Hallo, Moms. Kita pasti sering mendengar istilah makanan 4 sehat 5 sempurna, bukan? Yaps, slogan makanan sehat 5 sempurna ini memang sudah dikampanyekan sejak lama, tepatnya pada tahun 1955. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan negara Indonesia yang sehat. Memangnya apa pentingnya makanan sehat bagi tubuh, sih?

Makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan gizi akan membuat badan kita menjadi sehat. Tak hanya itu, makanan-makanan ini juga membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih kuat, tidak mudah lemas dan produktivitas pun meningkat.

makanan sehat 5 sempurna
makanan sehat 5 sempurna

Makanan Sehat 5 Sempurna

Pola makanan sehat 5 sempurna ini mengandung berbagai jenis zat yang terdapat pada berbagai jenis makanan. Maka dari itu, jangan heran jika pola ini membutuhkan makanan yang beraneka ragam. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang ada pada kandungan 4 sehat 5 sempurna dapat memenuhi setiap kebutuhan nutrisi tubuh.

Makanan 4 sehat 5 sempurna ini terdiri dari nasi, sayur, lauk-pauk, dan buah-buahan. Untuk penyempurnanya Moms dapat mengonsumsi susu. Nah, berikut adalah ulasan singkat masing-masing menu sehat 5 sempurna.

Makanan Pokok

Umumnya, makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Namun, selain nasi, Moms dapat menggantinya dengan jenis makanan lain. Makanan-makanan tersebut misalnya saja jagung, sagu, singkong, gandum, kentang, nasi merah, dan umbi-umbian. Makanan pokok ini sangat baik bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi.

Lauk-pauk

Lauk-pauk ini dibagi kembali ke dalam dua kategori, yakni yang memiliki kandungan protein nabati dan protein hewani. Mengapa kita harus makan lauk pauk? Sebab, lauk pauk ini memiliki kandungan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Sumber protein hewani dapat diperoleh dari daging ayam, kambing, sapi, bebek, atau ikan. Selain daging dan ikan, sumber protein yang tinggi juga dapat diperoleh dari telur. Sementara itu, sumber protein nabati dapat diperoleh dari tempe, tahu, dan beberapa jenis kacang-kacangan yang lain.

Agar Moms dapat memperoleh manfaat makan lauk pauk dengan sempurna, sebaiknya Moms mengonsumsi makanan-makanan ini dari sumber yang berbeda-beda, ya.

Sayur-mayur

Sayur-mayur ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Beberapa jenis sayur-sayuran yang baik dikonsumsi oleh tubuh adalah kubis, sawi, brokoli. wortel, kembang kol, dan masih banyak lagi. Selain baik untuk kesehatan, mengonsumsi sayur-sayuran juga baik untuk sistem pencernaan lo, Moms.

Buah-buahan

Buah-buahan juga tak kalah penting bagi tubuh nih, Moms. Dari buah-buahan ini Moms dapat memperoleh berbagai sumber vitamin. Tak hanya itu, buah-buahan juga kaya akan kandungan serat dan mineral yang baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi buah-buahan, tubuh akan memperoleh sumber antioksidan yang tinggi.

Contoh buah-buahan yang sangat baik untuk dikonsumsi seperti apel, jeruk, manggis, anggur, sirsak, alpukat, kelengkeng, dan masih banyak lagi. Untuk buah-buahan yang dapat dimakan bersama kulitnya, sebaiknya jangan dikupas ya, Moms. Sebab, pada kulit buah ini mengandung pigmen warna klorofil yang berguna sebagai antioksidan.

Susu

Semua makanan di atas tanpa susu tidaklah sempurna. Susu memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan. Tak hanya itu, susu juga dapat digunakan untuk meningkatkan energi.

Apakah tidak ada susu yang memiliki kandungan protein nabati? Tentu saja ada, yakni susu kedelai. Nah, jika Moms memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya Moms mengonsumsi susu yang memiliki kandungan lemak rendah.

Makanan sehat 5 sempurna memang sangat baik dan diperlukan bagi tubuh. Sebab, makanan ini memiliki semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, tubuh akan lebih sehat dan produktivitas meningkat. Yuk, Moms mulai sekarang selalu konsumsi makanan sehat 5 sempurna!

Leave a Comment

%d bloggers like this: