Kanker memang merupakan salah satu penyakit momok yang ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya proses penyembuhan yang susah dan identic dengan harga yang mahal untuk bisa disembuhkan. Ada banyak jenis kanker limfoma yang Moms bisa ketahui. Sebagian besar kanker ini juga bisa dicegah, sehingga Moms harus menerapkannya.

Beberapa upaya untuk bisa mencegah kanker limfoma adalah dengan melakukan olahraga secara rutin dan menerapkan budaya hidup sehat. Jauhkan diri dari makanan junk food dan perbanyak jalan maupun berenang bisa menjadi upaya pencegahan. Beberapa jenis dari kanker limfoma bisa Moms simak berikut ini.

1. Kanker Limfoma Non-Hodgkin

Tipe Kanker Limfoma

Sebagian orang awam tidak mengetahui bahwa apa itu kanker limfoma dan apa saja jenisnya. Ada jenis dari kanker limfoma ini yang berbahaya dan ada yang tidak. Salah satu jenis dari kanker yang tidak terlalu ganas adalah kanker Limfoma Non-Hodgkin. Kanker ini tidak memiliki sel yang biasa disebut dengan Reed Sternberg (RS).

Sebagian besar orang yang menderita kanker limfoma terkena jenis Non-Hodgkin ini. Jenis ini sendiri memiliki beberapa sub jenis yang bisa dilihat berikut ini:

  • Sel B

Salah satu sub jenis dari kanker Limfoma Non-Hodgkin menyerang sel B. Penyakit subjenis ini biasa disebut dengan nama Diffuse Large B-cell Lymphoma (DLBCL). Tipe sub jenis masuk dalam kategori yang paling ganas dibandingkan dengan sub jenis yang lain. Sel B menjadi ganas dan lebih mudah menyebar, karena berkembang di dalam darah.

Pasien yang mengidap penyakit ini perlu untuk mendapatkan penanganan dengan segera. Penyebaran yang cepat membuat pasien yang mengidapnya bisa berpotensi meninggal.

  • Sel T

Sub jenis yang berikutnya dari Non-Hodgkin adalah sel T. Jumlah pasien yang menderita sub jenis ini hanya sekitar 15% dari pasien kanker limfoma Non-Hodgkin. Orang yang menderita penyakit sub jenis ini bisa disebabkan oleh kelainan genetika, terpapar virus Epstein-Barr, HIV, maupun terkena paparan bakteri Helicobacter pylori.

  • Burkitt’s Lymphoma

Sub kanker limfoma yang termasuk ganas lainnya adalah Burkitt’s Lymphoma. Jenis ini dapat berkembang dengan cepat dan sebagian besar menjangkiti pasien dengan kelainan autoimun.

  • Follicular Lymphoma

Sub jenis yang banyak menyerang pasien yang sudah berusia lanjut adalah Follicular Lymphoma. Sebagian besar penderitanya sudah berusia 60 tahun ke atas. Tipe ini memerlukan waktu yang paling lama untuk berkembang dibandingkan dengan sub jenis Non-Hodgkin lainnya.

BACA JUGA: Moms Wajib Tahu Tanda dan Gejala Kanker yang Bisa Dicek Sendiri Ini

2. Kanker Limfoma Limfoma Hodgkin

Ada sebagian orang awam yang masih belum mengerti apakah kanker limfoma berbahaya. Jawabannya sudah pasti sangat berbahaya, terutama untuk tipe Hodgkin. Jenis yang satu ini biasa menyerang bagian sel B yang berguna sebagai sel imunitas tubuh yang utama. Jenis ini masuk dalam kategori ganas.

Pasien yang mengalami penyakit jenis Hodgkin ini akan mengalami gejala kanker limfoma, seperti pembengkakan kelenjar leher, ketiak, dan pangkal paha. Gejala lain yang menyertai adalah kejang, tersumbatnya aliran urine, berat badan turun, dan lain sebagainya. Ada beberapa sub jenis dari limfoma Hodgkin, Moms bisa lihat di bawah ini.

  • Lymphocyte-depleted Hodgkin’s disease

Jenis Hodgkin yang paling langka adalah Lymphocytes-depleted Hodgkin’s disease dan hanya penderitanya berjumlah sekitar 1% dari seluruh kasus kanker limfoma. Sel kanker ini tetap menyerang secara agresif pada tubuh penderitanya dan sebagian besar penderitanya adalah pasien dengan HIV dan juga kelainan sistem imun.

  • Lymphocyte-rich Hodgkin’s disease

Jumlah penderita yang menderita kanker limfoma jenis ini sebesar 5%. Sebagian besar penderitanya juga dari kalangan pria. Kanker ini paling mudah deteksinya, sehingga ada banyak penderitanya yang berada di stadium awal.

  • Hodgkin dengan sel campuran

Sebagian besar dari orang yang menderita kanker Hodgkin mengalami sub jenis kanker campuran. Kanker ini lebih sering menyerang getah bening, sehingga sangat berbahaya bagi orang yang menderitanya.

Ada banyak sekali tipe kanker limfoma yang kini Moms sudah paham. Seluruh jenis kanker ini perlu untuk dicegah dengan jalan tidak berganti pasangan, sehingga tidak tertular HIV. Informasi ini bisa Moms sebarkan juga, sehingga orang menjadi lebih berhati-hati.

Leave a Comment