Moms, infeksi saluran kemih dapat terjadi ketika ditemui adanya kuman yang berkembang dan tumbuh pada saluran kemih. Biasanya, pengidap infeksi saluran kemih adalah wanita. Namun, ada sebagian kecil pria juga dapat mengalaminya. Lalu, bagaimana sih gejala infeksi saluran kemih pada pria?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gejala yang ditimbulkan ketika seseorang mengalami infeksi saluran kemih,  perlu Moms ketahui jika ternyata, penyebab infeksi saluran kemih pada pria dan wanita sebenarnya tidak jauh berbeda, lho. infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri. Seperti misalnya, Klebsiella pneumoniae, Escherichia coli, dan staphylococcus.  

Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Moms, infeksi yang terjadi di saluran kemih memiliki beberapa gejala. Namun, ternyata ciri-ciri kandung kemih bermasalah yang dialami oleh orang dewasa berbeda dengan gejala yang dialami oleh anak-anak, lho. Pada pria dewasa, gejala yang timbul adalah testis nyeri, terbakar, atau menyengat saat buang air kecil.

Biasanya, penderita akan mengalami demam atau tubuh terasa lemah. Selain itu, penderita juga akan merasakan nyeri di bagian perut atau punggung bagian bawah. Frekuensi buang air kecil juga akan meningkat karena kemih terasa penuh, tetapi dengan jumlah urine keluar yang sedikit.

Gejala lain yang timbul juga dapat dilihat dari urine yang keluar. Biasanya, terdapat darah di dalam urine atau hematuria. Bisa jadi urine akan berwarna lebih pekat, gelap, dan memiliki aroma yang kuat. Gejala infeksi saluran kemih pada anak biasanya ditandai dengan mengompol secara tak sengaja pada siang hari.

Nafsu makan anak berkurang, merasa lemas atau lelah, merasakan sakit saat buang air kecil, dan mudah marah. Nah, bagaimana cara mengobati infeksi saluran kemih pada pria? Simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA: Bukan Cuma Masa Subur dan Kehamilan Wanita, Simak Juga Masa Subur Pria

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Moms, infeksi saluran kemih yang terjadi pada pria ternyata jangan sampai diabaikan, lo. Jika tidak segera diobati, infeksi saluran kemih pada pria ternyata dapat menyebabkan prostat, epididimis, dan testis meradang yang berdampak pada kesuburan spermanya. Nah, berikut ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Perbanyak istirahat

Istirahat total dari berbagai aktivitas tertentu yang dapat memperparah keadaan ternyata sangat dianjurkan. Hindarkan aktivitas yang dapat menimbulkan panas dan lembab di area selangkangan. Selain itu, karena penyebab infeksi ini adalah bakteri, biasanya dokter akan menganjurkan untuk ‘’puasa seks’’ sampai infeksinya sembuh total.

Minum air putih

Dengan memperbanyak konsumsi air putih, diharapkan bakteri yang ada di saluran kemih akan terbilas dan terbawa keluar dari tubuh. Selain itu, juga dapat mengurangi adanya kemungkinan bakteri yang menempel di dinding sel-sel saluran kemih.

BACA JUGA: Calon Ayah Wajib Tahu! 10 Hal yang Bisa Membunuh Sperma

Minum vitamin C

Moms, selain berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Vitamin C ternyata juga dapat mempercepat proses penyembuhan infeksi saluran kemih, lo. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu meningkatkan kandungan asam pada urine.

Selain pengobatan di rumah secara mandiri, Moms dapat membeli infeksi saluran kemih di apotek. Pengobatan juga dapat dilakukan dengan dokter. Selain lebih baik, pengobatan dengan dokter juga akan lebih cepat dan dapat dipercaya. Pengobatannya seperti pemberian antibiotik dan operasi intervensi bedah.

Infeksi saluran kemih biasanya memang terjadi pada wanita, tetapi infeksi ini juga dapat menyerang pada pria. Infeksi ini terjadi ketika terdapat kuman yang tumbuh dan berkembang di saluran kemih. Gejala infeksi saluran kemih pada pria ini berbeda-beda tergantung usia penderitanya. Jika gejala di atas sudah terasa, segera periksa ke dokter, ya.

Leave a Comment