Setiap ibu selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk memberikan makanan yang terbaik. Setelah 6 bulan Moms memberikan ASI yang eksklusif untuk bayi, saat ini Moms bisa memberikan MPASI. Ternyata menu MPASI untuk bayi 6 bulan adalah hal yang penting untuk mendukung pertumbuhan bayi sehingga lebih sehat dan aktif. 

Pencernaan bayi masih belum dapat menjalankan tugasnya dengan baik, oleh karena itu Moms harus berhati hati. Berbagai daftar menu MPASI 6 bulan rekomendasi ahli ialah makanan yang bisa dicerna dengan baik oleh pencernaan si kecil. Tentunya, saat pertama kali mengonsumsi MPASI, Moms harus membiasakan bayi secara perlahan untuk mengonsumsi MPASI.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu MPASI dr. Tiwi dan Cara Penyajiannya untuk Si Kecil

Menu MPASI untuk Bayi  6 Bulan dari Buah-Buahan hingga Daging

Moms bisa memberikan berbagai makanan untuk si kecil, namun Moms juga harus memperhatikan tekstur makanan tersebut. Berbagai makanan MPASI 6 bulan sebaiknya memiliki tekstur yang lembut dan halus. Berikut ini ialah berbagai menu MPASI yang aman untuk Moms berikan kepada bayi yang baru belajar mengonsumsi MPASI.

Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan
Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan
  • Alpukat

Saat pertama kali Moms memberikan MPASI kepada bayi, Moms bisa memperkenalkan buah alpukat. Selama tiga hari pertama, Moms bisa memberikan alpukat secara beruntun sehingga bayi bisa beradaptasi. Moms bisa menghancurkan alpukat yang sudah matang dan menambahkan ASI. Tidak perlu terlalu banyak, Moms bisa menggunakan setengah alpukat dulu. 

  • Pisang

Saat Moms memutuskan untuk memberikan menu MPASI bayi 6 bulan Moms bisa memulainya dengan sarapan. Menu sarapan yang bisa Moms berikan untuk si kecil ialah satu buah pisang yang manis. Selain bergizi, menu ini juga sangat mudah untuk dibuat. Potong pisang menjadi beberapa bagian lalu tumbuh bersama ASI sampai teksturnya menjadi halus. 

  • Puree Kentang

Menu MPASI bergizi berikutnya ialah puree kentang, untuk membuat makanan ini  hanya menggunakan kentang dan ASI. Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi dan bisa digunakan untuk membuat berbagai MPASI. Namun, Moms tetap bisa membuat menu yang bergizi dan sederhana dengan menghaluskan kentang dengan ASI, MPASI ini sangat bergizi. 

  • Wortel dan Kentang

Selain buah-buahan, ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan Moms bisa memperkenalkan berbagai sayuran. Salah satu MPASI yang bisa Moms buat ialah bubur wortel dan kentang. Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk mata dan kentang mengandung karbohidrat yang tinggi. Perpaduan 2 bahan ini mampu membuat bayi melatih kemampuan mengunyah.

  • Bubur Susu

Ketika siang hari bayi sudah mulai kelaparan, Moms bisa membuat resep MPASI 6 bulan pertama terbaik yakni bubur susu. Moms hanya perlu mencampurkan tepung beras merah dengan ASI lalu rebus sampai menjadi bubur. Ketika makanan ini sudah dingin, Moms bisa menyuapi si kecil. Selain mudah, ternyata bubur susu juga mengandung banyak energi. 

  • Brokoli 

Setiap ibu menginginkan anaknya untuk suka mengonsumsi sayur, Moms bisa melatih bayi agar terbiasa mengonsumsi sayur. Pilihan sayur yang tepat untuk membuat MPASI ialah brokoli yang dicampur dengan suwiran ayam. Moms bisa menghancurkan brokoli sampai halus lalu tambahkan dengan suwiran ayam, makanan ini mengandung banyak nutrisi dan gizi. 

  • Daging Ayam

Saat memasuki usia 6 bulan, Moms juga bisa mulai memenuhi kebutuhan protein hewani untuk si kecil. Moms bisa menggunakan daging ayam yang dihancurkan bersama beras putih. Perpaduan dua bahan ini membuat bayi bisa mendapatkan asupan karbohidrat dan protein sekaligus. Berikan si kecil makanan ini sebagai menu sarapan atau makan malam. 

Itulah berbagai rekomendasi menu MPASI untuk bayi 6 bulan yang bisa Moms buat dengan mudah di rumah. Dengan gizi yang lengkap, anak anak mampu tumbuh dengan baik, sehat dan aktif. Jangan lupa untuk tetap memberikan ASI ekslusif ya Moms, dengan ASI yang cukup anak anak dapat tumbuh dengan baik. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: