Beberapa tahun belakangan, Moms pasti sering melihat promosi penjualan garam Himalaya terbaik, terutama di internet. Garam yang digadang lebih baik dibandingkan garam dapur biasa ini juga tidak terbuat dari air laut sebagaimana garam biasa, melainkan dari mineral batuan. Dibentuk di kaki gunung Himalaya, sesuai namanya.

Kegunaan Garam Himalaya yang Jarang Orang Tahu

Secara fisik, garam Himalaya berbentuk kristal dengan warna pink. Tampilannya jelas lebih menarik dibandingkan garam dapur biasa meskipun tidak halus butirannya. Namun, apakah garam Himalaya dapat dikonsumsi? Moms, garam ini sudah terbukti aman sebagai penambah rasa masakan maupun difungsikan melalui cara yang lain, kok.

Sementara bicara soal khasiat, banyak sekali yang masih belum mengetahui bahwa garam Himalaya ini memiliki segudang manfaat. Umumnya yang digemborkan hanya untuk kecantikan, padahal dari sisi kesehatan pun garam Himalaya tidak kalah berkhasiat. Apa saja kegunaan dari garam Himalaya terbaik yang masih jarang diketahui khalayak luas?

BACA JUGA: 5 Manfaat Penting Garam Himalaya untuk Kecantikan, Moms Wajib Coba!

Meningkatkan Elektrolit Tubuh

Aktivitas padat dan menguras tenaga? Sedang bermasalah dengan diare? Moms bisa menjadikan garam Himalaya sebagai solusi. Sebab, garam ini dapat diminum bersama perasan jeruk nipis dan madu untuk membantu mengembalikan cairan elektrolit tubuh yang sudah terkuras. Jadi, tidak perlu mengonsumsi cairan isotonik dan cukup menggunakan air garam Himalaya saja.

Detoksifikasi Tubuh

Berendam dengan air garam Himalaya hangat tidak hanya membantu merelaksasi tubuh dan pikiran, tetapi juga memproduksi antioksidan alami yang menangkal radikal bebas. Disarankan untuk berendam minimal 30 menit. Jika tidak ingin berendam seluruh tubuh, Moms bisa merendam hanya bagian tubuh tertentu seperti telapak tangan dan kaki.

Meredakan Asam Lambung

Moms punya masalah tukak lambung? Garam Himalaya juga bisa menjadi obat alaminya, lho. Sebab, garam Himalaya memiliki kandungan zat antasida yang menetralisir keasaman lambung. Moms bisa mencampurkan dua sendok teh garam Himalaya dengan 200ml air hangat dan diminum saat asam lambung tengah kambuh.

Memproduksi Kolagen Alami

Dalam industri kecantikan, peran kolagen untuk membuat kulit sehat, kencang, dan cerah, tidak perlu diragukan. Tapi Moms pasti belum tahu bahwa garam Himalaya dapat memproduksi kolagen alami yang cukup sebagai terapi untuk kecantikan tersebut. Hanya dengan mencuci muka dengan air garam Himalaya terbaik saja, lho!

BACA JUGA: Sudahkah Moms Tahu Manfaat Buah Bit untuk Bayi?

Mengapa Garam Himalaya Diklaim Lebih Sehat Dibandingkan Garam Biasa?

Garam Himalaya Terbaik

Apa iya garam Himalaya memang memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan garam dapur biasa? Pertanyaan tersebut masih sering dilontarkan meskipun telah banyak pengujian medis yang mengonfirmasi manfaat garam berwarna pink ini. Jadi Moms, bukan tanpa alasan garam Himalaya diklaim lebih sehat bila dibandingkan garam biasa.

Pertama, garam dapur melalui proses pemurnian agar tampilannya bisa menarik, Moms. Sedangkan garam Himalaya tidak. Jadi, ketika kristalan garam sudah terbentuk, garam Himalaya langsung dipanen oleh petaninya. Pemurnian garam sendiri menggunakan campuran zat kimia yang memang tidak berbahaya, namun otomatis mengurangi kandungan nutrisinya.

Kedua, dari zat yang dikandungnya, Moms. Jika garam biasa memiliki kandungan natrium lebih tinggi, garam Himalaya lebih banyak mengandung zat besi. Manfaat dari zat besi sendiri sudah sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Sebab itulah garam Himalaya disebut memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan garam biasa.Jadi, jangan ragu mengonsumsi atau menggunakan garam Himalaya terbaik dalam kegiatan sehari-hari ya, Moms.

Garam Himalaya biasanya tidak masuk ke pasar tradisional atau minimarket. Sehingga Moms harus membelinya di supermarket atau melalui online. Tenang saja, soal harga masih terjangkau, terutama mengingat khasiatnya yang sangat banyak.

Leave a Comment