Game edukasi anak kelas SD kelas 1 sebetulnya tidak memiliki banyak perbedaan dengan yang bisa dimainkan oleh anak yang berumur antara 1 hingga 5 tahun. Karena pada dasarnya anak usia kelas 1 SD adalah anak yang sudah mulai berhasil menerapkan apa yang dipelajari lima tahun pertama dalam hidupnya

Permainan yang sering dimainkan adalah contoh latihan terbaik bagi mereka agar semakin cerdas dan mandiri dalam belajar di usia mereka berikutnya. Karena mereka sudah mulai mandiri maka moms perlu mengawasi anak moms agar tidak terlalu banyak bermain gawai karena jika terlalu banyak bermain. Dikhawatirkan mereka jadi malas belajar tanpa menggunakan games.

Fakta   Bermain Gawai Untuk Anak 6 tahun

Game edukasi anak kelas SD kelas 1

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) waktu maksimal yang diperbolehkan kepada anak untuk menonton tayangan ataupun bermain gadget untuk anak usia 1-6 tahun adalah 1 jam perhari.

Sebagai orang tua yang baik, moms harus membentengi anak-anak dari bahaya gadget dengan tetap mengawasi aktivitas yang mereka lakukan..

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan anak saat menggunakan gadget adalah bermain games. Banyaknya jenis games yang ada saat ini patut membuat moms waspada, mengingat tidak semuanya menghibur kearah yang positif.

Beberapa games terkadang juga tidak sesuai dengan usia anak karena mengandung banyak unsur terlarang seperti kekerasan.  Moms  harus pandai menyeleksi games mana yang boleh dan tidak boleh dimainkan anak.

Pilihlah games edukasi anak  yang mampu memberikan nilai positif pada anak. Berikut adalah referensi 7  games edukasi untuk anak yang hobi main games.

1.       Marble Budaya Nusantara

Saat ini mengenal budaya dan mempelajarinya tidak harus melalui buku semata. Games edukasi yang menyediakan pembelajaran terkait budaya Indonesia sudah tersedia. Pengenalan budaya Indonesia sejak dini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta pada budaya sendiri. 

Moms dapat mengenalkan makanan, rumah adat, hingga musik daerah khas nusantara melalui games ini. Marbel Budaya Nusantara dapat dimainkan anak dengan usia di atas 3 tahun.

2.       Animal Puzzle for Kids

Bermain puzzle merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.  Games ini dilengkapi dengan 100 gambar hewan yang berbeda, sehingga selain bermain games anak juga dapat belajar mengenal berbagai hewan. Games ini dilengkapi juga dengan suara, sehingga anak-anak akan lebih terkesan dengan gambar dan permainannya. Games ini dapat dimainkan oleh anak dengan usia diatas tiga tahun.

3.       Duolingo

Duolingo merupakan salah satu games edukasi anak  yang terkenal. Duolingo dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak. Ada beragam bahasa yang dapat dipelajari, moms tinggal memilih mana bahasa yang ingin dipelajari bersama si kecil. Duolingo dapat dimainkan oleh anak dengan usia diatas tiga tahun.

4.       Coloring & Learn

Mengenal warna merupakan salah satu hal dasar yang banyak dipelajari balita. Moms  dapat memanfaatkan games ini untuk mengenalkan warna pada anak. Selain mengenalkan warna, moms juga dapat mengajarkan anak menggambar dan mencoret-coret untuk melatih keterampilan anak. Games ini terhitung lengkap karena terdapat pula pembelajaran angka dan alfabet. Games ini dapat dimainkan seluruh usia.

5.       Belajar Huruf ABC

Games ini membantu anak untuk menghafal alfabet. Anak-anak dapat belajar alfabet dan mengeja huruf dengan berbagai permainan yang disediakan dalam games ini. Games ini tidak hanya menyediakan gambar saja namun juga dilengkapi dengan suara. Moms  dapat memberikan games ini pada anak usia 2-6 tahun.

6.       Marble Dunia Hewan

Menghafal dan mengerti karakteristik hewan merupakan salah satu hal menyenangkan yang biasa dilakukan oleh anak. Marbel dunia hewan menyediakan aplikasi yang dapat memudahkan anak-anak untuk mengenal nama hewan dan menghafal bunyinya. Aplikasi ini mengelompokan hewan ke dalam tiga jenis yaitu sub kelompok hewan darat, air, dan udara. Games edukasi anak ini cocok untuk usia 4-6 tahun.

7.       Omar & Hana On Duty

Merupakan salah satu games edukasi untuk anak dengan usia diatas tiga tahun. Games ini mengambil karakter dari tokoh kartun yang akrab dengan anak-anak yaitu Omar dan Hana. Dalam games edukasi ini, anak-anak dapat belajar mengenal huruf hijaiyah melalui lagi. Games ini juga memberikan berbagai misi untuk menambah keseruan dalam bermain. 

7 Games edukasi untuk anak di atas dapat  menjadi pilihan jika moms kebingungan mencarikan games yang sesuai untuk anak. Jangan lupa untuk selalu mendampingi dan mengontrol anak dalam bermain games dan gadget  agar tidak muncul efek negatif yang tidak diharapkan.

Leave a Comment