Moms tidak sempat belanja bahan untuk MPASI rutin setiap hari? Tidak masalah Moms bisa belanja dalam jumlah banyak sekaligus lalu disimpan. Cara menyimpan bahan MPASI sebenarnya sangat mudah, namun sayangnya banyak Moms yang belum paham. Salah cara menyimpan bahan makanan MPASI akan sangat merugikan bukan Moms?

Menyimpan bahan mentah untuk MPASI harus dilakukan sesuai dengan jenisnya. Berikut ini penjelasan khusus untuk Moms yang ingin menyimpan bahan mentah untuk MPASI.

1. Sayuran dan Buah

Sayur dan buah adalah bahan utama untuk membuat MPASI. Cara menyimpan sayuran dan buah untuk MPASI sangat mudah yaitu simpan dalam keadaan kering dan dibungkus kertas. Moms tidak perlu mencuci sayur dan buah terlebih dahulu sebelum disimpan. Jika Moms membeli di supermarket sudah terbungkus rapat langsung saja masukkan ke kulkas.

Sayur dan buah baru dicuci setelah akan diolah. Sayur dan buah yang disimpan dalam keadaan kering akan lebih awet dibandingkan jika sudah dicuci. Moms juga perlu memisahkan sayur dan buah berdasarkan jenisnya agar mudah untuk diambil.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan MPASI Saat Diare untuk Si Kecil

2. Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani dalam MPASI. Untuk menyimpan daging ayam harus dibersihkan terlebih dahulu. Moms harus memisahkan antara daging dan hati ayam dalam penyimpanan. Cara menyimpan hati ayam di kulkas harus dimasukkan ke dalam tempat khusus yang kedap air.

Sebelum Moms menyimpan daging dan hati ayam sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu tiriskan sampai kering lalu masukkan dalam wadah terpisah antara daging dan hati. Selanjutnya simpan dalam kulkas agar awet. Moms juga bisa memotong daging dan hati ayam sesuai dengan porsi MPASI sebelum disimpan.

3. Daging Sapi

Cara menyimpan daging untuk MPASI lebih sederhana, Moms cukup menyimpannya dalam tempat khusus kemudian masukkan dalam freezer. Hindari untuk mencuci daging sapi sebelum disimpan, ya Moms, karena bisa membuat tekstur daging semakin keras. Jika daging dalam keadaan kotor sebaiknya Moms bersihkan dengan air mendidih.

Moms hanya perlu mendidihkan air kemudian celupkan daging dalam air tersebut sebentar saja. Kemudian tiriskan lalu simpan dalam wadah dan masukkan ke freezer.

BACA JUGA: Dari Sarapan Sampai Makan Malam, Ini Jadwal Menu MPASI 6 Bulan yang Ideal untuk Si Kecil

4. Ikan dan Seafood

Cara menyimpan bahan mentah MPASI berupa seafood dan ikan sangat mudah. Moms hanya perlu mencucinya kemudian masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer. Namun sangat tidak disarankan menyimpan seafood dalam waktu lama, sebaiknya Moms langsung mengolah seafood.

5. Tahu dan Tempe

Menyimpan tahu dan tempe untuk MPASI tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Moms hanya perlu menyimpannya dalam suhu ruangan. Tempe yang disimpan di dalam suhu ruangan akan lebih awet dan segar. Sedangkan tahu harus direndam dalam air agar tidak mudah rusak. Jika ingin dimasukkan ke kulkas pastikan tahu dalam keadaan kering.

BACA JUGA: Ternyata Begini Cara Membuat Makanan MPASI yang Sehat dan Aman

Menyimpan Bahan Makanan MPASI dengan Teknik Blansir

Moms juga bisa mencoba teknik blansir untuk menyimpan semua bahan makanan di atas. Teknik blansir adalah menyimpan makanan setelah dikukus. Cara ini bisa membunuh bakteri dan membuat bahan MPASI tahan lama disimpan dan tidak mudah busuk.

Untuk melakukan teknik blansir Moms harus memotong semua bahan yang akan disimpan kemudian dikukus selama 10 menit. Selanjutnya masukkan bahan yang sudah dikukus ke dalam air es dan diamkan selama 10 menit. Pastikan lama mengukus dan merendam di air es harus sama, ya Moms.

Setelah direndam Moms bisa langsung meniriskan dan memasukkannya ke dalam wadah khusus. Simpan wadah ini dalam freezer jika ingin disimpan dalam jangka waktu lama.

Moms bisa mencoba cara menyimpan bahan MPASI ini di rumah. Pastikan bahan yang akan disimpan dalam keadaan segar dan baik. Moms harus pandai dalam memilih bahan untuk MPASI agar si kebutuhan gizi si kecil terpenuhi dengan baik. Selamat mencoba, Moms!

Leave a Comment