Kehamilan menjadi satu kondisi yang perlu Moms perhatikan, termasuk obat-obatan yang akan Anda konsumsi. Ketika Moms mengalami radang tenggorokan, pastinya Moms akan merasa kesakitan saat menelan hingga kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi obat yang aman untuk ibu hamil. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan yang aman untuk ibu hamil.

BACA JUGA: Kenali Gejala Infeksi Tenggorokan & Penyebabnya Sebelum Lebih Parah

Daftar Obat Radang Tenggorokan Alami Bagi Ibu Hamil

Saat hamil tentunya Moms akan lebih berhati-hati dengan apa yang akan Moms konsumsi. Begitu pula ketika Moms terserang radang tenggorokan, sebaiknya Moms tidak mengonsumsi sembarangan obat karena bisa berpengaruh pada perkembangan janin. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi beberapa obat alami yang mudah Moms temukan di rumah.

Memperbanyak Minum Air Putih

Saat hamil ada baiknya Moms memperbanyak konsumsi air putih. Selain dapat mencegah dehidrasi, air putih ternyata mampu membantu meringankan gejala radang tenggorokan. Dengan mengonsumsi air putih lebih banyak akan membantu mempercepat radang tenggorokan yang sedang Moms alami.

Meskipun memperbanyak konsumsi air putih sangatlah dianjurkan, ada baiknya Moms tidak mengonsumsi air putih dalam keadaan dingin. Hal ini dikarenakan minuman dingin dapat memperparah radang tenggorokan yang sedang Moms alami. Jadi, hindari minum air putih dingin ya Moms?

Mengonsumsi Sup Hangat

Obat Radang Tenggorokan

Sup dalam kondisi hangat dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Moms bisa membuatnya sendiri dan memasukkan beberapa sayuran dan protein hewani untuk menunjang nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selain dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh, ternyata konsumsi sup hangat dapat membantu melegakan dan membuat nyaman tenggorokan. 

BACA JUGA: Jangan Bingung, Ini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Konsumsi Teh Jahe

Untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, Moms bisa menggunakan jahe sebagai obat radang tenggorokan. Jahe memiliki zat anti jamur dan anti bakteri yang dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Untuk mengonsumsinya, Moms cukup memasukkan satu ruas jahe ke dalam segelas teh. Agar manfaat dari minuman herbal ini lebih terasa, ada baiknya Moms mengonsumsinya dalam keadaan hangat.

Konsumsi Teh Lemon Madu

Selain mengonsumsi teh jahe, Moms juga bisa mengonsumsi teh lemon madu. Minuman ini dapat mengurangi peradangan di dalam tenggorokan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan madu yang memiliki kandungan zat anti inflamasi. Selain itu, adanya kandungan lemon dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Moms hanya perlu menambahkan madu ke dalam segelas teh. Ada baiknya Moms menghindari menambahkan gula pada teh setelah dicampur dengan madu. Untuk menambah rasa segar pada minuman, masukkan potongan lemon ke dalam campuran teh dan madu.

BACA JUGA: Ini yang Bisa Moms Lakukan, Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Bayi

Berkumur dengan Air Garam

Jika saat hamil Moms merasa malas untuk membuat minuman herbal untuk meredakan radang tenggorokan, Moms bisa menggunakan air garam untuk berkumur. Meskipun cukup sederhana, ternyata cara ini cukup efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Penggunaan garam untuk berkumur dapat membantu melawan bakteri yang ada di tenggorokan.

Cara untuk membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan garam ke dalam air yang masak. Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya Moms rutin berkumur menggunakan air garam setidaknya tiga kali dalam sehari. Selain itu, Moms juga harus menghindari menelan air garam untuk mengurangi risiko hipertensi saat hamil.

Dengan mengetahui obat radang tenggorokan yang aman selama hamil dapat membantu Moms mempercepat kesembuhan. Cukup mudah kan Moms untuk mengobati radang tenggorokan? Semoga cara di atas dapat membantumu Moms.

Leave a Comment