Jenis makanan bayi 9 bulan tidak terlalu berbeda dengan yang dikonsumsi saat dia berusia 6 bulan. Pada usia ini, bayi memang sudah mulai tertarik untuk makan sendiri dengan tangannya dan menyukai lebih banyak jenis makanan. Akan tetapi, orang tua tetap harus memperhatikan makanan apa yang dianjurkan untuk Si Kecil.

Makanan Bayi 9 Bulan yang Mudah Dibuat

Berikut ini beberapa contoh resep MPASI 9 bulan sederhana dari bahan utama sayuran.

  • Finger Food Sayur

Finger food ini seperti camilan buat Si Kecil yang bisa Moms berikan di sela-sela jadwal makannya. Bahan yang Moms butuhkan adalah kentang, wortel, buncis, jagung manis, dan tahu. 

Untuk membuatnya, semua bahan harus dicuci dulu sampai bersih terutama sayuran dan jagung. Setelah itu potong kecil-kecil agar mudah dipegang dan dimakan oleh bayi. Kukus dalam satu wadah secara bersamaan.

Letakkan wortel dan kentang di bagian bawah, sedangkan di atasnya ada buncis, jagung manis dan tahu. Setelah matang, tunggu sampai dingin sebelum disajikan.

  • Bubur Kentang Kaldu Ayam

Campuran kentang dan kaldu ayam bisa menjadi variasi lain sehingga anak tidak mudah bosan dengan rasa yang itu-itu saja. 

Kentang adalah bahan yang berkalori tinggi dan mengandung banyak vitamin. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat bubur kentang kaldu ayam ini. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah kentang, kaldu ayam, bawang bombai, wortel, dan seledri.

Pertama-tama, siapkan dulu kaldu ayamnya dari bahan-bahan tulang ayam, bombai, wortel, dan seledri. Matikan kompor setelah air rebusan sudah benar-benar surut agar kaldunya bisa tersaring sempurna.

Tuangkan kentang kupas yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam kaldu tersebut. Campurkan juga beberapa bahan lain bila ada seperti brokoli atau ikan kakap. Rebus dan tunggu sampai semua bahan lunak dan mudah dikonsumsi oleh bayi.

  • Muffin Brokoli

Bentuknya seperti cupcake tetapi terbuat dari bahan utama brokoli. Adapun bahan yang perlu Moms siapkan adalah brokoli, keju, telur, yogurt, garam, minyak, dan tepung self-raising.

Pertama-tama rebus brokolinya sampai benar-benar empuk. Kemudian campurkan semua bahan yang tadi sudah Moms siapkan kecuali tepung self-raising.

Tepung ini beserta garam disiapkan di wadah lain. Ayak menggunakan garpu sampai benar-benar tercampur merata. Kemudian campurkan adonan pertama yang sudah Moms siapkan tadi. 

Saat mengaduk usahakan tidak terlalu kuat agar muffin bisa mengembang. Lalu tuangkan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega atau minyak dan panggang selama 15 menit.

  • Ayam Ubi Tumbuk

Bayi juga boleh mengonsumsi ubi karena bisa menjadi alternatif bubur nasi. Bahan-bahannya adalah ubi, telur, ayam kampung, dan mentega. Semua bahan disiapkan secukupnya saja sesuai porsi untuk bayi.

Untuk membuat variasi resep makanan bayi 9 bulan yang satu ini, rebus dulu ayam sampai benar-benar lunak, kemudian giling atau cincang. Tumbuk atau haluskan ubi kukus dan campurkan dengan ayam cincang tadi.

  • Nugget Ayam dan Wortel

Ini adalah variasi lain untuk MP ASI 9 bulan sebagai camilan. Siapkan daging ayam giling 150 gr, 1 wortel sedang, 3 siung bawang putih, 1 sdm bawang goreng, 1 sdm terigu, tepung roti, 1 butir telur ayam.

Bahan adonan pertama yang perlu dibuat adalah daging ayam, bawang putih, bawang goreng, dan wortel. Haluskan semua bahan tersebut, kemudian tambahkan terigu.

Gunakan kocokan telur untuk menempelkan tepung roti pada adonan nugget yang sudah dibentuk. Kemudian goreng nugget sampai setengah matang saja lalu sajikan kepada Si Kecil. 

Praktis kan 5 resep makanan bayi 9 bulan di atas? Jadi daripada membeli makanan instan, lebih baik Moms membuat sendiri dengan bahan-bahan yang sehat.

Leave a Comment