Hasrat turunkan berat badan saat menyusui memang bikin serba salah ya Moms. Di satu sisi, tubuh butuh banyak nutrisi untuk hasilkan ASI berkualitas buat sang buah hati. Di sisi lain, badan tak ideal bikin diri makin tak pede. Tapi jangan khawatir, yuk simak bersama beberapa tips menurunkan berat badan bagi ibu menyusui berikut ini. 

BACA JUGA: Bahaya Berat Badan Berlebih, Hati-hati Terserang 8 Penyakit Ini!

Diet Boleh, Ketat Jangan

Ambisi mengembalikan berat badan ideal sering bikin banyak ibu menyusui mengurangi porsi makanan secara drastis. Padahal ini adalah langkah keliru Moms. Semasa menyusui, tubuh justru butuh banyak asupan nutrisi dan gizi untuk hasilkan air susu berkualitas.

Jika memang tidak ingin banyak makan, sebaiknya lakukan pengurangan secara bertahap. Terpenting, selalu jaga asupan kalori agar tak sampai berada di bawah angka 1800. Pastikan juga untuk mengonsumsi zat-zat yang berguna untuk tumbuh kembang anak, seperti kalsium, asam folat, zat besi, protein, serta vitamin c. 

Intinya, jangan terburu-buru Moms. Sebisa mungkin tunggu hingga kondisi bayi dan produksi ASI stabil, sekitar 1-2 bulan, sebelum mulai menjajal diet yang lebih ketat. 

Pantang Stop Menyusui

Jangan sampai coba untuk berhenti menyusui ya Moms. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa rutin memberikan ASI pada bayi selama enam bulan pasca melahirkan bisa membantu mengembalikan berat badan lho. Jadi jangan sampai membatasi aktivitas menyusui sebab manfaatnya sangat baik untuk ibu maupun anak

Rajin Minum Air Putih

Selain mencegah dehidrasi dan sembelit, rajin minum air putih juga efektif menghilangkan lapar ‘palsu’. Perut jadi tak mudah lapar karena tubuh merasakan sensasi terus ‘diisi’. Hasrat nyemil jadi berkurang, sehingga berat badan tetap terkontrol selama masa menyusui. 

Kebutuhan air bisa dilihat dari urin. Jika warnanya nampak pekat, itu tandanya Moms harus lebih rajin minum. Oleh karena itu, selalu sediakan botol air putih di tempat yang mudah dijangkau. Konsumsi setidaknya delapan gelas sehari demi merasakan tubuh lebih segar dan bugar. 

Oh ya, jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein maupun soda ya Moms. Hal ini dapat mendorong tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak. 

BACA JUGA: Bayi Lahir Sehat, 8 Makanan Kaya Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Moms

Sedikit Tapi Sering

Bagi ibu menyusui, mengurangi porsi makan bukan cara diet yang bijak, kecuali diimbangi dengan peningkatan frekuensi. Dengan kata lain, Moms diperkenankan meminimalisir porsi, asalkan makan lebih sering. Cara ini akan membuat perut kenyang sepanjang waktu, sekaligus memberi kesempatan untuk mengontrol berat badan. Tak hanya itu, kebutuhan nutrisi dan kalori juga bakal terpenuhi. 

Memilih jarang makan justru akan fatal karena perut bakal terus-menerus merasa lapar. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan jeda makan yang terlalu lama akan mengganggu produksi ASI pada ibu hamil. Nah lho tidak mau seperti ini kan Moms? 

Olahraga Teratur

Jangan cuma sekedar mengurangi makan ya Moms. Diet yang baik wajib diimbangi dengan olahraga. Aktivitas fisik teratur juga bisa membantu mengurangi berat badan dan stress. Istirahat pun jadi bakal lebih berkualitas. 

Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan mudah dilakukan. Moms bisa coba berjalan kaki keliling taman atau komplek rumah sambil mendorong kereta bayi. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit sehari. Lakukan dengan rutin untuk merasakan efeknya. 

Istirahat Cukup

Tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik dan mental, istirahat berkualitas dengan jumlah cukup juga punya pengaruh besar dalam menurunkan berat badan Moms. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui yang beristirahat tujuh jam sehari, memiliki berat badan lebih ideal dibanding mereka yang hanya tidur kurang lebih lima jam dalam sehari. 

Kesimpulan itu tidak diambil secara asal ya Moms. Ketika tubuh kurang istirahat, otomatis rasa stress bisa timbul. Hal ini kadang memicu rasa lapar yang tak terkendali. Jika sudah demikian, sering sekali kita menyantap jajanan atau masakan yang sebenarnya kurang sehat untuk tubuh. 

Itulah beberapa tips diet untuk ibu menyusui yang bisa Moms coba di rumah. Seberapa besar pun ambisi meraih berat badan ideal, jangan sampai melupakan pentingnya tumbuh kembang si kecil ya. Selamat mencoba. 

Leave a Comment