Moms gemar memasak untuk anak, maka Moms harus mengetahui salah satu penulis buku makanan khusus untuk anak yang terkenal. Salah satu penulis tersebut adalah Wied Harry Apriadji. Ada banyak sekali menu mpasi 8 bulan Wied Harry yang bisa Moms terapkan ke anak sebagai makanan pendamping ASI.

Sudah mulai penasaran bukan dengan apa saja menu yang dapat membuat anak Moms terpenuhi nutrisinya. Pastinya setiap menu tersebut tidak harus mahal, seperti susu formula untuk bayi dan juga lebih alami. Pemberiannya pun akan sangat baik, bagi bayi dengan usia di atas 8 bulan. Simak menu mpasi beliau berikut ini Moms.

BACA JUGA: Yuk Moms, Penuhi Gizi Bayi dengan Menu MPASI 8 Bulan Sederhana

1. Makanan Serba Buah

Makanan pendamping ASI yang perlu mulai diperkenalkan kepada bayi Moms menurut Bapak Wied Harry adalah makanan serba buah. Berbagai macam buah-buahan ini juga sudah mengandung kalori yang cukup sebagai pendamping ASI anak Moms. Gula alami yang terdapat pada buah sudah bisa menjadi sumber karbohidrat bagi anak.

Buah-buahan tersebut juga mudah untuk dicerna, karena bisanya buah juga sudah dilengkapi dengan berbagai enzim pencerna. Buah-buahan ini sangat berbeda dengan nasi yang biasanya tidak dilengkapi dengan enzim pencerna. Beberapa buah untuk bayi 8 bulan adalah jeruk baby, pepaya, alpukat, melon, apel, dan pisang.

Pemberian buah-buahan ini juga tidak perlu banyak. Misalkan saja pemberian pisang juga beratnya tidak mencapai lebih dari 50 gram untuk sekali makan. Moms perlu untuk membuat puree buah-buahan. Sebaiknya juga Moms perlu untuk membuat puree yang lebih encer dari jus yang biasa dimakan oleh orang dewasa.

2. Nasi dan Sayuran

menu mpasi 8 bulan wied harry
menu mpasi 8 bulan wied harry

Menu mpasi 8 bulan sederhana lainnya adalah nasi dan sayuran. Campuran kedua jenis makanan tersebut biasa disebut sebagai sumber karbohidrat kompleks. Moms bisa mulai memperkenalkan berbagai macam makanan yang kaya akan pati, seperti nasi. Nasi ini merupakan karbohidrat kompleks yang lebih susah dicerna oleh pencernaan.

Itulah mengapa pengenalan makanan ini pertama kalinya kepada bayi tidak disarankan untuk ditambahi dengan protein hewani. Moms hanya perlu menambahkan bermacam-macam sayuran untuk membantu kelancaran pencernaan bayi Moms. Protein hewani memiliki proses pencernaan yang jauh lebih rumit.

Hal itulah mengapa pengenalan menu dan citarasa terhadap bayi perlu dilakukan bertahap mulai dari buah-buahan baru kemudian nasi. Setelah pengenalan akan nasi berlangsung cukup lama, maka Moms bisa mulai memasukkan menu protein hewani kepada bayi Moms.

BACA JUGA: Moms, Daftar Menu MPASI Bayi 8 Bulan Bagus untuk Pertumbuhan Buah Hati

3. Makanan Hewani dan Polong-Polongan

Moms bisa mulai memperkenalkan menu mpasi 8 bulan hewani, seperti telur, ayam, dan ikan setelah memperkenalkan nasi kepada bayi. Menu mpasi 8 bulan telur ini mudah dihancurkan menjadi lembut daripada sumber hewani lainnya, seperti daging. Moms bisa saja mulai menambahkan menu telur ke dalam bubur tim anak Moms.

Sumber protein hewani lain yang juga aman untuk perkenalan menu pertama kali kepada bayi 8 bulan adalah yoghurt khusus bayi alias yoghurt plain, keju alami, dan juga tempe. Setelah bayi mengenal beberapa sumber protein hewani yang ringan dicerna tersebut, maka Moms bisa mulai memperkenalkan sumber protein hewani lain yang lebih berat.

Beberapa protein hewani dengan tingkat pencernaan yang lebih berat adalah daging ayam, daging sapi, hati ayam, dan hati sapi. Moms juga bisa memberikan menu protein nabati kepada bayi 8 bulan, seperti kacang merah yang sudah dihancurkan, kacang polong, dan kacang tolo.

Moms juga bisa saja memberikan menu tahu sebagai sumber protein nabati dari bayi Moms. Jadwal pemberian makan untuk bayi dengan usia 8 sampai 9 bulan adalah puree buah sebanyak 1 kali, bubur nasi lembut 1 kali, dan juga bubur saring sebanyak 2 kali.

Sekarang Moms sudah memahami menu mpasi 8 bulan Wied Harry. Moms perlu menerapkan secara berkala pada pengenalan makanan pendamping ASI kepada bayi Moms sesuai dengan urutan yang ada.

Leave a Comment

%d bloggers like this: