Memasuki usia 9 bulan si kecil tentunya lebih aktif bukan Moms? Pada usia ini bayi mulai mengenal berbagai makanan dan rasa, terkadang si kecil sulit makan dan berat badannya menjadi turun. Moms tidak perlu khawatir, coba saja menu mpasi 9 bulan penambah berat badan yang akan disajikan di sini.

Kunci utama untuk meningkatkan berat badan bayi adalah memperbanyak asupan protein hewani dan nabati. Jangan lupa untuk menambahkan karbohidrat juga ya Moms. Berikut ini ada 4 inspirasi menu mpasi 9 bulan 4 bintang yang dapat menambah berat badan si kecil.

BACA JUGA: 5 Resep Praktis Makanan Bayi 9 Bulan

1. Bubur Tahu dan Kentang

Resep mpasi 9 bulan sederhana yang dapat menambah berat badan adalah bubur tahu dan kentang. Kandungan protein dan karbohidrat yang ada di dalam tahu dan kentang sangat bagus untuk menambah berat badan si kecil. Untuk membuatnya Moms hanya membutuhkan:

  • 200 gram kentang yang sudah dipotong dadu
  • 100 gram tahu yang juga sudah dipotong
  • 40 gram daging ayam
  • 25 gram brokoli

Cara membuatnya cukup mudah, Moms hanya perlu merebus semua bahan sampai matang. Hasil rebusan tadi kemudian dihancurkan sampai setengah kasar. Moms bisa langsung menyajikan bubur ini untuk si kecil.

2. Nasi Tim Jamur

menu mpasi 9 bulan penambah berat badan
menu mpasi 9 bulan penambah berat badan

Jika Moms mempunyai jamur di rumah juga bisa menggunakannya sebagai menu mpasi untuk bayi 9 bulan. Moms bisa mencampurnya dengan ayam dan tahu cincang serta keju parut. Untuk lebih jelasnya berikut bahan yang diperlukan:

  • 20 gram beras
  • 30 gram ayam cincang
  • 20 gram tahu cincang
  • 20 gram jamur
  • 25 gram tomat
  • Keju parut secukupnya

Moms harus memasak beras bersama dengan ayam dan tahu sampai mengental. Setelah itu tambahkan tomat dan jamur, masak sampai matang. Terakhir masukkan keju parut sambil diaduk. Setelah semua bahan matang langsung sajikan selagi hangat.

3. Pepes Salmon dan Tahu

Perpaduan salmon dan tahu merupakan menu mpasi 9 bulan menurut who yang dapat menambah berat badan anak dan kecerdasan otak anak. Ikan salmon kaya akan omega 3 yang bagus untuk otak anak.

Untuk membuat pepes ini juga sangat sederhana. Moms hanya perlu mencampurkan ikan salmon yang sudah dicincang dengan tahu yang sudah dihancurkan. Kemudian campurkan dengan bumbu pepes. Bumbu pepes sederhana bisa berupa bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

Masak pepes ini seperti Moms memasak pepes seperti biasanya. Menu pepes salmon dan tahu ini bisa disajikan bersama dengan nasi tim. Moms hanya perlu mencampurnya dalam satu wadah sebelum diberikan kepada bayi.

BACA JUGA: Rekomendasi 6 Menu Mpasi 10 bulan Agar Anak Gemuk dan Sehat!

4. Tim Daging dan Kacang Merah

Sebenarnya menu ini  adalah resep mpasi 10 bulan tapi juga bagus untuk bayi usia 9 bulan yang ingin tambah berat badannya. Daging dan kacang merah mengandung protein yang tinggi sehingga dapat memaksimalkan penambahan berat badan bayi.

Bahan yang perlu Moms siapkan untuk membuat menu ini adalah

  • 20 gram beras yang sudah dicuci bersih
  • 625 ml air bersih
  • 25 gram daging sapi yang sudah digiling
  • 10 gram kacang merah yang sudah direndam dan dicincang
  • 25 gram buncis
  • 25 gram tomat
  • 1 sendok makan santan encer dan kecap manis

Cara membuatnya pertama Moms harus memasak beras, daging, dan kacang merah sampai menjadi bubur. Lalu masukkan bahan lainnya dan masak sampai matang. Terakhir masukkan santan dan kecap lalu masak lagi sampai matang. Mudah bukan Moms?

Jika Moms menginginkan berat badan bayi cepat naik Moms harus mengatur jadwal makan dengan tepat. Jadwal menu mpasi 9 bulan sebaiknya diberikan 4 kali sehari dengan komposisi 3 kali makan berat dan 2 kali camilan mpasi. Pemberian ASI juga harus diberikan secara rutin.

Pemberian nutrisi yang maksimal akan membuat bayi tetap sehat dan berat badan bayi bisa bertambah. Agar nafsu makan anak meningkat sebaiknya Moms memberikan menu yang bervariasi. Mulailah untuk memberikan makanan dan camilan yang bertekstur kasar dan dapat digenggam.

Moms jangan pernah berhenti berkreasi untuk membuat menu mpasi 9 bulan penambah berat badan ini. Pada intinya menambah berat badan bayi 9 bulan adalah dengan memperbanyak protein hewani dan nabati.

Leave a Comment

%d bloggers like this: