Setiap ibu tentu punya keinginan untuk memberikan ASI dengan kualitas terbaik pada si buah hati, tetapi tidak semua kondisi berjalan baik seperti yang diinginkan. Masalah kesehatan dan sejenisnya membuat banyak ibu akhirnya gagal memberi ASI. Jangan panik Moms, ketahui cara memilih susu formula bayi terbaik sebagai solusi.

Susus formula menjadi pilihan bagi ibu apabila kondisi ASI tidak mencukupi atau tidak bisa diproduksi sama sekali. Di pasaran Moms bisa menemukan banyak sekali merk susu formula bayi terbaik dengan harga yang bervariasi. Apakah yang mahal sudah pasti baik untuk buah hati Moms? simak panduan berikut.

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Ini Jenis Susu Formula untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Susu Formula Bayi Terbaik Bebas Alergi

Salah satu kekhawatiran penggunaan susu formula pada bayi adalah kondisi alergi. Beberapa bayi mengalami alergi pada laktosa (gula yang ada pada susu), atau sistem pencernaannya sulit untuk mencerna. Kondisi alergi ini bisa ditandai dengan keadaan perut kembung, sering  buang angin, susah BAB, dan masalah pencernaan lainnya.

Oleh karena itu, susu formula terbaik yang bisa Moms pilih untuk si kecil adalah yang tidak menyebabkan alergi seperti kondisi di atas. Soal harga tentu relatif, bisa jadi si kecil cocok dengan yang mahal, atau yang harga standar, atau bahkan yang murah.

Dampingi Susu Formula dengan MPASI Gizi Seimbang

Bila terpaksa memberikan susu formula pada anak di bawah 2 tahun, maka hal penting yang harus Moms lakukan adalah memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi gizi seimbang.

Perjuangan Moms di  2 tahun pertama masa uji coba anak untuk makan akan sangat menentukan kemampuan anak makan di masa akan datang. Kenalkan anak pada aneka jenis makanan dengan gizi sesuai kebutuhan usianya. Walaupun Moms sudah memberikan susu bayi termahal, nutrisi MPASI tetap dibutuhkan.

BACA JUGA: 4 Susu Formula Untuk Bayi 6-12 Bulan Agar Cepat Gemuk

Protein Terbaik untuk Susu Formula Bayi

Susu Formula Bayi Terbaik
Susu Formula Bayi Terbaik

Protein sapi disebut-sebut sebagai jenis protein terbaik untuk susu formula bayi. Oleh karena itu, pilihlah jenis protein susu yang berasal dari sapi. Apabila anak mengalami alergi dengan protein sapi, maka barulah alternatifnya diberikan protein susu soya atau kedelai.

Susu formula bayi yang mendekati ASI memiliki kandungan protein yang berasal dari sapi. Rasio protein dari sapi mendekati komposisi dari ASI. Itulah mengapa di pasaran Moms akan lebih sering menemukan susu yang berasal dari protein sapi. Selagi anak Moms tidak mengalami energi, berikan jenis protein susu sapi untuk dikonsumsi.

Harga Mempengaruhi Kualitas, tetapi Belum Tentu Cocok

Di pasaran banyak sekali dijual susu formula yang berasal dari protein sapi. Mulai dari kelas ekonomis sampai premium. Bila Moms memiliki anggaran yang cukup untuk membeli susu premium bisa memberikan jenis susu ini, tetapi juga tak cukup pun Moms tidak perlu khawatir karena biasanya komposisi gizi utamanya tetap sama.

Susu formula paling bagus untuk anak adalah yang paling cocok dan tidak menyebabkan alergi. Termasuk cocok secara ekonomi. Ingat pemberian susu ini dalam jangka waktu yang lama, pastikan ekonomi Moms cocok juga dengan merk yang dipakai.

Namun, bila ingin investasi di masa depan untuk si buah hati, carilah yang paling bagus dan tidak menimbulkan masalah terutama alergi.

Walaupun susu formula tersedia cukup banyak di pasaran, tetaplah berusaha untuk memberikan ASI kepada si buah hati. Daya tahan tubuh bagi anak yang diberi ASI akan lebih baik, kedekatan antara anak dan ibu pun bisa lebih optimal. Hal paling penting bisa berhemat secara ekonomi.

Susu formula bayi terbaik hadir sebagai alternatif. Ada orang tua yang memang tidak ditakdirkan memberi ASI untuk anaknya. Maka, pilihannya cukup tersedia. Moms setuju dengan pengutamaan pemberian ASI?

Leave a Comment

%d bloggers like this: