Salah satu masalah yang sering terjadi pada konsumsi susu formula bayi adalah alergi dan intoleransi jenis protein tertentu seperti susu sapi. Alergi susu formula salah satunya disebabkan karena ketidakmampuan sistem pencernaan bayi mencerna laktosa pada susu. Oleh karena itu, Moms perlu tahu jenis susu formula untuk bayi diare.

Kondisi sistem pencernaan yang bermasalah pada bayi ini akan semakin kompleks saat bayi sendiri sedang mengalami diare. Apakah pada kondisi ini tetap dibolehkan mengonsumsi susu formula? Moms perlu konsultasi dengan dokter. Beberapa susu formula dirancang bebas laktosa agar lebih mudah dicerna bayi sehingga tidak diare.

BACA JUGA: Ini Dia Ciri-Ciri Bayi Alergi Makanan MPASI dan Penyebabnya!

Susu Neocate LCP

Pada dasarnya susu formula untuk bayi diare adalah susu yang diformulasikan bebas laktosa, sebab gula alami inilah yang sering menyebabkan bayi mengalami alergi pencernaan. Susu Neocate LCP salah satu merk yang dikhususkan untuk bayi-bayi yang bermasalah sistem pencernaannya karena alergi laktosa.

Susu ini ditujukan untuk bayi usia 0 hingga 12 bulan. Kandungan gizinya diformulasikan khusus untuk bayi dengan kondisi medis tertentu. Penggunaannya harus didasarkan pengawasan dokter. Harganya pun cukup wow, untuk 400 gram dijual dengan kisaran Rp330 ribu. Moms pernah mencoba untuk si kecil?

Susu Enfamil A+Gentle Care

Susu formula untuk bayi alergi susu sapi yang selanjutnya adalah Enfamil A+ Gentle Care. Susu ini mengandung jenis protein kasein dan whey yang dikombinasikan. Penggunaan susu ini ditujukan bagi bayi usia 0 hingga 12 bulan. Susu ini juga bisa dijadikan susu pendamping ASI setelah usia bayi 6 bulan.

Di pasaran susu ini cukup terjangkau harganya. Ukuran 400 gram bisa dibeli dengan anggaran Rp178 ribu. Moms bisa mengonsumsi susu ini untuk kesehatan si kecil tanpa harus melalui rekomendasi dokter.

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Ini Jenis Susu Formula untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Susu PurAmino

Susu Formula untuk Bayi Diare
Susu Formula untuk Bayi Diare

Merk susu ini ditujukan untuk bayi yang mengalami alergi berat terhadap susu sapi. Kandungan dasar susu ini adalah asam amino hipoalergenik. Penggunaan susu formula untuk bayi diare ini harus berdasarkan saran dan rekomendasi dokter. Diperuntukkan untuk bayi yang berumur 0 hingga 24 bulan.

Susu ini biasanya hanya dikonsumsi karena kondisi medis tertentu pada bayi, jadi tidak boleh sembarangan ya Moms. Secara harga pun cukup mahal. Harga susu PurAmino untuk setiap 400 gram bisa Moms beli dengan biaya sebesar Rp430 ribu. Kandungan nutrisinya disarankan untuk kondisi medis pada bayi yang mengalami alergi berat.

Susu Nutramigen LGG

Merk susu formula untuk bayi diare yang selanjutnya adalah Nutramigen LGG. Jenis susu ini diperuntukkan bagi bayi yang mengalami alergi ringan. Kandungan proteinnya hanya terhidrolisa secara ekstensif sehingga hanya cocok untuk alergi ringan. Penggunaan susu ini ditujukan untuk bayi usia 0 sampai 12 bulan.

Walaupun hanya untuk mengatasi alergi ringan, penggunaannya harus didasarkan saran dokter. Susu ini bisa Moms dapatkan di pasaran dengan harga Rp330 ribu untuk setiap 400 gram.

Cara mengetahui bayi cocok susu formula atau tidak bisa dilihat dari respon yang muncul. Bila tidak menimbulkan masalah pencernaan, alergi fisik seperti kulit ruam-ruam dan sejenisnya artinya susu formula yang dikonsumsi bayi tersebut cocok dan tidak bermasalah. Namun, jika muncul masalah maka Moms harus segera mengatasinya.

Jangan membiarkan bayi dalam kondisi alergi atau intoleransi yang lama pada susu formula. Efeknya akan terlihat sangat signifikan, terutama akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam jangka panjang. Bayi pun akan mengalami dehidrasi dan masalah kesehatan lain yang mungkin akan serius.

Moms bisa memilih susu formula untuk bayi diare yang disarankan dokter. Lakukan pemeriksaan dan kontrol serius untuk menangani kondisi alergi tersebut. Bukan tidak mungkin setelah lebih dua tahun usia anak, alergi atau intoleransi akan berkurang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: