Wilayah Sentul, Bogor adalah salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi ketika akhir pekan atau masa liburan. Kawasan Sentul ini kini lebih dikenal dengan nama Bukit Sentul dan masyarakat menyebut kawasan ini dengan Sentul City.

Sebagai salah satu kawasan wisata yang populer, lokasi ini menawarkan banyak sekali tempat wisata edukasi anak di Sentul. Mulai dari wisata alam hingga science park bisa dikunjungi di Sentul City ini. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi anak di Sentul yang wajib dikunjungi saat akhir pekan. 

BACA JUGA: 3 Tempat Wisata Edukasi Anak Seru di Jakarta

Jungleland Adventure Park

Tempat wisata edukasi anak di Sentul yang satu ini terletak di Jalan Jungleland Boulevard Kawasan Sentul Nirvana-Bogor. Seperti namanya Jungleland Adventure Park ini menyuguhkan wisata untuk anak dan keluarga dengan berbagai wahana permainan dengan tema outdoor theme park dengan kualitas internasional.

Tema utama yang diusung di taman bermain ini adalah tema jungle atau hutan dan adventure dengan 3 zona yaitu Tropicalia, Carnivalia, dan Mysteria. Ada lebih dari 30 wahana permainan, show, parade, atraksi, dan juga science exhibition yang bisa dinikmati di taman bermain ini.  

Science Garden

Science Garden adalah salah satu tempat wisata edukasi anak di Sentul yang memberikan kesempatan anak untuk bermain sambil belajar. Di taman wisata ini anak bisa bermain wahana edukatif seperti sepeda tali.

Selain bermain, di taman wisata ini anak-anak juga bisa belajar tentang fenomena alam dan science seperti proses mengubah energi matahari menjadi energi panas, mengenal gelombang suara, gravitasi, dan sebagainya. Semua hal ini dikemas dalam suasana yang edukatif dan informatif sehingga anak-anak tidak merasa bosan. 

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul City ini berada di seberang Alam Fantasia. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan wisata outdoor yang seru dan dibangun di area lahan yang luas. Di tempat ini anak-anak bisa mencoba berbagai macam permainan seperti fun games, paintball, trekking, outbound, flying fox, hingga melukis. Selain itu, Taman Budaya Sentul juga menyediakan area perkemahan yang bisa digunakan untuk memperkenalkan suasana outdoor pada anak. 

BACA JUGA:

Moms, 5 Ide Wisata Edukasi Anak yang Harus Dicoba!

Ajak Si Kecil ke Playground di Jakarta Ini, Yuk!

Air Terjun Bidadari

Bila anak-anak lebih menyukai permainan air, Moms bisa mengajak mereka mengunjungi Air Terjun Bidadari. Berada di kawasan Sentul Paradise Park, tempat wisata ini mempunyai air terjun setinggi 75 meter dengan sumber mata air dari hutan lindung.

Di bawahnya ada kolam renang. Kolam renang di taman wisata ini juga tersedia dalam berbagai macam yaitu kolam anak-anak, kolam arus, dan sebagainya. Selain berenang, anak-anak juga bisa mencoba wahana permainan lain seperti flying fox, perahu tangan, dan  lain-lain. 

EcoArtPark Sentul

Di EcoArtPark Sentul, anak-anak bisa belajar tentang science di taman pengetahuan dan patung-patung di taman Patung. Tempat wisata edukasi anak di Sentul ini terletak di sebelah pusat jajanan Pasar Ah Poong. Secara umum, konsep tempat wisata ini adalah tempat wisata terintegrasi dimana didalamnya terdalam ilmu pengetahuan alam, budaya, hingga kuliner. 

Kampung Agrowisata Sentul

Kawasan agrowisata memang menjadi salah satu tempat favorit untuk tempat wisata edukasi anak di Sentul. Tempat wisata edukasi anak di Sentul yang satu ini menghadirkan tanaman-tanaman endemik Indonesia yang hampir punah. Selain itu, lokasi kampung Agrowisata Sentul ini juga sangat indah dengan aliran sungai yang bening. Di tempat ini anak-anak diajak mengenal berbagai macam tanaman dan bagaimana cara merawatnya hingga tumbuh dengan subur. 

Leave a Comment