Cara alami mengatasi sakit gigi anak lebih bagus dibandingkan obat kimia. Karena tidak ada efek samping yang membahayakan. Maka dari itu, silakan pilih yang ini saja ya Moms!

Cara alami obati sakit gigi anak maksudnya adalah obat rumahan. Bisa yang berbahan herbal, atau dengan melakukan terapi-terapi tertentu. Ini dia cara alami yang dimaksud:

1. Menyikat Gigi Dengan Lembut

Cara mengatasi sakit gigi anak yang pertama adalah menyikat gigi dengan lembut. Karena jika terlalu kasar, justru gigi menjadi terluka. Efeknya sakit tidak kunjung sembuh, malah tumbuh borok di sekitar gigi.

Gunakan sikat gigi berbulu lembut. Karena jika kasar, selembut apapun gerakan menggosok, email gigi tetap rawan terluka. Maka dari itu, buang sikat gigi bekas yang bulunya sudah kaku.

Baca Juga : 3 Resep Makanan Anak 1 Tahun yang Belum Tumbuh Gigi Ini Sangat Baik Bagi si Kecil Loh Moms

2. Kumur Garam Dapur Secara Rutin

Anak yang sakit gigi, Moms jangan panik ya! Lebih baik segera buat air larutan garam, lalu biarkan anak berkumur dengannya. Obat sakit gigi anak ini sangat manjur untuk meredakan sakit gigi.

Garam adalah bumbu yang mengandung zat anti bakteri. Maka dari itu, sakit gigi karena kuman atau bakteri, bisa disembuhkan dengannya. Termasuk yang sedang menyerang anak.

3. Kompres Gigi Anak dengan Es Batu

Jika sakit gigi anak karena bengkak, kompres dengan es batu. Biasanya efek dingin dari es padat tersebut, bisa menetralisir aliran darah yang beku. Sehingga, rasa nyerinya sedikit berkurang.

Kompres es batu adalah cara alami yang bagus. Bahkan sudah digunakan secara turun temurun. Maka dari itu, sediakan terus di rumah ya Moms! Untuk sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Mengunyah Bawang Putih Mentah

Selain garam, bawang putih bagus untuk mengobati sakit gigi anak. Caranya adalah biarkan anak mengunyah bawang berbau tajam ini hingga tersisa ampasnya. Setelah itu, diamkan sejenak lalu berkumur sampai bersih.

Bawang putih juga mengandung zat antibakteri. Maka dari itu, segala macam penyakit karena bakteri atau kuman, bisa disembuhkan dengannya. Termasuk sakit gigi pada anak.

5. Obati dengan Esktrak Daun Jambu Merah

Cara alami mengobati sakit gigi anak yang kelima adalah obati dengan ekstrak daun jambu merah. Caranya ialah silakan ambil beberapa daun jambu biji merah, lalu haluskan setelah dicampur sedikit air. Setelah itu remas-remas lalu oleskan secukupnya pada gigi yang sakit.

Daun jambu merah mengandung zat pereda nyeri. Maka dari itu, jika digunakan untuk sakit gigi, rasa sakitnya akan mereda. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru membawa anak sakit gigi ke dokter ya Moms!

6. Berkumur Menggunakan Cuka Murni

Cuka juga bagus untuk anak sakit gigi. Namun, pastikan menggunakan cuka yang murni. Karena obat sakit gigi alami jenis ini, sifat anti bakterinya masih ideal.

Namun, jangan gunakan secara berlebihan. Karena cara ini bisa menimbulkan gigi keropos. Lebih baik gunakan selama tiga hari saja dengan durasi 1-2 kali dalam sehari.

7. Obati Dengan Ekstrak Jahe

Jahe juga obat sakit gigi berlubang dan ngilu. Terutama untuk anak yang masih rentan jika menggunakan obat sakit gigi kimia. Karena risikonya terlalu besar, salah satunya menimbulkan sesak napas.

Jahe sendiri adalah bumbu dengan zat antimikroba yang bagus. Maka dari itu dengannya, jamur maupun kuman penyebab gigi berlubang bisa dimusnahkan. Jadi silakan persiapkan jahe jika anak sakit gigi ya Moms!

Cara membuatnya juga mudah loh! Haluskan jahe lalu tempelkan pada sekitar gigi yang bermasalah. Diamkan sejenak lalu akhiri dengan berkumur menggunakan air hangat.

Jika anak sakit gigi, jangan langsung rujuk ke dokter. Lakukan dulu cara alami mengatasi sakit gigi anak yang sudah dijelaskan di atas. Selain lebih murah, kesehatan anak juga lebih terjamin.

Leave a Comment