ternyata juga bisa membantu menurunkan risiko infeksi. Makanan-makanan ini juga dapat membantu proses pemulihan setelah pengobatan kanker.

makanan sehat penderita kanker

Asupan Makanan Sehat Penderita Kanker

Kandungan nutrisi makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kanker adalah makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral. Nah, diet gula untuk kanker ini tidak dianjurkan ya, Moms. Sebab, penderita kanker justru membutuhkan asupan karbohidrat yang tinggi. Berikut ini adalah berbagai makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kanker. 

Wortel

Makanan  yang satu ini memang memiliki nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam buah wortel dipercaya mampu membunuh sel kanker dalam tubuh sedikit demi sedikit.

Bahkan, para dokter pun mengatakan jika wortel merupakan makanan terbaik untuk penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Tak hanya itu, wortel juga dapat Moms jadikan sebagai jus pencegah kanker.

Biji-bijian

Biji-bijian ternyata juga menjadi salah satu makanan penting bagi penderita kanker. Nutrisi yang dimilikinya membuat sistem pencernaan penderita kanker tetap sehat dan meminimalisir terjadinya masalah pada pencernaannya. Kacang-kacangan tersebut antara lain seperti polong, kedelai, buah kering, dan sereal.

Bawang

Siapa yang menyangka jika salah satu bumbu dapur ini ternyata memiliki khasiat lebih bagi penderita kanker? Antioksidan yang terdapat pada bawang bermanfaat baik dalam meningkatkan daya tahan dan menjaga stamina tubuh. Kandungan pada bawang juga dipercaya mampu membunuh sel kanker secara perlahan.

Makanan berkuah

Salah satu efek yang ditimbulkan dari kemoterapi adalah pasien yang cenderung mengalami bibir dan gusi yang kering serta mudah terluka. Untuk itu, makanan berkuah dianjurkan dikonsumsi bagi para penderita kanker. Hal ini bertujuan agar kesehatan mulut pasien tetap terjaga dan lembab selama menjalani kemoterapi.

Brokoli

Moms, ternyata Brokoli menjadi salah satu sayur yang dapat membuat Moms sehat dari kanker, lo. Hal ini karena nutrisi, vitamin, dan kandungan lain yang terdapat pada brokoli dapat membunuh sel kanker. Lebih jauh, manfaat yang diperoleh dari brokoli adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh dan mencegah risiko terkena penyakit yang lebih mematikan.

Kembang kol

Cauliflower atau yang biasa kita sebut dengan kembang kol ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan potassium, mineral, serat, dan banyak vitamin lainnya juga turut berperan penting dalam diet melawan kanker. Mirip dengan brokoli, kembang kol juga memiliki sulforaphane atau senyawa anti kanker.

Jahe

Tahu nggak, Moms? Ternyata, jahe merupakan salah satu makanan yang memiliki sifat anti kanker, lo. Bahkan, jahe juga memiliki manfaat membunuh tumor secara signifikan. Menurut para peneliti, senyawa alami yang dimiliki jahe gingerol, paradol, zerumbone, dan shogaol lah yang membuat jahe memiliki sifat anti kanker.

Ubi jalar

Siapa nih di sini yang suka makan ubi? Apakah Moms tahu? Ternyata ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat dan antioksidan yang tinggi, lo. Kedua kandungan ini dapat mencegah timbulnya sel penyebab kanker. 

Makanan yang memiliki kadar nutrisi yang tinggi memang sangat bagus untuk kesehatan. Seorang penderita kanker, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat penderita kanker. Sumber nutrisi utama penderita kanker ini dapat diperoleh dari makanan-makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Leave a Comment