Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh wanita untuk menunda kehamilan adalah dengan menggunakan KB. Namun, ternyata KB tidak bisa menutup kemungkinan seorang wanita tidak bisa hamil terlebih apabila Moms tidak melakukan suntik KB sesuai jadwal. Bisa saja wanita tetap dapat hamil, biasanya Moms akan mengalami tanda kehamilan saat KB

Tidak ada KB yang dapat melindungi secara penuh agar wanita tidak bisa hamil, namun kemungkinan wanita akan lebih rendah jika melakukan KB secara rutin dan sesuai prosedur. Namun jika tidak sesuai dengan prosedur dan jadwal, tanda kb suntik gagal bisa saja terjadi dan seorang wanita tetap bisa hamil.

Kenali Tanda Kehamilan Saat KB 

Biasanya, para contoh hamil tanpa gejala dialami oleh wanita yang memasang KB namun ternyata tetap hamil. Bahkan diantaranya baru menyadari sedang hamil saat usia kandungan sudah memasuki usia cukup besar. Untuk mengatasi hal ini Moms harus mengetahui apa saja tanda tanda kehamilan saat menggunakan KB. Berikut ini ialah gejala gejala dan tanda yang dapat mengindikasikan wanita sedang hamil. 

  • Mual dan Muntah

Salah satu hal yang biasa dialami oleh para wanita hamil ialah mengalami mual dan muntah yang berlebihan, terutama saat masa awal kehamilan. Bagi Moms yang menggunakan KB akan mengalami mual dan muntah yang lebih parah dibandingkan dengan ibu lain yang tidak menggunakan KB. Jadi, perhatikan kondisi tubuh apakah frekuensi mual dan muntah sudah tidak wajar dan berlangsung setiap hari lalu lakukan tes kehamilan. 

  • Nyeri Pada Payudara
tanda kehamilan saat kb

Tanda tanda hamil berikutnya yang harus diketahui oleh setiap wanita adalah adanya perubahan pada bentuk dan ukuran payudara. Selain itu rasa nyeri pada payudara juga akan terasa lebih cepat di awal masa kehamilan pada wanita yang menggunakan KB. Hal ini dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh yang sangat cepat dan membuat tubuh mempersiapkan kehamilan dengan lebih cepat. 

  • Implantasi

Setiap ibu hamil bisa saja mengalami tanda implantasi saat awal kehamilannya, namun pada ibu yang menggunakan KB implantasi berupa flek bercak darah akan lebih cepat terjadi. Hal ini mengatakan bahwa embrio sudah siap tumbuh menjadi janin dalam rahim ibu. Jika sudah terjadi bercak darah, Moms disarankan untuk melakukan tes kehamilan secepat mungkin.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Efek Samping Suntik KB

  • Cepat Lelah

Apabila seorang wanita menggunakan KB IUD, saat mereka hamil maka akan lebih cepat mengalami lelah meskipun tidak mengerjakan hal hal yang berat. Adanya IUD dalam tubuh akan membuat kadar gula dalam tubuh berkurang dan jumlah sel darah merah bertumbuh cepat namun tak dapat direspon baik oleh tubuh. Jika Moms merasa lelah setiap saat segera konsultasikan kondisi ini ke dokter. 

  • Tidak Mengalami Menstruasi

Memang penggunaan KB akan mempengaruhi siklus menstruasi, namun bukan berarti Moms tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu yang lama. Jika waktu menstruasi sebenarnya sudah terlewat dalam jangka waktu yang lama segera lakukan tes kehamilan dan cari tahu apakah Moms hamil atau tidak. 

Itulah beberapa tanda kehamilan saat KB yang bisa menjadi indikator apakah Moms hamil meskipun telah menggunakan KB. Meskipun menggunakan KB, namun peluang untuk tetap hamil masih ada terutama jika Moms tidak teratur dalam melakukan KB. Oleh karena itu, jika memang ingin menunda kehamilan pastikan semua prosedur KB dilakukan dengan benar dan jangan pernah melewatkan jadwal penyuntikan KB.

Leave a Comment