Diabetes adalah salah satu penyakit yang membuat para penderitanya harus berhati hati dalam mengkonsumsi makanan. Supaya kondisi dapat terus membaik, Moms harus memilih makanan sehat penderita diabetes yang harus Moms konsumsi setiap hari. Salah memilih makanan akan membuat kondisi Moms terus menurun dan dapat membahayakan kesehatan Moms. Makanan yang sehat dan bergizi adalah kunci kesehatan tubuh ya Moms.

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini membuat setiap penderita harus mengontrol asupan yang diterimanya, Moms harus menjauhi setiap pantangan makanan untuk penderita diabetes. Jika salah mengonsumsi makanan kadar glukosa dalam tubuh akan menumpuk dan dampak negatifnya dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang berbahaya. 

BACA JUGA: Hati-Hati, Kenali Gejala Diabetes Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Daftar Makanan Sehat Penderita Diabetes yang Lezat dan Aman

Moms tidak perlu khawatir mengonsumsi makanan sehat sebagai menu makanan sehari hari untuk penderita diabetes. Tidak semua makanan sehat itu memiliki rasa yang buruk loh Moms, ternyata masih banyak makanan sehat yang aman dikonsumsi namun tetap lezat. Moms masih bingung menemukan makanan sehat dan lezat? Berikut ini adalah rekomendasi makanan lezat dan aman yang bisa dikonsumsi penderita diabetes. 

  • Jagung

Makanan manis pertama yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes ialah jagung manis. Menurut para ahli kesehatan, jagung memiliki glikemik yang rendah sehingga bisa dijadikan pengganti nasi yang rendah gula. Mengonsumsi jagung setiap hari dapat mengendalikan kadar gula berlebih dalam tubuh loh Moms. Moms hanya perlu merebus jagung manis lalu menyantapnya tanpa tambahan apapun, rasanya dijamin enak dan tetap sehat.

  • Asparagus

Moms harus mengonsumsi makanan yang sehat agar kadar gula dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Konsumsilah sayur dan buah untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi setiap hari. Salah satunya ialah sayuran asparagus yang memiliki kandungan gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

BACA JUGA: Cara Mengurangi Lemak di Perut, Cukup Konsumsi 8 Jenis Makanan Ini!

  • Popcorn Tawar

Kata siapa penderita diabetes ini tidak bisa memakan cemilan saat waktu kosong? Memang penderita diabetes tetap harus berhati hati untuk mencari cemilan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Salah satunya ialah popcorn tawar yang bisa Moms konsumsi saat menonton bioskop. Dengan mengonsumsi popcorn tanpa tambahan rasa ini kesehatan Moms bisa terjaga dan kadar gula tetap normal.

  • Ikan Laut

Moms bisa memilih untuk mengkonsumsi ikan laut yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Ikan laut yang bisa Moms konsumsi diantaranya ikan sarden, salmon dan tuna. Kandungan omega 3 dan nutrisi lainnya dalam ikan laut cocok untuk kesehatan tubuh. Moms bisa mengkonsumsi ikan laut dengan cara dikukus, hindari mengkonsumsi ikan yang sudah digoreng yan Moms. 

  • Kue Lemon Kismis

Penderita diabetes memang disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan manis termasuk kue. Namun, ternyata ada loh kue untuk penderita diabetes yang bisa Moms konsumsi dengan aman. Salah satunya ialah kue lemon kismis yang rendah lemak dan sehat bagi penderita diabetes. Untuk membuat kue ini, Moms harus mengganti gula dengan pemanis rendah kalori dan rendah gula. Selain itu, menggunakan lemon dapat mengurangi kadar glikemik makanan. 

Bagaimana Moms, sudah menemukan makanan sehat penderita diabetes yang akan Moms konsumsi sehari hari? Perhatikan terus makanan yang akan dikonsumsi ya Moms terutama kandungan gula dalam makanan tersebut. Jangan sampai Moms mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, hal ini akan sangat berbahaya bagi tubuh. 

Leave a Comment