HalloMoms. Apakah Moms tahu apa itu green coffee? Belakangan ini, green coffe sedang ramai diperbincangkan loh, Moms. Bagaimana tidak, kopi hijau ini digadang-gadang mampu menurunkan berat badan. Memangnya apa sih manfaat green coffee untuk diet dan apa saja kandungan yang ada di dalamnya?

Green coffee sendiri merupakan biji kopi yang masih mentah atau belum dipanggang. Akibatnya, warna biji kopi ini masih hijau, bukan coklat kehitaman seperti warna biji kopi pada umumnya, Nah, biji kopi hijau ini memiliki kandungan asam chlorogenic yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji kopi hitam.

BACA JUGA: Moms, Yuk Cari Tahu Tentang Diet Keto untuk Pemula

Kandungan Nutrisi Green Coffee

Selain mengandung kadar asam klorogenik yang bagus untuk membakar lemak tubuh, green coffee juga memiliki kandungan nutrisi lain. Biji kopi hijau ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sama halnya biji kopi pada umumnya, green coffee juga mengandung kadar kafein yang tinggi.

Sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa kafein ini tidak baik untuk tubuh. Padahal, sebenarnya kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11 persen. Hanya saja, manfaat ini baru akan terasa jika pada biji kopi tersebut memiliki kandungan asam chlorogenic yang tinggi dan dikonsumsi dengan baik (tidak berlebihan).

Manfaat Green Coffee untuk Diet

Seperti yang kita tahu, kandungan asam klorogenik pada green coffee asli ini baik digunakan untuk diet. Secara garis besar, manfaat green coffee extract adalah sebagai berikut.

Membakar lemak

Dengan mengonsumsi green coffee selama 12 minggu secara rutin dapat menurunkan berat badan hingga 5 kg loh, Moms. Namun, Moms tetap harus mengimbanginya dengan olahraga teratur.

Nah, penurunan berat badan ini diduga karena adanya kandungan asam chlorogenic pada kopi hijau yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Akibatnya, proses pembakaran lemak dapat berlangsung dengan baik.

Mengurangi lapar

Manfaat makan biji kopi mentah lainnya yaitu dapat mengurangi rasa lapar. Akibatnya, Moms dapat mengatur frekuensi makan dengan baik. Apalagi jika Moms mengonsumsinya dengan sedikit tambahan gula. Besar kemungkinan Moms akan merasa kenyang setelah mengonsumsinya.

BACA JUGA: 7 Makanan Sehat untuk Diet yang Bisa Turunkan Berat Badan

Efek Samping Mengonsumsi Green Coffee

Selain bagus untuk diet, ternyata mengonsumsi green coffee juga dapat menimbulkan beberapa efek samping lain. Kira-kira apa saja efek samping mengonsumsi green coffe ini? Berikut adalah beberapa bahaya green coffee yang harus Moms waspadai.

  • Mudah merasa lelah
  • Mengalami gangguan tidur
  • Jantung berdetak lebih cepat
  • Dapat menimbulkan gangguan pencernaan
  • Sering buang air kecil
  • Dapat menyebabkan sakit kepala
  • Adanya rasa cemas yang berlebihan

Mengingat efek samping green coffee yang ditimbulkan ini cukup banyak, Moms harus mengurangi konsumsi kopi jenis ini. Ada baiknya jika Moms jangan terlalu sering mengonsumsi kopi hijau. Gunakanlah aturan minum green coffe dengan baik dan benar. Dengan mengkonsumsi sesuai aturan, maka Moms akan mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari efek sampingnya.

Nah, jika Moms ingin diet, sebaiknya jangan menjadikan kopi hijau ini sebagai satu-satunya cara. Alangkah lebih baik jika Moms memilih hidup sehat dengan banyak-banyak berolahraga dan mengonsumsi makanan serta minuman yang sehat. Moms dapat mengurangi konsumsi kalori sekitar 500-1000 kalori dan berolahraga selama 30 menit setiap hari.

Belakangan ini, green coffe sedang ramai diperbincangkan karena dipercaya dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Manfaat green coffee untuk diet ini dipengaruhi oleh kandungan asam klorogenik pada biji kopi hijau. Meskipun baik untuk diet, Moms tetap tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya, ya. Sebab, efek samping yang ditimbulkan juga besar, lho.

Leave a Comment

%d bloggers like this: