Ada yang berbeda dengan lebaran di tahun 2020 ini. Pemerintah mengeluarkan kebijakan mudik lebaran, dimana masyarakat tetap harus menjalankan physical distancing terkait penyebaran COVID-19. Bahkan, masyarakat yang tinggal di kawasan zona merah dilarang mudik dan diberikan sanksi tegas. Alih-alih mudik atau keluar dari rumah, ada banyak cara seru yang bisa dilakukan di rumah. Penasaran tips menjalani lebaran saat Covid-19 di tahun 2020 ini? Berikut rangkumannya. 

1. Halal Bihalal Secara Online

Lebaran tanpa silaturahmi memang terasa kurang. Apalagi tidak sempat bermaaf-maafan dengan keluarga atau sanak saudara mengingat peraturan soal physical distancing. Tak perlu khawatir, canggihnya teknologi dapat membantu kamu untuk bertatap muka dengan keluarga atau sanak saudara yang jauh dari rumah lewat online. Aplikasi untuk menggelar conference call kini juga semakin banyak. Sehingga momen kebersamaan masih terasa. 

Selain bertatap muka lewat video call, kamu juga bisa saling berkirim ucapan selamat hari raya idul fitri lewat pesan singkat kepada keluarga atau sanak saudara. Bisa juga sekalian mengirimkan parcel kepada mereka. Isi parcel bisa berisi kue, kebutuhan pokok hingga pakaian.

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Baju Lebaran yang Nyaman dan Tidak Monoton

2. Masak Menu Lebaran Kesukaan Keluarga

tips menjalani lebaran saat covid-19
tips menjalani lebaran saat covid-19

Cara lain menikmati lebaran saat COVID-19 bisa dengan berkutat di dapur. Bisa juga mengajak seluruh anggota keluarga untuk memasak menu lebaran kesukaan, seperti opor dan ketupat. Selain bisa mempererat hubungan sesama anggota keluarga, waktu selama liburan tidak akan membosankan. Pastikan memulai pembicaraan yang positif dan memotivasi agar obrolan tetap segar dan tidak membosankan.

3. Serentak Beli Baju Baru yang Seragam

Tips menjalani lebaran saat COVID-19 adalah membeli seragam. Baju baru selalu identik dengan lebaran. Kendati lebaran tahun ini tidak keluar rumah, tidak ada salahnya untuk membeli baju dan dipakai di rumah saja. Makin terasa lebarannya, kamu juga bisa serentak beli baju baju yang seragam dengan anggota keluarga lainnya. Apalagi kini aktivitas belanja makin mudah lantaran adanya online store yang makin menjamur. Agar makin kompak, jangan lupa untuk abadikan momen lebaran versi kamu dan unggah di sosial media.

4. Siapkan Kue Lebaran

Seperti halnya baju baru, kue juga sangat identik dengan lebaran. Kendati lebaran saat COVID-19 dan tidak ada tamu yang datang, kamu bisa tetap menyiapkan kue untuk dimakan sendiri maupun bersama keluarga. Penjual kue juga tidak sedikit. Bahkan beberapa sudah menjual lewat online dan bisa diantar sampai rumah. Jika tidak sibuk, kamu juga bisa membuat kue sendiri sembari menghabiskan waktu selama ada di rumah.

BACA JUGA: Resep Masakan untuk Pemula Buat Para Moms yang Super Sibuk!

5. Bagi Angpao dengan Cara Donasi

Terbiasa memberikan angpao saat lebaran tiba? Kini kamu bisa menggunakan cara lain tanpa perlu menghabiskan banyak amplop. Apalagi kalau bukan memberi angpao lewat transfer ke rekening bank sanak saudara. Bisa juga mengisi pulsa atau membelikan paket kuota. Cara lain bagi angpao yaitu ikut memberikan donasi kepada masyarakat yang masih bekerja di tengah pandemi atau korban penyebaran COVID-19. Tentunya, jangan lupa untuk membayar zakat dan menyisihkan uang untuk sedekah dan infaq. 

Lebaran saat COVID-19 seperti tahun ini memang sangat berbeda. Apalagi bagi mereka yang jauh dari keluarga. Bagaimana dengan kamu, sudah siapkan berbagai aktivitas yang akan dilakukan saat lebaran datang nanti?

Leave a Comment

%d bloggers like this: