Apakah Moms sedang menunggu kehadiran si kecil untuk meramaikan keluarga? Apakah Moms sudah mengecek kalender untuk memastikan tanggal menstruasi? Nah, jika Moms terlambat menstruasi tak ada salahnya Moms mulai membeli alat pendeteksi kehamilan untuk memastikannya.

Moms tidak perlu khawatir karena sekarang alat deteksi kehamilan yang praktis dapat dengan mudah dijumpai di apotek dan toko obat. Moms bisa membeli berbagai macam jenis test pack yang menawarkan tingkat akurasi mencapai 99%. Persentase ini sudah cukup akurat untuk Moms bisa mengetahui kepastian kehamilannya.

BACA JUGA: Waktu Tepat Kapan Tes Kehamilan Mulai Positif

Cara Kerja Alat Pendeteksi Kehamilan

Cara cek kehamilan dengan test pack pada umumnya adalah dengan mendeteksi kandung hCG (human chorionic gonadotropin) yang dapat ditemukan di urin. Kandungan hCG ini dapat dideteksi dengan alat setelah melewati masa 7 hari hingga 14 hari setelah fase fertilisasi. Jadi kurang lebih seminggu setelah melakukan hubungan intim, Moms bisa mencoba mengujinya.

Sebelum Moms menggunakan test pack, pertama yang harus Moms perhatikan adalah tanggal kadaluarsanya. Test pack yang sudah kadaluarsa tentunya sudah tidak layak dan tingkat akurasinya bisa tidak valid. Selain itu, tidak semua wanita memproduksi hCG dalam jumlah besar, ada baiknya konsultasi ke apoteker untuk membeli test pack dengan kadar hCG rendah.

Rekomendasi Test Pack Pendeteksi Kehamilan

alat pendeteksi kehamilan

Nah setelah Moms mengetahui seputar test pack, berikut tersaji beberapa jenis test pack yang bisa Moms jadikan pertimbangan untuk menguji kehamilan.

Alat Pendeteksi Kehamilan Akurat 10 mIU

Selain tingkat akurasinya yang mencapai 99%, keunggulan dari test pack ini adalah praktis. Cara menggunakannya Moms hanya tinggal menampung urin di wadah yang bersih kemudian mencelupkan test pack ini di dalamnya. Diamkan selama 30 hingga 60 detik dan setelah 3 menit Moms sudah bisa mengetahui status kehamilannya.

Harga yang harus Moms keluarkan untuk membeli produk ini cukup murah, yaitu sekitar Rp17.000,-. Untuk perawatannya, Moms harus simpan Akurat 10 mIU ini ditempat yang terlindung dari paparan sinar matahari langsung dan tidak lembab.

Sensitif Digital Pregnancy Test

Produk ini diklaim mampu memberikan tingkat akurasi hingga 99.9% melalui metode digital. Sehingga produk ini dapat dinobatkan sebagai salah satu alat deteksi kehamilan yang akurat. Tampilannya juga cukup menarik dengan indikator ‘Yes’ jika Moms positif hamil dan ‘No’ jika status kehamilan Moms masih negatif.

Produk ini juga diklaim bisa menjadi alat pendeteksi kehamilan dini karena bisa digunakan lima hari sebelum telat menstruasi. Bentuk yang ditawarkan juga cukup higienis dengan tutup rapat dan bentuk stik yang praktis. Dengan segala kelebihan tersebut, produk ini mematok harga sekitar Rp120.000,- untuk setiap kemasannya.

Test Pack Quick & Sure Onemed

Seperti namanya, test pack ini menjanjikan tingkat akurasi yang sangat meyakinkan yaitu lebih dari 99.9%. Test pack ini merupakan salah satu test pack dengan model cassete atau tetes dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar Rp5.000,-.

Untuk menggunakan test pack ini, pertama-tama Moms harus menampung urin dalam cawan yang bersih. Selanjutnya sedot urin menggunakan pipet tetes yang telah disediakan di dalam kemasan. Setelah itu, teteskan urin ke lobang (simbol huruf S) yang ada di test pack. Tunggu hingga kurang lebih satu menit.

Jika setelah satu menit Moms menemukan dua garis di test pack artinya Moms positif hamil. Namun jika terdapat satu garis dekat huruf C maka Moms negatif. Dan jika ada satu garis dekat dengan huruf T maka hasil tes Mom hari itu tidak valid. Untuk hasil maksimal, Moms sebaiknya melakukan tes di pagi hari ketika kadar hCG dalam tubuh memiliki konsentrasi tertinggi.

Jadi alat pendeteksi kehamilan mana yang akan Moms pilih?

Leave a Comment