Ketika bayi sudah di atas 6 bulan maka Moms harus mulai merencanakan menu MPASI gurih untuk bayi 7 bulan. Mengapa demikian? Karena di Indonesia, rata-rata makanan utama memang memiliki rasa gurih.

Oleh sebab itu, meskipun ada menu MPASI dengan rasa manis, tetapi menu MPASI gurih untuk bayi 7 bulan memang sangat dibutuhkan. Namun, selain enak menu MPASI juga harus bernutrisi. Karena itulah, Moms harus membuat menu yang bervariasi setiap harinya.

Kreasi Menu MPASI Gurih untuk Bayi 7 Bulan Empat Bintang

Ada 4 nutrisi wajib yang harus dipenuhi dalam menu MPASI bayi di atas 6 bulan. 4 nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan sayur atau serat. Dengan 4 komposisinya, makanan untuk bayi dapat disebut sebagai menu MPASI 7 bulan 4 bintang.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat Moms gunakan untuk membuat menu MPASI. Dengan jadwal makan bayi 7 bulan yang teratur menggunakan komposisi di bawah, si kecil akan terjamin nutrisinya. Yuk simak jenis makanan dengan 4 nutrisi penting di bawah ini. 

BACA JUGA: Resep Makanan Bayi MPASI 7 Bulan dengan Bahan Ikan dan Sayur

Menu tersebut misalnya terbuat dari kentang sebagai sumber karbohidrat. Lalu, ditambah juga dengan telur puyuh sebagai sumber protein hewani. Sayur yang dipilih adalah brokoli dan protein nabatinya adalah tempe.

Kentang adalah sumber karbohidrat yang cocok untuk tekstur MPASI 7 bulan. Sajian kentang rebus per 100 gramnya mengandung  karbohidrat sebesar 89%. Selain itu, terdapat pula 1% kandungan lemak dan 10% protein untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Telur puyuh ternyata lebih cocok dijadikan menu MPASI dibandingkan dengan telur ayam. Mengapa demikian? Karena di dalam telur puyuh terdapat 14 kalori dalam setiap butirnya. Adapun rinciannya yaitu 65% lemak, 34% protein dan 1% karbohidrat.

Kemudian, tempe yang dimasak dengan slow cooker juga sangat direkomendasikan untuk menu MPASI. Pasalnya, pada setiap 100 gram tempe ada 193 kalori. Adapun rinciannya yaitu 47% lemak, 18% karbohidrat dan 35% protein nabati.

Menu MPASI Beras Merah 

Bagi bayi yang mengalami diare, nafsu makan berkurang dan lemas, maka gunakan menu beras merah. Faktanya, dalam 100 gram beras merah ada kalori sebesar 110. Karbohidrat dalam beras merah mencapai 83% ditambah lemak 7% dan protein 9%.

Apabila anak mengalami lemas atau kurang nafsu makan, menu beras merah dengan daging kambing memang sangat recommended. Dalam 100 gram daging kambing Moms dapat menemukan 109 kalori. Adapun prosentasenya 80% protein hewani ditambah dengan 20% lemak.

Lalu, bagaimana dengan sayur dan protein nabatinya? Moms dapat merebus bayam dan edamame. Edamame adalah kacang-kacangan yang mengandung 76 kalori dengan 40% lemak. Bukan hanya itu, terdapat pula 34% protein nabati serta 26% karbohidrat yang akan memenuhi gizi si kecil.

BACA JUGA: Si Kecil Pasti Doyan! 4 Resep Makanan Anak Usia 2 Tahun yang Enak

Bayam pun mengandung banyak gizi sesuai kebutuhan bayi. Apabila Moms mencampurkan bayam dalam menu 4 bintang dengan beras merah, maka kalorinya per 100 gram adalah 74 kalori. Prosentasenya yaitu 44% terdiri dari lemak, 25% protein nabati dan 32% karbohidrat.

Jika sudah memasak dengan slow cooker, Moms harus segera membagi dan menghidangkannya. Jangan lupa, simpan di kulkas untuk memenuhi jadwal makan si kecil mulai makan pagi hingga malam. Sebaiknya, selalu masak bubur bayi yang baru ketika hendak memasuki waktu makan.

Jadi, sangat mudah bukan berkreasi memasak menu MPASI gurih untuk bayi 7 bulan? Selalu semangat ya Moms, untuk memberikan hidangan terbaik yang bernutrisi untuk bayi. Jangan lupa utamakan pemberian ASI dan air putih untuk melengkapi kebutuhan gizi anak.

Leave a Comment

%d bloggers like this: