HalloMoms! Ketika bayi berusia 7 bulan maka sangat penting untuk memberikannya makanan yang cukup padat sebagai pendamping ASI. Hal ini tentunya berguna untuk mengasah pertumbuhan gigi bayi serta kecerdasan otak bayi. Oleh karena itu Moms perlu tahu menu MPASI manis untuk bayi 7 bulan.

Agar si bayi tidak bosan dengan menu makanannya, tentu saja Moms harus memberikannya makanan yang bervariasi setiap harinya. Nah untuk Moms yang belum tahu, berikut merupakan beberapa menu MPASI manis yang wajib dicoba.

BACA JUGA: Resep Makanan Bayi MPASI 7 Bulan dengan Bahan Ikan dan Sayur

1. Puree Kacang Hijau

Menu MPASI manis untuk bayi 7 bulan yang pertama, yaitu puree kacang hijau. Seperti yang Moms ketahui bahwa kacang hijau merupakan salah satu menu MPASI yang bergizi tinggi. Tentunya membuat puree kacang hijau juga sangatlah mudah. Adapun bahan-bahannya, yaitu:

  • Air putih (merebus kacang)
  • Kacang hijau (2 sdm yang telah direndam selama 6 jam)
  • ASI atau susu formula

Adapun cara membuatnya yang pertama adalah merebus kacang hijau dengan air putih secukupnya selama 20 menit. Setelah direbus, maka haluskan kacang hijau dengan blender kemudian saring. Yang terakhir tambahkan ASI atau susu formula dan aduk hingga rata, lalu makanan siap disantap si kecil.

2. Puree Alpukat dan Pisang

Buah-buahan tentunya sangat kaya manfaatnya bagi setiap orang, seperti buah alpukat dan buah pisang. Puree alpukat dan pisang juga merupakan menu MPASI yang kaya nutrisi untuk si kecil. Adapun bahan-bahan yang digunakan, yaitu:

  • Alpukat (1/2 buah)
  • Buah Pisang (1 buah)
  • ASI (secukupnya)

Cara membuat puree alpukat dan pisang yang pertama, yaitu kupas kulit alpukat dan pisang terlebih dahulu. Kemudian haluskan kedua buah tersebut dengan menggunakan blender dan tambahkan ASI. Campur dan aduk hingga merata, lalu saringlah dan makanan siap disajikan untuk si bayi.

BACA JUGA: Si Kecil Pasti Doyan! 4 Resep Makanan Anak Usia 2 Tahun yang Enak

3. Bubur Beras Wortel

Beras dan wortel juga merupakan makanan yang dapat dijadikan sebagai menu MPASI yang mudah dibuat. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu MPASI ini, yaitu:

  • Beras (1 sdm, rendam selama 3 jam dan tiriskan)
  • Air (250 ml)
  • Wortel (25 gr, dipotong kecil-kecil)
  • ASI/ PASI (100 ml)

Cara membuat bubur beras dan wortel yang pertama, yaitu masukkan air dan beras ke dalam panci lalu aduk selama 10 menit.  Kemudian masukkan wortel ke dalam panci dan rebus kurang lebih selama 5 menit.

Angkat panci dan haluskan dengan blender bahan-bahan yang sudah direbus tadi. Lalu tambahkan ASI atau PASI ke bahan yang telah dihaluskan dan aduk hingga rata. Kemudian makanan siap dihidangkan untuk si kecil.

4. Bubur labu kuning

Salah satu menu MPASI yang wajib dicoba oleh Moms, yaitu bubur labu kuning. Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya juga sangat mudah, yaitu:

  • Labu (1 buah)
  • Air putih (secukupnya)

Cara membuat bubur labu kuning yang pertama, yaitu potong labu kuning dan buang bijinya, kemudian masukkan ke dalam panci. Lalu masukkan air ke dalam panci hingga labu terendam, dan rebus labu hingga lunak. Setelah itu dinginkan dan encerkan labu, lalu sajikan pada si kecil.

5. Pure Mangga

Puree mangga merupakan salah satu menu MPASI bernutrisi tinggi dan bermanfaat. Moms butuh bahan-bahan berupa 1 buah mangga harum manis dan air putih secukupnya.

Cara membuat puree ini juga cukup mudah, yaitu yang pertama kupas dan buang biji mangga terlebih dahulu. Potong-potong buah dan haluskan buah dengan blender, tambahkan sedikit air. Kemudian puree mangga siap dihidangkan untuk bayi.

Nah di atas merupakan menu MPASI manis untuk bayi 7 bulan yang wajib Moms coba dan tahu. Untuk Moms yang memiliki bayi dengan usia 7 bulan, selamat mencoba!

Leave a Comment

%d bloggers like this: