Semakin hari buah hati tumbuh dengan semakin menggemaskan bukan Moms? Untuk mendukung pertumbuhan ini, Moms harus memberikan asupan gizi yang cukup. Setelah memasuki usia 6 bulan, Moms bisa memberikan menu MPASI pertama bayi 6 bulan. Pemberian MPASI ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bayi yang semakin bertambah. 

Saat awal pemberian MPASI, Moms harus memperhatikan pemilihan makanan dan jadwal MPASI bayi sehingga bayi bisa beradaptasi dengan baik. Pemilihan makanan MPASI pertama ini adalah makanan yang bertekstur lembut dan mampu melatih bayi untuk mengunyah. Tentu, pemberian MPASI ini harus Moms berikan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Rekomendasi Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan yang Aman Dikonsumsi

Selama 5 bulan sebelumnya, bayi hanya mendapatkan asupan nutrisi dan gizi dari ASI yang diberikan secara eksklusif. Seiring bertambahnya kebutuhan nutrisi, Moms bisa memberikan berbagai  menu MPASI sehat dan bergizi loh. Berikut ini adalah rekomendasi berbagai makanan MPASI yang aman diberikan untuk bayi berusia 6 bulan dan mudah dibuat di rumah.

  • Pisang 

Menu makan bayi 6 bulan pertama yang bisa Moms berikan ialah buah pisang karena kandungan gizi yang tinggi dan tekstur yang lembut. Pada bayi yang berusia 6 bulan mereka memiliki pencernaan yang belum dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, pisang cocok digunakan sebagai MPASI pertama karena mampu melatih pencernaan bayi dengan aman. 

  • Pepaya

Masih dalam buah buahan, Moms bisa memilih buah pepaya yang memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan bayi. Selain itu, kandungan vitamin yang tinggi pada buah ini juga membuat tubuh bayi menjadi sehat. Moms bisa menghaluskan pepaya sehingga mudah dikonsumsi oleh bayi dan mencampurkannya dengan air ASI. 

  • Brokoli dan Kentang
menu mpasi pertama bayi 6 bulan
menu mpasi pertama bayi 6 bulan

Selain buah-buahan, Moms juga sudah bisa memperkenalkan berbagai jenis sayuran sebagai MPASI.  Brokoli memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dibutuhkan oleh bayi berusia 6 bulan ke atas. Untuk menambah kandungan karbohidrat, Moms bisa menambahkan kentang yang sudah direbus lalu dihaluskan bersama brokoli. 

  • Nasi, Telur Puyuh dan Wortel 

Resep MPASI 6 bulan pertama terbaik yang bisa Moms buat di rumah ialah campuran nasi, telur dan wortel. Dengan memberikan makanan ini, Moms bisa memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh bayi. Berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein dan vitamin membuat menu ini sangat cocok loh Moms untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

BACA JUGA: Ini Loh Moms, Inspirasi Makanan MPASI Anak 7 Bulan Sehat dan Mudah

  • Bubur Labu Kuning

Makanan yang bisa dikonsumsi dengan mudah oleh bayi ialah bubur yang memiliki tekstur yang lembut. Moms bisa menggunakan labu kuning untuk membuat makanan MPASI aman untuk bayi yang mengandung gizi yang tinggi. Labu kuning memiliki manfaat untuk bayi diantaranya memiliki zat besi, vitamin A, vitamin C serta kalium yang tinggi. 

  • Brokoli dan kentang

  • Pure Kentang

Menu MPASI bergizi yang mudah ialah pure kentang, Moms hanya perlu menggunakan kentang dan ASI. Kentang memiliki karbohidrat yang tinggi dan bisa digunakan dengan bahan lainnya untuk membuat MPASI. Namun, jika Moms tidak memiliki banyak waktu Moms bisa menghancurkan kentang lalu tambah dengan air ASI, MPASI ini sangat bergizi. 

Itulah berbagai rekomendasi menu MPASI pertama bayi 6 bulan yang bisa Moms berikan kepada si kecil. Moms bisa memberikan berbagai MPASI tersebut dan pastinya dilakukan secara berkala ya Moms. Semakin baik kandungan gizi dalam makanan tersebut, pertumbuhan bayi akan semakin optimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: