Rekomendasi makanan ibu hamil 8 bulan paling dianjurkan yakni untuk menyempurna kematangan pertumbuhan dan perkembangan janin. Pada usia kehamilan tersebut, janin sudah memiliki organ yang telah berfungsi. Mulai dari jantung, paru-paru, hati, kelopak mata hingga otak. Janin juga sudah memiliki bulu mata yang mampu melindungi mata dari air ketuban. Bahkan janin sudah bisa mengeluarkan ampas sisa pencernaan. Otak janin juga sudah berkembang pesat sehingga mampu memproses rangsangan yang diperoleh.

Rekomendasi makanan ibu hamil 8 bulan Terpenting

Pada usia kehamilan 8 bulan, janin semakin aktif bergerak. Misalnya, menendang-nendang, berputar atau memasukkan ibu jarinya ke mulut. Pertumbuhan dan perkembangan janin yang semakin matang berakibat pada kenaikan berat badan janin. Alhasil, Moms akan lebih mudah lelah saat beraktivitas. Bahkan kerja jantung Moms juga semakin berat karena darah mengalami pengenceran yang terus meningkat. Oleh karena itu, rekomendasi makanan ibu hamil 8 bulan berikut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ya Moms.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum, Moms? Ini Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Sayuran Hijau dan Orange

Jika makanan ibu hamil di bulan sebelumnya lebih cenderung ke sayuran hijau maka kini sayuran orange juga diperlukan. Kombinasi sayuran orange dan hijau mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, kombinasi sayuran tersebut juga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Sayuran orange sangat identik dengan kandungan vitamin A tinggi. Vitamin A dapat mencegah risiko kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi. Beberapa sayuran hijau dan orange yang direkomendasikan, yaitu wortel, paprika, bayam dan tomat.

Umbi-Umbian

Makanan Ibu Hamil 8 Bulan

Umbi-umbian mempunyai kandungan serat tinggi yang dibutuhkan ibu hamil. Serat dapat membantu menambah jumlah kalori tubuh. Sehingga Moms dan janin tetap memiliki cukup energi untuk beraktivitas. Selain itu, serat mampu mengurangi gejala sembelit menjelang waktu persalinan. 

Umbi-umbian memiliki banyak variasi seperti ubi, singkong atau talas. Namun tidak hanya umbi-umbian, Moms juga bisa mendapatkan kandungan serat dari jenis makanan lainnya. Salah satunya yakni nasi merah atau kacang-kacangan merah.

Kombinasi Jeruk dan Brokoli

Makanan ibu hamil 8 bulan juga perlu memperhatikan kandungan vitamin dan mineral. Jeruk dan brokoli mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Vitamin C sendiri berperan aktif sebagai antioksidan alami tubuh. Sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa merusak jaringan sel. Selain itu, vitamin C juga membantu menyerap zat besi yang banyak terkandung pada brokoli. 

Zat besi membantu Moms terhindar dari risiko anemia. Terlebih usia kehamilan 8 bulan menjadi usia sangat dekat dengan waktu persalinan.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil, Konsumsi Sekarang Juga Moms!

Air Mineral

Rekomendasi terakhir yakni perbanyak minum air mineral. Mineral memiliki fungsi untuk membentuk sistem saraf pada janin. pada usia kehamilan 8 bulan, janin juga masih membutuhkan asupan mineral untuk mematangkan sistem sarafnya. Sehingga janin bisa lahir tanpa risiko cacat tabung saraf. 

Selain itu, air mineral mengurangi risiko dehidrasi, membantu mengatur suhu tubuh dan menjaga metabolisme. Hal ini akan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Moms, terutama agar siap menghadapi masa persalinan.

Makanan ibu hamil 8 bulan tersebut sangat dianjurkan untuk selalu dikonsumsi Moms setiap hari. Pasalnya, Moms masih perlu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janin. Selain itu, Moms juga harus mempersiapkan tubuh agar tetap sehat menjelang persalinan. Terlebih jika Moms mengidamkan persalinan normal.

Oleh karena itu, bagi Moms yang sudah memasuki usia kehamilan 8 bulan akan sangat penting menjaga asupan nutrisi dan cairan. Jadi, usahakan untuk selalu memperhatikan setiap jenis makanan yang Moms makan ya.

Leave a Comment