Hallo Moms, saat Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan, waktunya Moms untuk menyiapkan makanan pendamping selain ASI. Nah, apakah Moms sedang bingung menyiapkan menu MPASI atau menu 4 bintang?

Istilah 4 bintang sendiri digunakan karena di dalamnya terkandung empat unsur gizi. Mereka adalah karbohidrat, protein (hewani dan nabati), dan zat lainnya dari sayuran. Jika keempat unsur tersebut tidak terpenuhi, maka anak berat badan anak akan rendah hingga mengalami mal nutrisi.

Daftar Menu 4 Bintang MPASI

Sebelum anak berusia enam bulan, sebaiknya para orang tua terlebih dahulu belajar tentang bagaimana cara membuat menu MP ASI 4 bintang. Apa saja menunya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menu Ayam Tomat

Resep menu 4 bintang MPASI 6 bulan yang pertama membutuhkan bahan utama daging ayam dan tomat. Untuk takarannya, sediakan 3 buah tomat, 1 buah jagung manis, 150 gram daging ayam, dan 1 sendok makan tepung beras merah.

Proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu lama. Pertama-tama, masak dulu tepung beras merah hingga matang. Sembari menunggu, persiapkan juga daging ayam, dengan direbus selama sekitar 20 menit bersama bumbu bawang putih, bombai, daun seledri dan prei. 

Setelah diangkat, haluskan ayam lalu tuangkan ke beras merah yang sudah matang. Terakhir, tambahkan jagung manis rebus (5 menit) dan tomat rebus (3 menit) yang sudah diblender dan disaring.

2. Menu Tuna Hijau

Menu 4 bintang berikutnya terbuat dari campuran bahan tuna, kabocha kuning dan brokoli. Untuk membuatnya, pertama rebus dulu tuna selama 30 menit dengan bumbu bawang putih dan merah, jahe, dan irisan wortel.

Kukus satu buah brokoli dan 200 gram kabocha kuning selama sekitar lima menit, kemudian haluskan dan saring. Setelah semua selesai, campurkan ke dalam satu tepung beras merah yang sudah matang.

3. Menu Telur Ayam Kampung

Siapkan dua butir telur ayam kampung rebus, kemudian ambil kuningnya saja. Ambil segenggam kacang merah, 200 gram kabocha kuning, dan 8 buah kentang kecil.

Pertama, Moms siapkan dulu kuning telurnya dengan cara dicampur 1 sendok teh susu. Kemudian rebus kacang merah (15 menit), kabocha kuning (3 menit) dan kentang (5 menit). 

Haluskan dan saring semua bahan tersebut, kemudian campurkan dengan kuning telur ayam kampung tadi. Tambahkan susu secukupnya lalu aduk sampai merata.

Menu Tunggal Sebelum Memberi 4 Bintang

Barusan adalah tiga daftar menu 4 bintang 6 bulan yang mudah dibuat dengan bahan sehari-hari. Akan tetapi, di 14 hari awal sejak si kecil mulai boleh mengonsumsi MPASI, sebaiknya Moms memberikan menu tunggal terlebih dahulu.

Menu tunggal artinya adalah memberi anak satu jenis makanan saja setiap harinya. Ini berguna agar orang tua mengetahui apakah si kecil punya alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Dengan begitu Moms bisa memilih resep menu 4 bintang yang tepat.

Misalnya si anak punya alergi kacang-kacangan, seafood, telur, atau keju. Semua bisa terlihat dengan memberikan satu jenis makanan dalam dua hari secara berturut-turut.

Namun, Moms jangan memaksa Si Kecil menerima MPASI, ya. Biarkan semua proses berjalan secara bertahap sampai bayi terbiasa dengan tekstur, rasa dan jadwal makannya. 

Setelah pembiasaan MPASI berjalan lancar Moms juga bisa menambahkan camilan berupa potongan buah atau sayur sebagai pelengkap menu 4 bintang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: