Sebagai salah satu buah yang cukup mudah didapatkan, kabocha atau labu kuning ternyata sangat banyak manfaatnya. Salah satu yang paling luar biasa dari manfaat kabocha adalah kandungan nutrisinya Moms. Menu MPASI kabocha adalah salah satu sumber MPASI yang sangat kaya akan nutrisi, gizi dan aneka kebutuhan tumbuh kembang buat si Kecil.

Di setiap daerah sebutan untuk kabocha mungkin saja berbeda-beda. Ada yang menyebut kabocha sebagai labu kuning, ada juga yang menyebutnya waluh kabocha. Sementara di pesisir barat Sumatera menyebut tanaman ini dengan perenggi. Namun apapun namanya, kabocha memiliki banyak sekali manfaat sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi.

BACA JUGA: Mudah Dibuat! 5 Menu MPASI 7 Bulan Wajib Coba

Kandungan Manfaat Menu MPASI Kabocha dan Cara Mengolahnya

Dalam labu kuning atau kabocha terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Kandungan nutrisi tersebut antara lain adalah vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B3 atau niasin, dan juga beta karoten. Selain ragam kandungan nutrisi tersebut, kabocha juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan juga fosfor.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan mineral pada kabocha, maka tak heran buah labu kuning ini memang sering dijadikan sebagai makanan sumber MPASI. Labu kuning atau kabocha dapat dikombinasikan dengan menu MPASI lain dan dipadukan menjadi menu MPASI kabocha 4 bintang. Selain tentu saja, kabocha juga bisa dijadikan menu tunggal atau puree untuk bayi.

menu mpasi kabocha
menu mpasi kabocha

Khusus untuk si Kecil Moms, ragam manfaat yang dapat diperoleh dari MPASI kabocha antara lain adalah sebagai berikut:

Meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil

Manfaat pertama yang paling signifikan dari kabocha atau labu kuning adalah kemampuannya meningkatkan daya tubuh si Kecil Moms. Jadi dengan MPASI yang bersumber dari kabocha, si Kecil akan lebih kuat terhadap perubahan cuaca yang bisa saja membuatnya jatuh sakit.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

Menjadi antioksidan alami

Manfaat kedua dari kabocha adalah kemampuannya yang dapat menjadi antioksidan alami bagi tubuh si Kecil. Antioksidan alami yang diperoleh dari MPASI kabocha akan membuat tubuh si Kecil kuat melawan beragam radikal bebas baik yang bersumber dari dalam tubuh si Kecil atau darui lingkungan luarnya.

Mencegah dan menyembuhkan cacingan

Olahan kabocha untuk bayi 6 bulan  umumnya dapat dibuat dalam bentuk pure saja yang bisa ditambahkan bubuk kayu manis atau jintan sebagai penyedap rasanya.

Namun selain menjadi sumber energi untuk bayi usia 6 bulan, kandungan MPASI kabocha juga sangat ampuh mencegah gejala cacingan pada si Kecil lho Moms.  Bahkan seumpama si Kecil sudah terserang cacingan, maka kombucha dapat menjadi obat alami yang menyembuhkannya. 

BACA JUGA: 6 Menu MPASI 6 Bulan Favorit Buah Hati, Si Kecil Dijamin Suka

Cara Menyiapkan Kabocha Sebagai MPASI

Untuk diolah sebagai MPASI, kabocha tentu saja membutuhkan pengolahan yang khusus. Beberapa tahapan sederhana dalam menyiapkan kabocha sebagai hidangan untuk si Kecil antara lain adalah sebagai berikut Moms:

  • Kabocha dikupas, diambil dagingnya saja. Jika tidak menggunakan metode frozen food, maka Moms cukup menggunakanya 50 gram saja untuk satu porsi buat si Kecil.
  • Selanjutkan kabocha dicuci hingga bersih, untuk kemudian dikukus selama beberapa menit.
  • Kemudian kabocha disaring menggunakan saringan kawat dengan ukuran pori-pori yang kecil.
  • Sebelum dihidangkan pada si Kecil, Moms dapat menambahkan bubur kabocha dengan ASI atau susu formula.  

Tekstur bubur kabocha dapat Moms atur ya sebelum disajikan, jika terlalu kental Moms bisa memperbanyak campuran ASI-nya. Oya, Moms juga dapat mengkombinasikan menu MPASI kabocha dengan sumber protein dan nutrisi lainnya. Selain membuat kandungan nutrisi buat si Kecil semakin lengkap, kombinasi kabucah juga membuat si Kecil tidak cepat bosan dengan rasanya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: