Memikirkan ide resep makanan anak usia 2 tahun itu gampang-gampang sulit. Sebab, terkadang si kecil hanya suka dengan jenis makanan yang itu-itu saja. Padahal, pada usianya sekarang, anak membutuhkan asupan nutrisi yang harus mencukupi.

Maka dari itu, Moms harus coba membuat menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang kreatif dan lezat. Nah, mungkin beberapa ide resep di bawah ini bisa menginspirasi untuk membuat sajian sehat yang disukai anak.

1. Bakso Sayur

Ini adalah contoh resep sayur untuk balita 2 tahun supaya si kecil lebih doyan makan sayur. Jadi, idenya adalah membuat bakso dengan bahan dasar daging dan sayuran.

Pertama-tama, Moms perlu menyiapkan ¼ daging ayam yang sudah digiling dan 1 genggam tepung kanji. Nah, supaya baksonya jadi lebih sehat, tambahkan ½ ikat bayam, 1 brokoli dan 1 wortel (diparut kasar). Untuk bumbu halusnya cukup 5 siung bawang putih dan 2 butir merica.

Cara pembuatan:

Rebus dan blender dulu semua sayuran yang sudah dipersiapkan tadi. Lalu campurkan dengan daging ayam, tepung dan bumbu halusnya.

Bentuk adonannya bulat-bulat kecil seperti bakso, tetapi setelah itu jangan digoreng melainkan direbus dengan air mendidih. Tunggu sampai adonan bakso mengapung, lalu tiriskan dan sajikan kepada si kecil saat dingin.

2. Omelet Brokoli

Variasi resep makanan anak usia 2 tahun yang kedua adalah omelet sayur dari brokoli. Bahan-bahan yang Moms butuhkan bisa disesuaikan dengan porsi buat si kecil.

Sediakan 2 butir telur, 1 tangkai brokoli, ½ buah bawang bombay, 2 siung bawang putih, dan parutan keju. Tapi jika si kecil tidak suka keju jangan dipaksa, ya, Moms. Cukup bahan-bahan di atas saja, garam dan lada secukupnya.

Cara pembuatan:

Potong kecil-kecil 1 tangkai brokoli yang sudah dicuci bersih. Kemudian iris tipis bawang putih dan bombay. Campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam kocokan telur, lalu tambahkan garam dan lada secukupnya. Aduk sampai rata kemudian goreng adonan dengan minyak panas.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Vitamin untuk Bayi dan Anak Ini Ada di Makanan Mereka!

3. Bola-bola Ubi

Supaya jadwal makan anak 2 tahun lebih teratur, Moms mungkin juga perlu menyediakan camilan. Nah, untuk yang ketiga ada resep bola-bola ubi isi coklat.

Bahan utamanya adalah 3 buah ubi (kuning atau ungu, bebas), 3 sdm tepung tapioka, gula pasir secukupnya dan sedikit garam.

Cara pembuatan:

Kupas dan cuci bersih ubi, kemudian rebus sampai lunak. Setelah lunak, lumatkan tiga buah ubi tersebut dengan uleg atau diremas tangan. Setelah selesai, tuangkan tiga sdm tepung tapioka ke dalam adonan ubi.

Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya supaya rasanya lebih gurih. Tetapi Moms bisa juga membuatnya tanpa gula dan garam, kok. Bentuk adonan ubi menjadi bola-bola kecil dan masukkan butir coklat (meses) ke dalamnya. Cukup goreng sekali balik, lalu sajikan kepada buah hati.

4. Puding Susu Coklat

Puding adalah makanan yang cocok untuk anak balita karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Resep makanan anak usia 2 tahun keatas ini juga bisa jadi opsi jika si kecil sedang sulit makan.

Bahannya cukup 1 bungkus puding (merek apa saja), susu kental manis coklat secukupnya dan 50gr serutan coklat blok.

Cara pembuatan:

Campurkan bahan-bahan di atas dengan air (kurang lebih 100 ml) di dalam panci. Letakkan panci di atas kompor sambil terus diaduk sampai mendidih dengan api sedang. Setelah adonan disaring, tuang ke dalam cetakan dan dinginkan.

Nah, itu dia empat ide resep makanan anak usia 2 tahun yang lezat dan mudah dibuat untuk si kecil. Jangan lupa sesuaikan dengan porsi makan anak 2 tahun, ya, Moms. Selamat memasak!

Leave a Comment

%d bloggers like this: