Masyarakat saat ini cenderung kurang peduli dengan pola makan sehat setiap hari. Mereka cenderung sangat menyukai gorengan dan juga junk food yang masuk dalam makanan rendah serat, vitamin, dan mineral. Saat Moms dan keluarga punya kebiasaan ini, perlu untuk mengubahnya untuk menghindari berbagai jenis kanker di perut.

Beberapa gejala kanker di perut yang paling sering muncul adalah mual, mules, alami berbagai gangguan pencernaan dan nafsu makan berkurang. Saat kanker tersebut menjadi semakin ganas, maka pasien akan mengalami pembengkakan perut, mual, muntah, dan lain-lain.

jenis kanker di perut

Beberapa jenis dari kanker perut bisa Moms simak berikut ini.

1. Kanker Lambung

Salah satu jenis kanker perut yang pertama adalah kanker lambung. Kanker ini terjadi saat adanya perubahan genetika yang terjadi di lambung. Akibat dari perubahan genetika tersebut, maka sel tumbuh abnormal dan biasanya tidak terkendali serta berubah menjadi kanker.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kanker di bagian lambung, seperti merokok, faktor usia, adanya riwayat kanker pada keluarga, dan pernah menjalani operasi di lambung. Kanker lambung juga bisa ditimbulkan akibat pola konsumsi makanan yang tidak baik.

Beberapa makanan yang dapat meningkatkan potensi terkena kanker lambung adalah sering makan daging olahan, makan makanan olahan yang juga tinggi garam, suka makan makanan yang dibakar, dan makan makanan beralkohol. Pencegahan kanker lambung bisa dengan makan sayur dan buah setiap hari.

Beberapa tanda dari terjangkitnya kanker lambung adalah ulu hati terasa nyeri, sering mual dan muntah, asam lambung sering naik, muntah darah, feses berubah menjadi hitam, dan penurunan berat badan drastis. Kanker ini bisa disembuhkan dengan jalan operasi dan radioterapi.

2. Kanker Usus Halus

Salah satu jenis kanker yang ada di perut adalah kanker usus halus. Padahal bagian ini memiliki fungsi untuk melakukan penyerapan gizi pada makanan yang sudah pasti sangat diperlukan tubuh. Kanker ini bisa tumbuh di bagian usus halus yang bernama duodenum, jejunum, dan ileum.

Kanker ini bisa disebabkan oleh faktor usia yang sudah lanjut (di atas 60 tahun), faktor genetika, makanan yang berlemak, merokok, minum alkohol, dan bekerja di tempat yang banyak mengandung asam fenoksiasetat. Pertanda dari kanker ini adalah mual, muntah, kram perut, perut kembung, anemia, diare, dan tumbuh benjolan di perut.

3. Kanker Usus Besar

Kanker terakhir yang timbul di perut adalah kanker usus besar. Kanker perut yang satu ini biasa muncul pada orang yang memiliki pola makan yang tidak sehat, jarang berolahraga, gemar merokok, dan juga suka minum alkohol. Faktor lain yang bisa memicu pertumbuhan dari kanker ini adalah adanya polip usus dan juga faktor usia di atas 50.

Tanda dari kanker usus besar adalah diare, sembelit, perut kembung, kram perut, bab berdarah, mudah lelah, dan penurunan berat badan drastis. Kanker di perut ini bisa menyebar ke berbagai jaringan lainnya. Saat sudah menyebar pasien akan memiliki berbagai macam gejala, seperti sakit kuning, pandangan kabur, dan sesak napas.

Setidaknya ada tiga jenis kanker di perut yang perlu untuk Moms hindari. Usahakan untuk selalu memberikan pola makan sehat untuk keluarga. Ajak seluruh keluarga untuk menerapkan olahraga setiap seminggu sekali.  

Leave a Comment