Sebagian besar orang tua percaya bila permainan anak-anak perlu dibedakan berdasarkan gender. Artinya ada permainan yang ditujukan untuk anak laki-laki dan perempuan. Tidak hanya dalam hal permainan, orangtua juga memberikan pilihan game yang berbeda antara anak perempuan dan laki-laki. Bila anak laki-laki lebih banyak memilih game yang bersifat aktif atau petualangan, lain halnya dengan anak perempuan. Game edukasi anak perempuan biasanya didominasi dengan jenis game yang lebih feminine

Meskipun pemilihan game ini tidak mutlak, namun tidak ada salahnya bila orangtua mulai memperkenalkan game sesuai dengan gender anak. Berikut ini adalah beberapa kategori game edukasi anak perempuan yang bisa Moms pilih. 

Dress up game

Game Edukasi Anak Perempuan

Dress up game adalah salah satu kategori games dimana anak bisa mendandani karakter dalam game dengan baju-baju. Karakter dalam game ini bisa berganti pakaian sesuai dengan kreatifitas anak. Game ini tersedia dalam banyak jenis mulai dari karakter utama hewan hingga kartun atau anime. Dress up game ini biasanya digemari anak perempuan karena mereka bisa mengganti pakaian karakter dengan baju yang berwarna-warni. 

Game memasak

Selain dress up game, game memasak juga menjadi salah satu game favorit anak perempuan. Dalam game ini anak-anak diberikan simulasi memasak seperti proses masak pada umumnya. Anak bisa memotong bahan makanan, memasak, dan kemudian menyajikannya. Game memasak ini adalah salah satu game edukasi anak perempuan untuk memberikan pemahaman bila memasak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. 

Beauty game

Beauty game adalah salah satu jenis game edukasi anak perempuan yang banyak diminati. Hampir mirip dengan dress up game, beauty game ini menggunakan tema kecantikan. Anak-anak bisa mendandani wajah dan rambut karakter game sesuai dengan kreativitas mereka misalnya mengganti model dan warna rambut, memberikan riasan wajah, memberikan hiasan kuku, dan sebagainya. Game jenis ini membantu mengembangkan kreativitas anak perempuan dengan pemilihan warna dan juga gaya kecantikan. 

Game simulasi

Salah satu game edukasi anak perempuan yang banyak digemari adalah kategori game simulasi. Dalam game ini, anak-anak berperan menjadi pemilih sebuah tempat usaha seperti supermarket, cafe, rumah sakit, dan sebagainya. Kemudian anak-anak diharuskan memberikan pelayanan kepada pengunjung yang ada dalam game. Game simulasi ini melatih skill bisnis dan juga kemandirian anak. Biasanya game simulasi ini mempunyai rentang waktu dimana anak harus menyelesaikan tugas tertentu dalam kurun waktu yang diberikan. Secara tidak langsung, game ini mengajarkan ketangkasan dan juga bagaimana cara anak untuk menyelesaikan masalah. 

Game teka-teki

Game teka-teki juga bisa menjadi salah satu alternative game untuk anak perempuan. Game tebak kata, tebak gambar, puzzle, dan sejenisnya membantu anak untuk bisa memecahkan masalah. Selain itu, anak juga bisa belajar bahasa atau berhitung melalui game teka-teki tersebut. 

Dengan banyaknya game yang tersedia, memilih beberapa game yang tepat untuk anak memang bukan hal yang mudah. Ada banyak kriteria yang harus dilihat sebelum mengizinkan anak untuk bermain game tertentu. Meskipun game edukasi untuk anak perempuan, namun bukan berarti anak laki-laki tidak boleh memainkannya. Anak laki-laki juga boleh memainkan game yang sama dengan anak perempuan dengan bimbingan dari orang tua. Bagaimanapun juga tujuan orangtua mengizinkan anak bermain game adalah untuk pembelajaran. Sehingga anak harus mendapatkan atau belajar sesuatu yang positif dari bermain game tersebut. 

Leave a Comment