Ketika Moms mengetahui gejala DBD pada bayi 1 tahun tentu akan timbul rasa khawatir. Untuk mengobatinya Moms bisa menggunakan beragam bahan alami yang terbukti ampuh. 

Moms harus sangat berhati-hati terhadap penyakit demam berdarah. Jika telah muncul gejala DBD maka harus segera diberikan obat demam berdarah serta dilakukan penanganan yang tepat. Selain obat dari dokter, Moms juga bisa menggunakan beragam bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat DBD.

Salah satu gejala DBD yang paling umum adalah menurunnya trombosit darah dalam tubuh. Normalnya, trombosit darah harus berada di angka 150 ribu per microliter. Apabila pada saat dilakukan pengecekan ternyata trombositnya berada di bawah angka 150 ribu per microliter maka harus segera ditangani oleh dokter. Jika terlambat sedikit saja maka trombosit akan terus menurun dan kondisinya semakin kritis.

Menurunnya kadar trombosit darah dalam tubuh ini disebabkan oleh Infeksi virus DBD sehingga jumlah sel darah merah turun drastis. Inilah yang menyebabkan terjadinya pendarahan dalam yang dapat membuat tubuh kehilangan banyak darah. Sangat mengerikan ya Moms!

Moms tidak perlu khawatir, ada banyak bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk menaikkan kadar trombosit darah sehingga gejala DBD bisa teratasi. Lalu bagaimana cara mengobati DBD dengan bahan alami? Mari simak selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA: Bedakah Gejala DBD Pada Anak 6 tahun dan Orang Dewasa? Kenali Lebih Lanjut

Daftar Obat Alami Untuk Gejala DBD Pada Bayi 1 Tahun

Gejala DBD Pada Bayi 1 Tahun

Buah Jambu Biji

Buah yang satu ini sudah sangat populer dikalangan penderita DBD. Jambu biji mengandung trombin yang berguna untuk merangsang trombopoietin. Apa itu trombopoietin? Trombopoietin merupakan senyawa aktif yang dapat meningkatkan jumlah kadar trombosit darah dengan cara membuat keping darah baru. 

Buah yang satu ini sangat cocok untuk gejala DBD. Moms bisa mengolahnya menjadi minuman jus yang menyegarkan. Rasanya yang manis tentu akan mudah diterima oleh lidah bayi. Kandungan air dalam buah jambu biji juga berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

Sayuran Kaya Vitamin C

Selain buah jambu biji, Moms juga bisa memanfaatkan beragam sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. Jenis sayuran tersebut diantaranya adalah kembang kol, brokoli, kubis hingga labu kuning. Semua jenis sayuran tersebut cocok dijadikan obat untuk gejala DBD. Untuk memudahkan bayi mencernanya, Moms harus menghaluskannya terlebih dahulu. Bisa dengan cara diblender menjadi minuman atau dibuat seperti bubur sayur. 

Manfaat lainnya yang bisa didapat ketika mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C diantaranya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bayi 1 tahun tidak mudah sakit serta dapat meningkatkan produksi sel darah putih. 

Beras Angkak

Moms mungkin masih sedikit asing dengan nama beras yang satu ini. Ya, beras angkak merupakan jenis beras merah yang berasal dari Tiongkok. Beras ini merupakan hasil fermentasi dengan ragi Monascus Purpureus. Berdasarkan hasil penelitian dari IPB pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kapsul ekstrak beras angkak bisa bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit darah. Maka Moms bisa gunakan juga sebagai obat gejala DBD pada bayi 1 tahun dengan cara dibuat menjadi bubur. 

Terakhir yang terpenting adalah bayi harus banyak minum air putih karena cara yang satu ini cukup manjur untuk mengobati gejala DBD pada bayi 1 tahun. Jadi Moms harus rajin memberikan air putih yang cukup agar bayi juga tidak kekurangan cairan.

Leave a Comment