Moms harus tahu apa penyebab feses bayi warna hijau. Ini perlu Moms ketahui supaya Moms tak perlu panik berlebih. Tak hanya itu saja, Moms juga bisa menghindari apa penyebabnya.

Ini Sebab Feses Bayi Moms Berwarna Hijau

Warna hijau pada feses bayi bisa bisa disebabkan beberapa hal. Dari makanan yang Moms konsumsi hingga pertanda bayi sakit. Berikut adalah beberapa sebab feses bayi Moms berwarna hijau.

1. Makanan Moms yang Konsumsi

BAB bayi berwarna hijau dan encer bisa karena Moms sendiri. Ini terjadi jika Moms sedang aktif menyusui. Tak selamanya feses menghijau pada bayi disebabkan kondisi fisik bayi.

Sayur hijau yang berlebihan adalah salah satu sebabnya. Moms yang terlalu banyak makan makanan dengan pewarna hijau juga bisa. Selain itu, kebanyakan zat besi pada makanan juga bisa menjadi sebabnya.

Secara langsung, kualitas ASI akan dipengaruhi oleh apa yang Moms konsumsi. Jadi, wajar saja jika feses bayi dipengaruhi apa yang Moms makan.

Lain kali Moms bisa kurangi konsumsi makanan yang menjadi pemicunya. Zat besi memang baik, namun jangan sampai berlebihan ya, Moms.

BACA JUGA: Ini Dia Moms, 5 Hal yang Bisa Sebabkan BAB Berdarah pada Bayi

2. Foremilk

Terlalu banyak ASI eksklusif jika bisa menjadi penyebabnya. BAB bayi hijau berbiji karena ASI yang diminum kurang kalori.

ASI sejenis ini cukup wajar saat Moms baru pertama menyusui. Namun Moms tak perlu khawatir. Lambat atau cepat ASI Moms akan mengental. ASI yang kental dan tinggi kalori ini disebut dengan hindmilk.

Jika ASI Moms tak kunjung mengental, maka Moms bisa lakukan hal ini. beri si bayi waktu lebih lama untuk menyusu di satu sisi payudara saja. Hal ini dinilai bisa membuat ASI yang keluar lebih kental.

3. Bayi Sedang Tumbuh Giginya

Saat gigi bayi tumbuh, ia akan lebih sering menelan air liur. Pasalnya, keadaan ini akan membuat produksi air liur lebih banyak.

Jika hal ini terus menerus terjadi, maka wajar saja warna feses berubah. Penyebab feses bayi warna hijau ini adalah yang paling sederhana. Moms tak perlu terlalu khawatir.

BACA JUGA: Badan Bayi Kurang? Coba Makanan Penambah Berat Badan Bayi Ini!

4. Bayi Sakit

Tak hanya faktor dari Moms atau fisik yang sedang tumbuh saja. Mungkin saja bayi Moms sedang sakit. Beberapa penyakit akan membuat BAB bayi warna hijau dan bau.

Ada beberapa penyakit yang bisa Moms catat. Demam, mulut kering, dehidrasi, mudah mengantuk, mual dan muntah. Bayi dehidrasi ditandai dengan beberapa hal. Diantaranya adalah mata dan pipi terlihat cekung. Kulit yang dicubit juga tak akan langsung rata kembali.

5. Alergi

Selain sedang sakit, bisa saja bayi Moms mengalami alergi. Alergi ini bisa disebabkan makanan, bisa juga karena susu formula. Moms harus peka akan hal ini.

Bagaimana tanda bayi sedang mengalami alergi? Kulitnya akan ruam dan gatal. Selain itu, bayi akan lebih rewel dari biasanya. Moms bisa berkunjung ke dokter untuk memeriksakan bayi Moms.

Dokter tentu lebih tahu apa yang harus dilakukan. Obat yang paling cocok untuk bayi juga akan diberikan dokter. Intinya, Moms jangan remehkan keadaan bayi yang satu ini.

Penyebab feses bayi berwarna hijau di atas memang sangat mungkin terjadi. Moms jangan langsung panik jika suatu saat melihatnya. Karena kini Moms sudah tahu apa saja sebabnya.

Karena sudah tahu sebabnya, Moms bisa hindari apa saja pemicunya. Namun jika memang ini masa pertama Moms menyusui, hal ini cukup wajar.  Moms bisa lakukan beberapa cara di atas untuk menanganinya.

Leave a Comment